cara memotong kuku kucing

8 Cara Memotong Kuku Kucing Tanpa Melukainya

Table of Contents

Kuku kucing memiliki beberapa fungsi penting dalam kehidupan mereka. Beberapa diantaranya adalah untuk memanjat, memburu mangsa, hingga melindungi diri dari bahaya. 

Tidak hanya itu, kucing sering menjilati kuku mereka untuk membersihkan diri. Hal ini membantu menghilangkan kotoran dan serpihan makanan yang mungkin menempel pada kuku mereka.

Namun, apakah kamu tahu kalau kuku kucing juga harus dipotong? Terutama bagi kamu yang memelihara kucing di rumah. Pasalnya, kucing dengan kuku panjang mungkin akan merusak barang-barang yang ada di rumah, lho.

Oleh karena itu, pemotongan kuku membantu melindungi barang-barang tersebut dari kerusakan yang mungkin diakibatkan oleh kucing yang menggaruknya.

Lantas, bagaimana cara memotong kuku kucing yang benar? Simak artikel Igloo berikut.

Kenapa Kuku Kucing Harus Dipotong?

Kenapa Kuku Kucing Harus Dipotong?

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, jika kamu memelihara kucing di rumah, ada baiknya untuk memotong kuku mereka untuk meminimalisir kerusakan barang yang disebabkan oleh cakaran mereka. Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa kuku kucing harus dipotong: 

1. Pencegahan Cedera

Kuku yang terlalu panjang dapat melengkung kembali ke dalam kaki kucing dan menusuk kulit atau jaringan di sekitarnya. Hal Ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman ketika mereka berjalan, terutama jika mereka sering berjalan di lantai yang licin. 

2. Pencegahan Luka Akibat Garukan

Kucing yang sering menggaruk atau bermain dengan kuku panjang berisiko terluka dan menyebabkan pendarahan. Oleh karena itu, memotong kuku mereka akan membantu mencegah luka yang tidak diinginkan.

3. Mengganggu Kenyamanan Pemilik

Kucing sangat menyukai dipeluk dan merasa nyaman dalam dekapan. Namun, jika mereka memiliki kuku yang panjang, kuku mereka mungkin akan membuat kamu kesakitan ketika naik ke pangkuan atau sedang memeluknya.

4. Pencegahan Garukan yang Berlebihan

Jika kuku terlalu panjang, kucing mungkin merasa perlu menggaruk lebih sering dan pada permukaan yang tidak diinginkan. Inilah yang menyebabkan goresan-goresan yang diakibatkan kucing kamu terhadap benda-benda yang ada di dalam rumah.

5. Membahayakan Kucing Lainnya

Konflik antara kucing dapat terjadi, terutama jika kamu memiliki lebih dari 1 ekor kucing di rumah. Ada kemungkinan mereka dapat berkelahi dan mencakar satu sama lain. Hal ini wajar karena ini merupakan sifat alami kucing.

Namun, jika salah satu dari kuku kucing peliharaan kamu panjang, hal ini bisa membahayakan kucing lainnya. Jadi, sangat disarankan untuk mengetahui cara memotong kuku kucing yang benar untuk mencegahnya.

Baca Juga: Biaya Steril Kucing dan Syarat yang Harus Diperhatikan

Cara Memotong Kuku Kucing

Cara Memotong Kuku Kucing

Setelah mengetahui alasan mengapa kamu harus memotongnya, bagaimanakah cara memotong kuku kucing yang benar? Simak langkah-langkah berikut ini:

1. Persiapan

Cara memotong kuku kucing yang pertama adalah dengan menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan, termasuk pemotong kuku khusus kucing, kain lembut, dan obat untuk menghentikan pendarahan jika kuku terpotong terlalu pendek.

2. Perkenalkan Alat ke Kucing

Biarkan kucing merasa nyaman dengan pemotong kuku sebelum mulai memotong. Biarkan mereka mencium atau menjilati alat, sehingga mereka tidak merasa terancam. Kamu juga bisa memijat bagian kaki kucing menggunakan ibu jari dan jari telunjuk agar mereka merasa tenang.

3. Pastikan Suasana Tenang dan Aman

Pastikan kamu dan kucing dalam keadaan tenang. Pilih tempat yang nyaman, tenang, dan aman untuk memotong kuku kucing. Pastikan juga untuk memotong kuku kucing di ruang yang cukup terang agar terlihat batas pertumbuhan kukunya.

4. Kenali Bagian Kuku yang Aman Dipotong

Bagian kuku yang bisa kamu potong adalah bagian tajam di ujung kuku. Hindari memotong bagian berwarna merah gelap di dalam kuku yang disebut “pulpa” atau “quick,” karena ini mengandung pembuluh darah dan saraf. Potonglah hanya sejauh aman dari pulpa untuk menghindari pendarahan.

5. Pegang Kaki dengan Lembut

Ketika ingin memotong kuku, pegang kaki kucing dengan lembut dan perlahan. Namun, pastikan kamu memiliki kendali yang cukup untuk memotong kuku tanpa menyakiti kucing.

6. Potong Kuku

Potong Kuku

Ketika memotong kuku, pastikan melakukannya dengan perlahan dan hati-hati. Cobalah untuk memotong  kuku dari samping untuk mencegah kuku kucing patah. 

7. Gunakan Obat Penahan Darah

Hal ini hanya dilakukan jika kamu secara tidak sengaja memotong terlalu pendek dan terjadi pendarahan, kamu bisa menggunakan obat untuk menghentikan perdarahan.

8. Hadiah dan Pujian

Setelah kamu selesai memotong kuku, berikan kucing hadiah atau pujian untuk memberikan pengalaman positif. Kamu memberikan hadiah berupa makanan yang disukai oleh kucing peliharaan kamu.

Baca Juga: Biaya Vaksin Kucing Sesuai dengan Usia dan Jenisnya

Itu dia, 8 cara memotong kuku kucing yang bisa kamu lakukan di rumah. Namun, jika kucing kamu sangat cemas atau enggan membiarkan kamu memotong kukunya, kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter hewan atau vetenerian yang berpengalaman dalam perawatan kucing.

Untuk memberikan perlindungan ekstra, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kucing kesayanganmu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, Igloo juga memiliki berbagai produk asuransi lain yang layak dipertimbangkan seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu