Apa Benar Motor Listrik Mudah Rusak, Biar Hemat Apa Perlu Diasuransikan?

tips aman berkendara motor listrik
Table of Contents

Pengguna motor listrik ramai mengalami kerusakan pada berbagai komponennya, padahal mereka belum setahun pemakaian. Entah itu karena dinamonya, ataupun karena komponen utama lainnya yang ada di motor listrik.

Salah satu perawatan wajib motor listrik adalah dengan rutin melakukan servis. Komponen servisnya nanti meliputi baterai, dinamo, sistem mekanika, control modul dan sebagainya. Sesuai aturan baterai motor listrik ini perlu kamu ganti 2-3 tahun sekali, tergantung pemakaian. Belum lagi jika kamu sudah tau tips aman berkendara motor listrik sebelum perjalanan, pastilah bisa memperpanjang masa pakai komponen motor listrik.

Semakin banyak keluhan akan motor listrik, tentu saja biaya servis yang harus kamu keluarkan menjadi tidak sedikit. Oleh karena itu, diantara kalian pasti ada yang berpikir untuk mengasuransikannya. Namun pertanyaannya, adakah asuransi motor listrik di Indonesia?

Igloo punya beberapa penjelasan terkait hal tersebut, namun sebelum itu kita pahami dulu apa penyebab motor listrik yang mudah listrik padahal umur pakainya baru sebentar. 

Faktor-Faktor Penyebab Motor Listrik Mudah Rusak

Sama dengan kendaraan ataupun alat elektronik lain, motor listrik bisa mengalami kerusakan karena berbagai macam faktor. Dan itu bisa kita kelompokkan menjadi dua, diantaranya:

Faktor Eksternal

  • Sumber tenaga
  • Kondisi lingkungan motor listrik yang panas
  • Kelembaban tinggi
  • Kurangnya ventilasi
  • Masalah beban

Faktor Internal

  • Motor listrik mengalami penuaan
  • Masa pakai komponen bearing dan rotor yang sudah diluar standar
  • Komponen baterai dan dinamo yang overuse.

Komponen Wajib Servis di Motor Listrik

Seperti yang sudah kita bahas di atas, dinamo adalah komponen yang pasti mengalami pemeriksaan ketika servis. Bengkel motor listrik akan melakukan pemeriksaan dan pembersihan keseluruhan komponen agar motor listrik mempunyai performa yang stabil.

Kemudian control modul, yang mana fungsinya hampir sama dengan ECU yang kita temukan di motor injeksi. Apabila mengalami kerusakan, maka sebabnya adalah overuse.

Sebagai panduan, apabila motor listrik yang kamu punya untuk aktivitas sehari-hari. Maka lakukan servis per tiga bulan sekali. Lakukan pemeriksaan pada komponen utamanya, kabel dan sistem mekanikanya. Untuk biayanya hampir setara dengan motor injeksi yaitu kisaran Rp300.000an.

Tentunya akan lebih hemat jika kamu mempunyai asuransi motor listrik yang bisa mengcover biaya servis. Karena dengan begitu anggarannya bisa dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari lainnya.

Macam-Macam Kerusakan Motor Listrik

Berikut ini beberapa kerusakan yang sering terjadi dan dialami oleh pengguna motor listrik yang dilansir oleh katadata.co.id:

  • Kerusakan komponen kelistrikan (dinamo)

Pada motor listrik khususnya dinamo, apabila satu tegangan tidak seimbang, kumparan atau lilitan yang menghasilkan tegangan akan terbakar atau sering kita sebut dengan overheat. Biasanya untuk menyelesaikannya kamu harus menggunakan relay pelindung untuk mematikan sistem.

Kerusakan dinamo juga bisa karena lokasinya yang rentan kemasukan air, akhirnya merusak komponen-komponen kelistrikan rusak dan mengurangi umur pakai dinamo itu sendiri.

Berbeda dengan motor listrik yang menggunakan inverter, adanya inverter akan menjadi pelindung motor listrik dan mencegah mesin overheat. Hanya saja jika overheat sering terjadi umur inverter juga akan semakin berkurang.

  • Komponen mekanisnya mengalami kerusakan

Apabila motor listrik overuse dan mengalami overheat maka akan menyebabkan kerusakan mekanik. Sebagai catatan, bila komponen kelistrikan mengalami kenaikan suhu 10 derajat dari suhu normalnya, maka umur motor bisa berkurang hingga 50%.

Overheat bisa disebabkan karena banyak hal. Diantaranya kamu sering melakukan start-stop tanpa memperhitungkan jeda antara start. Atau motor listrik dipasang sistem “start langsung” sehingga arus start terlelu besar sehingga mudah overheat. Dan masih banyak lagi komponen mekanis yang bisa memicu overheat.

  • Motor listrik mengalami getaran yang tidak wajar

Getaran yang dialami oleh motor listrik juga bisa memicu kerusakan. Diantaranya tidak seimbangnya motor dengan beban, adanya kelonggaran pada motor, pondasi motor kurang kuat, rotor tidak seimbang dan bantalan yang sudah aus. Atau bisa juga karena saat memasang rotor atau bearing setelah rewinding tidak sejajar.

Tips aman berkendara motor listrik

Selain komponen motor listrik diatas yang perlu kamu perhatikan, kamu juga harus belajar berkendara motor listrik dengan aman. Berikut tips aman berkendara motor listrik yang harus kamu pahami:

  • Usahakan baterai motor listrik selalu penuh sebelum berkendara.
  • Cari titik lokasi pengisian daya terdekat sepanjang rute perjalananmu.
  • Pelajari perawatan baterai langsung dari produsennya dan cara membaca panel display motor listrik.
  • Siapkan berbagai peralatan keselamatan.
  • Pastikan lampu motor listrik dan komponen lain berfungsi optimal.
  • Lakukan akselerasi yang halus dan tidak tiba-tiba.
  • Hati-hatilah setiap melakukan perubahan kecepatan.
  • Jika melakukan manuver lakukan dengan hati-hati.
  • Gunakan mode hemat (ECO) untuk perjalanan jauh.

Tips aman berkendara motor listrik diatas berlaku pada setiap motor, meskipun karakteristiknya berbeda, bahkan disetiap variannya pasti terdapat perbedaan.

Baca Juga : Ketauan! Alasan Dibalik Oli Mesin Motor yang Pakai Ester

Di sekitar kita banyak masyarakat yang sudah menggunakan motor listrik, sehingga banyak perusahaan otomotif berlomba untuk menghadirkan motor listrik yang terbaik di kelasnya. Berikut ini merek-merek yang direkomendasikan Igloo jika kamu ingin membeli motor listrik:

Yamaha

  • E01, mulai dari Rp40 juta
  • E02, mulai dari Rp16 juta
  • E-Vino, mulai dari Rp30 juta
  • EC-05, mulai dari Rp21 juta

Honda

  • EM1 e, mulai dari Rp40 juta
  • PCX Electric, mulai dari Rp29 juta
  • V-Go, mulai dari Rp16 juta
  • U-Go, mulai dari Rp16juta
  • U-Be, mulai dari Rp11 juta

Gesits

  • Electric, mulai dari Rp28 juta
  • Raya, mulai dari Rp27 juta

Beberapa merek dan series di atas bisa kamu beli di Indonesia. Ingat, berapapun harga kamu tetap harus memperhatikan perawatannya dan gunakan tips aman berkendara motor listrik di atas. Dengan begitu kamu bisa melakukan aktivitas dengan nyaman dan tidak terkendala oleh kendaraan listrik.

Motor Listrik Apakah Bisa Diasuransikan Lewat Igloo?

Jawabannya adalah “Bisa”, dengan membeli polis asuransi motor di Igloo kamu akan mendapat banyak sekali keuntungan. Karena selain memperhatikan tips aman berkendara motor listrik, asuransi itu sangat penting. Asuransi memberikan perlindungan finansial apabila terjadi kerusakan, entah itu karena kecelakaan, vandalisme, ataupun pencurian.

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor Listrik untuk jenis kendaraanmu.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon hingga 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu