cara merawah hewan peliharaan

8 Cara Merawat Hewan Peliharaan Biar Makin Nyaman

Table of Contents

Hewan peliharaan yang bahagia cenderung lebih sehat, aktif, dan memiliki perilaku yang lebih baik. Nah, bagi kamu yang baru saja mengadopsi hewan, pasti kamu ingin mengetahui cara merawat hewan peliharaan yang bisa membuat mereka bahagia bersama kamu, bukan?

Sebagai pemula, mungkin beberapa cara merawat hewan peliharaan bukanlah hal yang mudah, tetapi seiring berjalannya waktu kamu pasti akan terbiasa untuk melakukannya. 

Lantas, bagaimana cara merawat hewan peliharaan agar mereka semakin nyaman dan bahagia berada di dekat kamu?

Cara Merawat Hewan Peliharaan

1. Siapkan Kandang yang Nyaman

Cara merawat hewan peliharaan yang pertama adalah siapkan tempat tinggal atau kandang yang nyaman untuk hewan peliharaan kamu. Menyediakan kandang yang nyaman akan membuat hewan peliharaan merasa aman, dan nyaman. Dengan kandang yang nyaman, mereka akan mendapatkan privasi, terutama saat mereka ingin beristirahat.

2. Memberikan Makanan yang Bernutrisi

Cara Merawat Hewan Peliharaan
Pouring pet food into a bowl

Cara merawat hewan peliharaan yang kedua adalah dengan memberinya asupan bernutrisi. Pastikan makanan yang kamu berikan mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan mereka. Seperti contoh, jika kamu memelihara kucing, ada baiknya untuk memberi makanan yang tinggi protein.

Selain makanan, pastikan juga untuk menyediakan air minum segar dan bersih untuk mereka. Kamu harus selalu periksa wadah minum mereka untuk memastikan selalu tersedia air.

3. Rutin Membersihkan Kandang

Penting untuk membersihkan kandang atau tempat tinggal hewan peliharaan kamu secara rutin agar kesehatan dan kesejahteraan mereka terjaga. Jika kandang kotor, hewan peliharaan kamu rawan terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit.

4. Jaga Kebersihan Hewan

Cara Merawat Hewan Peliharaan
Vet with a brush for animals. Woman in a black T-shirt. Cat on a couch.

Tidak hanya kandang, kebersihan dari hewan peliharaan kamu juga harus diperhatikan. Hal ini bisa dilakukan dengan selalu memperhatikan kesehatan kulit mereka. 

Seperti contoh, kucing yang seringkali mengalami penumpukan bulu yang lepas atau rontok. Untuk menjaga penampilan dan kesehatannya, kamu perlu merawat bulu dengan rutin atau melakukan grooming.

5. Rutin Berkunjung ke Dokter Hewan

Kamu harus membawa hewan peliharaan ke dokter hewan setidaknya 1 atau dua kali dalam setahun. Hal ini dilakukan agar dokter hewan dapat mendeteksi masalah kesehatan yang mungkin tidak diketahui sebelumnya. 

Selain itu, penting juga untuk memberi hewan peliharaan vaksinasi untuk mencegah penyakit yang dapat membahayakan mereka.

6. Beri Perhatian Lebih

Cara Merawat Hewan Peliharaan

Agar mereka  merasa dicintai, kamu harus memberikan perhatian ekstra kepada hewan peliharaan. Untuk memberikan perhatian lebih, kamu bisa meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan mereka. 

Aktivitas seperti bermain, dan berkomunikasi, adalah cara paling umum untuk memperkuat ikatan antara kamu dan hewan peliharaan. Selain iut, pastikan juga untuk  mengajari hewan peliharaan kamu perilaku yang baik melalui pelatihan. 

Tidak hanya membantu mereka menjadi lebih baik dalam interaksi dengan kamu, melatih mereka juga akan mengembangkan kecerdasan mereka.

7. Berikan Asuransi Hewan

Cara merawat hewan peliharaan yang terakhir adalah dengan memberinya asuransi hewan untuk perlindungan tambahan. Seperti yang kita ketahui, perawatan medis hewan dapat sangat mahal, terutama untuk masalah kesehatan yang serius atau kecelakaan. 

Dengan adanya asuransi hewan, kamu akan diberi coverage untuk membantu mengurangi beban finansial yang dapat timbul akibat biaya perawatan medis yang tinggi. Perawatan medis tersebut dapat mencakup pemeriksaan rutin, perawatan darurat, operasi, dan pengobatan penyakit atau cedera.

Jadi, memiliki asuransi hewan dapat memberikan perlindungan dan kedamaian pikiran saat kamu merawat hewan peliharaan.

Bagaimana? Cara merawat hewan peliharaan ternyata tidak terlalu ribet, bukan? Perlu dicatat bahwa, setiap jenis hewan peliharaan mungkin membutuhkan perawatan yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk memahami kebutuhan hewan peliharaan kamu, ya. 

Jangan lupa untuk memiliki asuransi hewan peliharaan dari Igloo untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan dari kucing peliharaan kamu. 

Dengan memiliki asuransi perjalanan dari Igloo, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti penggantian biaya rawat inap untuk berbagai penyakit yang dialami hewan peliharaan, jaminan kremasi dan kompensasi akibat kematian karena kecelakaan, kompensasi kerugian pihak ketiga, dan masih banyak lagi!

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, berikut adalah prosedurnya:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu