penyebab kucing muntah

Kucing Peliharaan Tiba-Tiba Muntah? Jangan Panik! Ketahui Penyebabnya Berikut!

Table of Contents

Menjaga kesehatan kucing peliharaan adalah hal penting untuk diperhatikan agar mereka dapat hidup dengan bahagia dan sehat. Artikel kali ini akan membahas penyebab kucing muntah tiba-tiba. Mungkin sebagian dari kamu mengira kalau mereka muntah karena menelan makanan berbahaya atau meminum air yang tidak bersih.

Namun, penyebab kucing muntah bisa lebih dari sekadar mengonsumsi sesuatu yang tidak sesuai. Kondisi kesehatan mereka juga dapat mempengaruhi, lho. Gejalanya pun ada macam-macam, mulai dari kontraksi di perut, terlihat lemas, hingga dan sakit setelah muntah. Seperti halnya dengan hewan peliharaan lainnya, kucing juga rentan terhadap berbagai penyakit.

Lantas, apa saja penyebab kucing muntah? Simak penjelasan dalam artikel berikut.

Penyebab Kucing Muntah

Pada dasarnya, kucing bisa muntah karena respons tubuh mereka saat keracunan makanan atau kemasukan benda asing. Kucing juga bisa memuntahkan hairball atau gumpalan bulu. Jadi, hal ini termasuk wajar.

Namun, jika kucing kamu sudah muntah selama berhari-hari dan terlihat lemas setelahnya, bisa jadi kucing kamu mengalami kondisi kesehatan yang tidak baik. Tanda-tanda lainnya adalah warna muntahan dan mengeluarkan bau yang tidak wajar. Berikut adalah beberapa penyebab kucing muntah dari yang umum hingga yang akut.

1. Makanan

penyebab kucing muntah

Dimulai dari yang paling umum, penyebab kucing muntah bisa terjadi karena mengonsumsi makanan yang tidak semestinya mereka konsumsi. Pastikan untuk selalu memberikan makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi kepada kucing kamu. 

Pilih makanan kucing yang dirancang khusus untuk kebutuhan nutrisi mereka. Pastikan makanan kucing mengandung semua nutrisi penting seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pastikan juga kucing kamu diberikan air minum yang segar dan bersih. 

2. Menelan Benda Asing

Jika kamu mengira kalau kucing kamu telah menelan benda asing, sangat penting untuk segera mengambil tindakan. Menelan benda asing dapat menyebabkan muntah hingga masalah serius pada saluran pencernaan kucing.

3. Racun atau Bahan Kimia

Menelan racun atau bahan kimia juga menjadu salah satu penyebab kucing muntah. Keracunan sering menyebabkan kucing muntah yang tiba-tiba, bahkan dapat mengganggu kondisi kesehatanya. Oleh karena itu, pastikan lingkungan tempat tinggal kucing kamu aman dan bebas dari bahan kimia berbahaya, tanaman beracun, dan bahaya potensial lainnya

4. Makanan Ringan 

Jika kamu suka memberikan snack kepada kucing kamu, pastikan untuk membaca bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Bahan-bahan seperti  pengemulsi, surfaktan, pewarna, propilen glikol adalah aditif dan pengawet yang dapat menyebabkan radang saluran cerna dan, selanjutnya, muntah.

5. Makan Terlalu Cepat

Jika kucing kamu makan terlalu cepat, hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti muntah, gangguan pencernaan, dan bahkan obstruksi pada saluran pencernaan. Awasi kucing saat ia makan dan hindari gangguan atau stres selama waktu makan. Berikan lingkungan yang tenang dan nyaman sehingga kucing merasa aman saat makan.

6. Susu

penyebab kucing muntah

Penyebab kucing muntah lainnya adalah minum susu. Pasalnya, sebagian besar kucing tidak dapat mencerna laktosa dengan baik. Kandungan ini terdapat dalam susu hewan. Kucing yang tidak dapat mencerna laktosa dengan baik dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare.

7. Parasit usus

Kucing dapat terinfeksi oleh berbagai jenis parasit usus yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Beberapa parasit usus yang harus kamu ketahui adalah giardia, cacing pita, cacing tambang, cacing gelang, toksoplasma, cacing gelang, dan isospora sp. (cacing tambang). 

Infeksi parasit usus pada kucing dapat menyebabkan gejala seperti diare, muntah, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, dan kelelahan. Parasit usus ini dapat masuk melalui air atau makanan yang terkontaminasi.

8. Kucing Muntah Empedu

Muntah empedu pada kucing adalah kondisi di mana kucing mengeluarkan cairan kuning kehijauan yang disebut empedu melalui mulut. Hal ini biasanya terjadi ketika lambung kucing kosong dan cairan empedu yang diproduksi oleh hati masuk ke dalam lambung dan dikeluarkan melalui muntahan.

Jika kucing kamu mengalami muntah empedu secara konstan atau jika muntah empedu disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, disarankan untuk membawa kucing ke dokter hewan.

9. Penyakit Radang Usus

Penyakit radang usus menyebabkan kucing kamu muntah kronis. Jika kucing kamu mengalaminya, sangat disarankan untuk membawanya ke dokter hewan. Muntah kronis pada kucing juga merupakan gejala kanker saluran cerna.

10. Obstruksi usus

Obstruksi usus pada kucing adalah kondisi di mana saluran pencernaan kucing terhalang atau terblokir sehingga mencegah aliran makanan dan bahan pencernaan melalui saluran pencernaan yang normal. Kondisi ini bisa menjadi darurat medis dan memerlukan perhatian segera dari dokter hewan.

Penyebab umum obstruksi usus pada kucing termasuk kucing yang menjilati atau menelan benda-benda asing dapat mengalami obstruksi usus jika benda tersebut tersangkut atau terperangkap di saluran pencernaan.

Selain itu, kucing yang menjilati bulunya secara intensif dapat mengakumulasi bola rambut di saluran pencernaan. Jika bola rambut tersebut cukup besar, bisa menyebabkan obstruksi usus.

Itu dia 10 penyebab kucing muntah yang umum terjadi. Jika kucing kamu sering muntah dengan gejala yang mengkhawatirkan, sangat disarankan untuk membawa kucing ke dokter hewan. Dokter hewan dapat melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam untuk menentukan penyebab muntah dan meresepkan pengobatan yang sesuai.

Jangan lupa juga untuk memiliki asuransi hewan peliharaan dari Igloo yang akan membantu menutupi sebagian besar biaya pengobatan, pemeriksaan, dan perawatan yang mungkin diperlukan untuk kucing peliharaan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu