biaya steril kucing

Biaya Steril Kucing dan Syarat yang Harus Diperhatikan

Table of Contents

Kucing jadi salah satu hewan peliharaan yang banyak orang pilih. Selain wajahnya yang imut, tingkah kucing sering kali membuat pemiliknya gemas.Tentu, untuk menjaga kesehatan hewan kesayangan satu ini perlu perawatan yang terbaik. 

Salah satu perawatan yang perlu dilakukan adalah sterilisasi, dan sangat penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu berapa biaya steril kucing yang perlu kamu keluarkan dan beberapa syaratnya.

Sterilisasi kucing adalah tindakan pengangkatan organ reproduksi agar kucing tidak bisa menghasilkan keturunan. Pengangkatan testis akan dilakukan pada kucing jantan, sedangkan untuk kucing betina akan dilakukan pengangkatan ovarium. 

Sterilisasi kucing juga bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin meminimalisir jumlah kucing di rumah.

Karena sterilisasi kucing penting untuk kamu lakukan, kali ini Igloo akan membahas lengkap tentang beberapa hal, mulai dari biaya steril kucing, apa syaratnya dan manfaatnya. Simak informasi berikut ini. 

Rincian Biaya Steril Kucing

Rincian Biaya Steril Kucing

Untuk biaya steril kucing beragam, tergantung jenis ras kucing tersebut dan tempat dilakukannya sterilisasi. Kemudian akan ada biaya tambahan berdasarkan jenis layanan yang dipilih. Sebagai gambaran, berikut ini kisaran biaya steril kucing yang terbaru berdasarkan jenis ras kucing:

  1. Biaya steril kucing jantan lokal, Rp215.000
  2. Biaya steril kucing betina lokal Rp295.000
  3. Biaya steril kucing betina lokal (kondisi hamil), Rp395.000
  4. Biaya steril kucing jantan non-lokal, Rp315.000

Biaya steril yang disebutkan di atas hanyalah gambaran awal saja. Karena, total biaya yang dihabiskan pastinya tergantung tempat yang kamu pilih untuk melakukan sterilisasi. Bahkan untuk informasi tambahan, beberapa tempat sterilisasi mematok harga yang cukup tinggi hingga jutaan rupiah.

Untuk biaya perawatan selanjutnya tergantung dengan jenis pelayanan tambahan. Berikut ini rincian biaya selain biaya pokok sterilisasi:

  1. Tambahan pain killer (obat pereda nyeri) Rp50.000
  2. Tambahan band aid (plester untuk mengobati luka kecil) Rp50.000
  3. Obat bius Rp50.000
  4. Rawat inap setelah sterilisasi Rp30.000 – Rp50.000
  5. Tindakan medis dokter hewan Rp200.000 – Rp500.000
  6. Pemasangan collar (kerah kerucut) Rp10.000

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Anjing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Syarat Sterilisasi Kucing

Syarat Sterilisasi Kucing

Untuk melakukan sterilisasi pada kucing, terdapat syarat-syarat yang harus kamu penuhi sebelum mengambil tindakan medis satu ini. Meskipun berbeda-beda, umumnya setiap klinik memberikan syarat seperti berikut ini:

  1. Kucing memiliki berat minimal 1,5 kg
  2. Kucing Berusia di atas 5 bulan atau sekurang-kurangnya di usia 6 bulan
  3. Kondisi kucing sehat, bugar, dan tidak memiliki penyakit bawaan
  4. Akan lebih baik jika kucing tidak dalam kondisi hamil atau menyusui
  5. Jika masih masa menyusui, minimal usia anak kucing sudah mencapai 1,5 bulan. Atau jika sudah bisa makan, itu lebih baik
  6. Kucing betina sudah berpuasa selama 9 jam sebelum tindakan operasi, dan kucing jantan sudah berpuasa selama 1 jam sebelum operasi
  7. Menyediakan kandang dan memantau kondisi kucing dalam waktu 14 hari setelah tindakan sterilisasi

Berikutnya, apa manfaat yang akan didapatkan jika melakukan sterilisasi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan dirasakan dan didapatkan setelah melakukan sterilisasi.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Kucing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Manfaat Sterilisasi Kucing

Manfaat Sterilisasi Kucing

Meski terdengar sedikit kejam karena sterilisasi menghilangkan kesempatan kucing untuk berkembang biak, tindakan sterilisasi akan memberikan banyak manfaat. Sehingga, kamu tidak akan menyesal jika menghabiskan biaya steril kucing karena beragam manfaat akan didapatkan untuk kucing kesayangan kamu. Berikut ini manfaat yang kamu dapatkan:

1. Kucing Akan Lebih Sehat

Kucing betina yang sudah disterilisasi akan terhindar dari penyakit mematikan seperti tumor ganas pada ovarium, rahim, dan kelenjar susu. Sementara pada kucing jantan, akan mencegah munculnya kanker testis dan penyakit prostat.

Tak hanya itu, hormon reproduksi akan berubah menjadi hormon tumbuh kembang yang akan membuat kucing bertingkah lebih lincah dan berat badannya yang cenderung bertambah.

2. Mengurangi Perkelahian

Kucing jantan biasanya terlibat perkelahian dengan kucing jantan lain karena berebut kucing betina. Sterilisasi akan membuat kucing jantan lebih tenang karena birahinya akan lebih stabil. Terkadang, kucing juga menandai wilayahnya dengan urine mereka. Kebiasaan tersebut akan berkurang jika tidak ada lagi perebutan daerah kekuasaan.

3. Kucing Lebih Tenang

Sterilisasi kucing terbukti mengurangi tingkat agresivitas dan membuat mereka lebih jinak dan tenang. Mereka juga tak lagi terdorong oleh hormon reproduksi untuk keluar mencari pasangan. Sehingga mereka akan lebih nyaman berada di dalam rumah.

4. Perilaku Kucing Menjadi Lebih Baik

Tak hanya menjadi lebih jinak dan penurut, pilihan sterilisasi akan membantu kamu mengurangi beberapa kebiasaan kucing yang mengganggu kita. Misalnya kebiasaan berkelahi di malam hari dan menandai wilayahnya dengan urine.

5. Terhindar dari Stres

Saat tiba musim kawin, kucing akan mengeong terus menerus dan pergi dari rumah berhari-hari untuk mencari pasangan. Jika ia tidak mendapatkan pasangan yang dicari, kucing akan stress bahkan bisa jatuh sakit. Melalui sterilisasi, stress yang dialami kucing dapat berkurang.

Untuk memberikan perawatan yang terbaik bagi hewan peliharaan, kamu perlu memilih asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo yang tentunya memberikan pelayanan maksimal terhadap hewan peliharaan yang kita miliki seperti perlindungan kematian karena kecelakaan, kehilangan hewan peliharaan dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, Igloo juga memiliki berbagai produk asuransi lain yang layak dipertimbangkan seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu