cara memandikan anak anjing

7 Cara Memandikan Anak Anjing dengan Mudah di Rumah

Table of Contents

Seperti hewan yang masih berusia dini lainnya, anak anjing perlu dirawat dengan baik karena mereka masih dalam tahap perkembangan dan sangat rentan terhadap berbagai bahaya dan penyakit.

Anak anjing memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sepenuhnya berkembang, membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Salah satu cara untuk menjaga kesehatannya adalah dengan menjaga kebersihannya seperti memandikannya atau melakukan grooming.

Memandikan anak anjing adalah proses yang penting untuk menjaga kebersihan mereka dan membiasakan mereka dengan air sejak usia dini. Oleh karena itu, artikel Igloo berikut akan memberi panduan mengenai cara memandikan anak anjing yang bisa kamu lakukan di rumah.

Alat-Alat yang Harus Dipersiapkan

Sebelum mengetahui cara memandikan anak anjing yang benar, berikut adalah beberapa perlengkapan mandi yang harus kamu persiapkan:

– Shampoo Khusus Anjing: Pilihlah shampo yang diformulasikan khusus untuk anjing. Jangan menggunakan shampoo manusia karena pH kulit anjing berbeda. Shampoo anjing secara khusus akan membantu menjaga kulit dan bulu anak anjing tetap sehat.

– Ember: Kamu memerlukan tempat yang aman dan nyaman untuk memandikan anak anjing. Gunakan ember atau wadah mandi khusus anjing yang cukup besar untuk anak anjing bergerak dan bermain di dalamnya.

– Handuk: Siapkan beberapa handuk lembut untuk mengeringkan anak anjing setelah mandi. 

– Sikat Gigi dan Pasta Gigi Khusus Anjing: Membersihkan gigi anak anjing adalah bagian penting dari kebersihan mereka. Pastikan untuk menggunakan sikat dan pasta gigi yang dirancang khusus untuk anjing.

– Hair Dryer: Pengering rambut atau hair dryer dapat membantu mengeringkan bulu mereka setelah mandi.

– Mainan Mandi: Beberapa anak anjing mungkin merasa cemas saat dimandikan. Agar tidak stres, berikan mainan untuk membantu mengalihkan perhatian mereka dan membuat pengalaman mandi lebih menyenangkan.

Cara Memandikan Anak Anjing

Setelah perlengkapan mandi sudah siap, berikut adalah cara umum untuk memandikan anak anjing dengan aman dan efektif:

1. Sikat Terlebih Dahulu

Sebelum memandikan, kamu harus menyikat atau menggosok bulu-bulu mereka agar kotoran dari bulunya terbuang. Selain menyingkirkan kotoran, menyikat anak anjing sebelum mandi dapat menenangkan mereka ketika dimandikan.

2. Basahi dengan Air Hangat

Pastikan suhu air hangat, tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Air yang terlalu panas dapat membakar kulit anak anjing, sedangkan air yang terlalu dingin dapat membuat mereka kedinginan.

Kemudian, letakan anak anjing di dalam wadah atau ember yang sudah disiapkan, lalu basahi bulu anak anjing secara perlahan dengan menggunakan gayung atau shower. Pastikan air merata di seluruh tubuh mereka.

3. Aplikasikan Shampoo Secara Merata

Tuangkan sedikit shampoo khusus anjing ke tangan kamu, lalu gosokkan lembut ke seluruh tubuh anak anjing. Hindari area mata, telinga, dan mulut. Pastikan kamu memilih shampoo yang sesuai dengan jenis bulu dan kulit anak anjing.

4. Bilas Sampai Bersih

Selanjutnya, bilas anak anjing sampai tidak ada sisa-sisa shampo yang tertinggal di tubuh mereka. Pastikan semua shampoo terbilas dengan baik, karena sisa-sisa shampo bisa menyebabkan masalah kulit.

5. Keringkan

Setelah dibilas, gunakan handuk untuk mengeringkan anak anjing dengan lembut. Gosok dengan lembut dan perlahan untuk menghindari mengiritasi kulit mereka.

Kamu juga bisa menggunakan hair dryer dengan suhu rendah untuk membantu mengeringkan bulu mereka. Namun, pastikan untuk tidak mengeringkannya terlalu dekat dengan kulit. Setelah anjing sudah kering, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menggosok atau menyikat bulu mereka untuk mencegah bulu yang kusut.

7. Berikan Pujian atau Hadiah

Setelah anak anjing selesai dimandikan, berikan pujian atau hadiah sebagai penghargaan atas perilaku yang baik selama mandi.

Baca Juga: Biaya Dokter Hewan untuk Berbagai Keperluan

Seberapa Sering Anjing Harus Dimandikan? 

Seberapa sering kamu harus memandikan anjing tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis bulu, gaya hidup, aktivitas, dan kondisi kulit mereka. Jadi, tidak ada aturan yang spesifik untuk memandikan mereka.

Anjing dengan jenis bulu pendek dan tidak cenderung kotor mungkin hanya perlu dimandikan setiap beberapa bulan. Sementara itu, anjing dengan bulu panjang atau tebal mungkin perlu dimandikan lebih sering untuk menjaga kebersihan dan mencegah kusut.

Selain itu, faktor aktifitas juga dapat mempengaruhi seberapa sering anjing harus dimandikan. Anjing yang sangat aktif dan sering bermain memerlukan mandi lebih sering daripada anjing yang lebih banyak berada di dalam ruangan.

Rambut manusia memiliki minyak alami yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan kelembutannya. Membilasnya dengan shampo akan menyebabkan minyak alami tersebut hilang dan dapat membuat rambut menjadi kering.

Hal ini juga bisa terjadi pada anjing dimana minyak alami pada kulit mereka berfungsi untuk melindungi kulit dan bulu mereka. Oleh karena itu, kamu bisa melihat panduan yang Igloo berikan berikut:

  • Anjing dengan bulu pendek atau sedang: Sekitar setiap 2-3 bulan atau sesuai kebutuhan jika kotor
  • Anjing dengan bulu panjang: Sekitar setiap 1-2 bulan atau sesuai kebutuhan jika kotor
  • Anjing yang sangat aktif dan sering kotor: Sekitar setiap 1 bulan atau sesuai kebutuhan
  • Anjing dengan masalah kulit atau alergi: Sesuai dengan petunjuk dokter hewan

Itu dia cara memandikan anak anjing yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Setiap anak anjing memiliki tingkat kenyamanan dan toleransi yang berbeda terhadap mandi. 

Beberapa mungkin dengan cepat terbiasa, sementara yang lain mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk terbiasa. Sebagai pemilik, penting untuk tetap sabar dan membentuk pengalaman mandi menyenangkan bagi anak anjing.

Untuk memberikan perlindungan ekstra, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo.

Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada anjing kesayanganmu.

Baca Juga: Biaya Vaksin Anjing Berdasarkan Usia dan Jenisnya

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, Igloo juga memiliki berbagai produk asuransi lain yang layak dipertimbangkan seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu