biaya vaksin anjing

Biaya Vaksin Anjing Berdasarkan Usia dan Jenisnya

Table of Contents

Salah satu cara untuk melindungi hewan peliharaan anjing kesayangan kamu dari penyakit adalah dengan memberikan vaksin. 

Untuk memberikan vaksin anjing yang terbaik, maka sangat penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa hal, mulai dari biaya vaksin anjing, beberapa jenis vaksin anjing, kapan waktu untuk memberikannya dan informasi lainnya.

Informasi tentang biaya vaksin anjing ini perlu kamu simak dengan baik, karena harus sesuai dengan usia anjing tersebut dan dilakukan dalam beberapa tahap. 

Vaksin anjing akan membantu menghindarkan hewan anjing dari risiko berbagai penyakit. Pada anjing, salah satu vaksin yang wajib adalah rabies. Pasalnya jika anjing terkena rabies dan menggigit manusia, manusia bisa tertular penyakit tersebut. 

Selain itu juga, anjing yang boleh diberikan vaksin adalah ketika usianya minimal sudah berusia 3 bulan. Berikut ini Igloo akan menjelaskan kisaran biaya vaksin anjing berdasarkan usia dan jenisnya. 

Vaksin Anjing Sesuai Tahapannya

Vaksin Anjing Sesuai Tahapannya

Biaya vaksin anjing berbeda-beda, tergantung dari usia anjing, jenis vaksin yang diberikan dan tempat pemberian vaksin tersebut dilakukan .

Dari beberapa sumber dan referensi, kisaran biaya vaksin anjing adalah sebesar Rp200 Ribu, untuk satu kali pemberian vaksin. Dan berikut ini adalah informasi lengkap tahapan pemberian vaksin pada anjing.

1. Vaksin Anjing Tahap Pertama

Dibanderol dengan kisaran Rp200.000, vaksin anjing tahap pertama ini dilakukan ketika usia anjing 3-12 bulan, dengan tujuan mencegah 6 jenis penyakit. Beberapa jenis penyakit yang bisa menghampiri anjing tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Penyakit pernapasan
  2. Gangguan pada saluran pencernaan
  3. Batuk ringan
  4. Gangguan fungsi hati
  5. Radang pencernaan
  6. Leptospirosis atau penyakit yang disebabkan oleh urine tikus yang tercampur ke dalam makanan atau minuman anjing

2. Vaksin Anjing Tahap Kedua

Sedikit lebih mahal dari vaksin anjing tahap pertama, vaksin anjing tahap kedua berkisar Rp220.000, dan vaksin tahap kedua ini boleh dilakukan ketika usia anjing sudah di atas 12 bulan. 

Vaksin yang diberikan sama halnya dengan vaksin pertama dan terdapat tambahan perlindungan dari Bordetella atau penyakit batuk berkepanjangan.

3. Vaksin Anjing Tahap Ketiga 

Vaksin anjing tahap ketiga dilakukan setahun kemudian setelah vaksin kedua. Vaksin anjing tahap ketiga ini akan memberikan perlindungan pada anjing dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit rabies. 

Biaya vaksin anjing untuk terlindung dari penyakit rabies dibanderol dengan kisaran harga Rp120.000.

Baca Juga: Abses pada Kucing: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Jenis-Jenis Vaksin Anjing 

Jenis-Jenis Vaksin Anjing 

1. Vaksin Distemper dan Parvovirus (DP)

Vaksin DP adalah vaksin yang diberikan untuk anak anjing, dan vaksin ini dapat membantu mencegah timbulnya penyakit Distemper dan Parvovirus. 

Distemper adalah penyakit yang biasa terjadi pada bulan atau musim tertentu yang menyerang saluran pernapasan anjing. Akibatnya, anjing dapat terkena infeksi kulit dan bahkan membuat telapak kaki anjing menjadi keras.

Parvovirus adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan dan menyebabkan diare, demam, muntah, serta bahkan anjing yang menderita penyakit ini bisa kehilangan kemampuan untuk melawan infeksi.

2. Vaksin PiBr

Vaksin PiBr umumnya diberikan pada anak anjing yang berusia 10 hingga 12 minggu. Vaksin PiBr membantu meningkatkan daya tahan anjing terhadap penyakit yang bisa menginfeksi saluran pernapasan seperti bordetella atau parainfluenza.

Meskipun memang penyakit tersebut tidak mematikan, namun vaksin ini wajib diberikan pada anjing kesayanganmu. Sebab, vaksin ini mampu menjamin usia hidup lebih panjang pada hewan peliharaan.

3. Vaksin DHLPII+R

Anak anjing yang sudah menginjak usia 20 minggu sebaiknya mendapatkan vaksin DHLPII+R ini. Karena vaksin DHLPII+R berguna untuk mencegah hepatitis, rabies, dan leptospirosis. Karena hal tersebut, vaksin satu ini tidak boleh sampai kamu lupakan.

4. Vaksin Rabies

Rabies merupakan penyakit yang sudah tak asing terjadi pada anjing. Vaksin rabies adalah vaksin yang wajib kamu berikan pada anjing kesayanganmu dan pemberiannya tidak boleh kamu lupakan. 

Penyakit rabies pada anjing akan menyerang jaringan saraf pusat anjing dan menimbulkan berbagai macam gangguan pada anjing seperti sakit kepala, kecemasan, halusinasi, produksi air liur berlebih, dan bahkan anjing kesayanganmu berpotensi besar untuk mati. 

Lebih parahnya, manusia juga bisa tertular penyakit rabies ini jika terkena gigitan dari anjing yang mengidap rabies.

Baca Juga: 7 Cara Memandikan Anak Anjing dengan Mudah di Rumah

Persiapan Vaksin pada Anjing 

Mudah di Rumah  Persiapan Vaksin pada Anjing

Setelah mengetahui biaya vaksin anjing dan jenis-jenis vaksin anjing, informasi terakhir yang perlu kamu ketahui adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum memberikan vaksin pada anjing.

Perlu kamu ketahui, pada dasarnya antibodi yang dimiliki anak anjing sebenarnya sudah bagus, dimana antibodi ini didapatkan melalui air susu induknya. Asalkan induk memiliki imun tubuh yang baik, anak anjing pasti memiliki kondisi kesehatan yang baik pula. 

Namun, tetap saja untuk pemberian vaksin anjing ini ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Berikut ini adalah beberapa persiapan tersebut.

  1. Anjing memiliki suhu tubuh di kisaran 38-39,3 derajat.
  2. Anjing terlihat sehat, tidak stres, dan lincah.
  3. Nafsu makan tidak terganggu.
  4. Tidak mengalami gangguan ketika buang air, baik itu urin atau diare.
  5. Tidak dalam fase recovery atau penyembuhan pasca operasi atau sakit.
  6. Vaksin sesuai dengan usianya.

Itulah informasi terkait biaya vaksin anjing berdasarkan usia dan jenisnya. Untuk kamu yang memiliki hewan peliharaan satu ini, pastinya ingin anjing yang kamu miliki selalu dalam kondisi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan. 

Tak hanya itu, bahkan kamu juga harus menyiapkan asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo, karena dengan adanya pet insurance ini akan membuatmu lebih tenang dari kemungkinan terburuk lainnya yang mungkin akan dialami anjing kesayanganmu.

Untuk melakukan pembelian Asuransi Hewan Peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, Igloo juga memiliki berbagai produk asuransi lain yang layak dipertimbangkan seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu