Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Dirumah, Awas Ada Ancaman Penyakit

manfaat memiliki hewan
Table of Contents

Ada berbagai macam manfaat memiliki hewan peliharaan dirumah. Sebagai objek yang menghibur, teman berolahraga, bisa meredakan stres yang kamu rasakan dan sebagainya. Hanya saja yang perlu kamu pikirkan ulang saat memelihara hewan adalah masalah perawatannya. 

Hewan peliharaan tanpa perawatan yang rutin lebih rawan terjangkit penyakit daripada mereka yang rutin mendapatkan perawatan dari pemiliknya. Ada berbagai macam bakteri dan virus yang bisa mengancam hidup mereka. Sehingga kamu sebagai pemilik wajib waspada dan melakukan serangkaian perawatan agar bisa merasakan manfaat memiliki hewan peliharaan dirumah.

Manfaat memiliki hewan peliharaan dirumah

Agar kamu semakin semangat merawat hewan peliharaan dirumah, berikut ini manfaat memiliki hewan peliharaan dirumah bagi pemiliknya:

  • Bisa kamu fungsikan sebagai penjaga anak ataupun lansia.
  • Melatih kamu dalam berempati dan berkasih sayang.
  • Mengajarkan kamu tanggung jawab dari usia dini.
  • Membuat kamu lebih aktif dalam beraktivitas fisik.
  • Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena sering membuat pemiliknya aktivitas fisik.
  • Bisa melatih anak belajar menjalin hubungan.
  • Dapat meningkatkan kemampuan interaksi dengan orang lain.
  • Kadar kortisol terjaga.
  • Risiko tekanan darah tinggi rendah dan bisa mengatasi stres.

Disamping manfaat memiliki hewan peliharaan dirumah, kamu tetap harus memperhatikan risiko memelihara hewan terutama alokasi biaya perawatan yang bisa saja membengkak. Oleh karena itu, penting bagi kamu mempertimbangkan untuk punya asuransi hewan terbaik dari Igloo.

Macam-Macam Penyakit yang Menyerang Hewan Peliharaan di Rumah

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sangat rentan menyerang hewan-hewan peliharaan di rumah. Sehingga kamu perlu waspada dan jangan sampai ketika penyakit ini menyerang hewan kesayanganmu dan kamu bingung untuk mengatasinya.

  • Infeksi Kutu

Kutu merupakan salah satu penyakit yang rawan menyerang penyakit hewan peliharaan, terutama anjing dan anjing. Kenapa? Karena kutu bisa kamu temukan dimana saja, misalnya di sofa, karpet, lantai, kain yang kotor dan sebagainya. Apalagi perkembangbiakkan kutu yang sangat cepat, terutama di tempat yang kotor dan jarang dibersihkan.

Air liur dari kutu juga bisa memicu gatal-gatal pada anjing dan kucing. Kemudian ketika mereka menggaruknya, kulit akan luka dan akan terus berkembang menjadi infeksi bila tidak mendapat perawatan yang tepat.

  • Infeksi Cacing

Cacing juga merupakan parasit yang rentang menyerang hewan peliharaan. Cacing tambang dan cacing gelang merupakan contoh cacing yang sering kita temukan di hewan. Kedua cacing ini bisa bertahan hidup di saluran pencernaan, khususnya di usus.

Hewan peliharaan yang terinfeksi cacing biasanya makanannya kotor atau mereka sempat memakan tikus yang sebelumnya sudah ada parasitnya.

  • Lyme

Penyakit Lyme merupakan penyakit yang berkembang akibat infeksi kutu maupun cacing. Jenis penyakit ini juga bisa menular pada manusia. Sebenarnya penyakit ini berawal dari bakteri yang ada pada kutu, kutu menyerang hewan peliharaan dan menular pada manusia.

Lyme bisa menyebabkan mata banteng di tempat kutu melekat, sakit kepala, deman, nyeri pada otot dan persendian. Nah untuk mengobatinya kamu perlu mengonsumsi antibiotik untuk beberapa waktu.

  • Parainfluenza atau Flu

Flu seringkali terjangkit pada hewan peliharaan, virus flu biasanya menular lewat droplet dari hewan peliharaan yang sudah terinfeksi. Gejala yang bisa kamu temukan biasanya batuk, pilek dan bersin yang lebih sering pada hewan.

Untuk mengobatinya, biasanya veteriner atau dokter hewan menganalisis penyebabnya terlebih dahulu. Baru setelah itu mereka akan memberikan antivirus atau antibiotik untuk memulihkan kondisi mereka.

Tips Merawat Hewan Peliharaan Agar Tidak Gampang Sakit

Demi menjaga kesehatan hewan peliharaan adalah kewajiban pemilik hewan. Kamu harus mengadopsi gaya hidup yang sehat, perawatan harian, memberikan nutrisi yang tepat. Langkah-langkah preventif seperti ini akan membuat hewan hidup lebih bahagia dan berumur panjang.

Berikut ini adalah langkah-langkah preventif yang bisa lakukan untuk hewan peliharaanmu:

  • Hewan peliharaan harus mendapatkan makanan yang berkualitas dan seimbang nutrisinya guna mempertahankan sistem kekebalan tubuh mereka.
  • Permudah akses mereka ke air bersih, sehingga mereka tidak akan sembarang minum air dan juga mencegah dehidrasi.
  • Lakukan vaksinasi secara rutin agar terhindar dari banyak penyakit yang mudah menular pada hewan.
  • Pastikan lingkungan hidup mereka bersih. Rutinkan membersihkan kendang mereka dengan begitu penyebaran penyakit bisa kamu berhentikan.
  • Lakukan pembersihan gigi secara rutin. Dengan begitu kamu bisa mencegah masalah kesehatan mulut dan gigi mereka. Ingat, bau mulut bisa menjadi tanda adanya penyakit pada tubuh hewan.
  • Jagalah berat badan hewan tetap sehat. Karena dengan berat ideal mereka bisa menghindarkan tubuh hewan dari penyakit ataupun masalah kesehatan lain.
  • Jadwalkan waktu bermain mereka untuk memberikan stimulasi mental yang sehat pada hewan.
  • Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan, baik itu pemeriksaan gigi atau tubuh mereka guna mendeteksi masalah kesehatan lebih awal.

Baca juga: Rekomendasi Asuransi Kucing Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Asuransi Hewan Peliharaan dari Igloo

Tahukah kamu untuk mendukung perawatan hewan peliharaan ada baiknya kamu melengkapinya dengan asuransi hewan peliharaan? Jika kamu memelihara anjing atau kucing memang akan lebih hemat jika kamu mengasuransikan hidup mereka. Karena dengan begitu kamu telah memberikan perlindungan yang lebih ekstra.

Asuransi hewan peliharaan akan memberikan perlindungan mulai dari perawatan mereka di dokter hewan, rawat inap, risiko pencurian ataupun kematian. Adapun hewan rumahan yang harus kamu belikan asuransi seperti anjing dan kucing.

Nah berikut ini beberapa jenis asuransi hewan peliharaan yang bisa kamu dapatkan di Igloo:

  • Anjing

Untuk melindungi anjing peliharaanmu kamu bisa menggunakan asuransi hewan peliharaan dari Sinar Mas. Karena Sinar Mas Pet Insurance mempunyai jaminan kematian karena kecelakaan, kerugian yang dialami pihak ketiga, jaminan kremasi, jaminan rawat inap dan pencurian.

  • Kucing

Sinar Mas Insurance juga menawarkan perlindungan pada kucing dengan berbagai manfaatnya. Diantaranya jaminan kematian karena kecelakaan, kerugian pihak ketiga, ada jaminan kremasi dan rawat inap serta jaminan akibat pencurian.

Untuk proses klaimnya juga mudah, misalnya kucingmu rawat inap di RS. Kemudian kamu ingin mengajukan klaim, maka bawalah kwitansi asli perawatan RS, tunjukkan diagnosa penyakit, rincian biaya detail dan lampirkan fotokopi resume medisnya.

Itulah tadi berbagai manfaat memiliki hewan peliharaan dirumah dan berbagai penyakitnya yang harus kamu waspadai. Kamu bisa meningkatkan perlindungan terhadap hewan peliharaan dengan membeli produk asuransi hewan peliharaan di Igloo. 

Di Igloo pembelian Asuransi Hewan Peliharaan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

1.      Kunjungilah “Asuransi Hewan Peliharaan”.

2.   Tentukan polis asuransi hewan yang kamu butuhkan. Di Igloo telah menyediakan asuransi untuk anjing ataupun kucing kesayangan kalian meskipun tidak punya sertifikat (Stambum/ICA).

3.   Pilihlah “Cari di Sini” untuk menentukan hewan peliharaan yang akan kamu belikan asuransinya.

4.   Isikan detail informasi hewan peliharaan.

5.   Selesaikan tahap pembayaran dan dapatkan polis asuransinya. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan klaim terhadap pertanggungan yang mereka berikan.

Di Igloo selain Asuransi Hewan Peliharaan, kamu juga bisa menemukan berbagai produk asuransi lain yang kamu butuhkan. Diantaranya Asuransi Kesehatan, Asuransi Sepeda Motor, Asuransi Mobil, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Perjalanan. Jangan sampai rancangan finansialmu terganggu hanya karena pembengkakan biaya perawatan hewan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu