kenapa kucing suka menggigit

6 Alasan Kenapa Kucing Suka Menggigit

Table of Contents

Kucing memiliki beragam tingkah laku yang unik dan menarik. Itulah mengapa banyak orang yang menyukai hewan peliharaan yang satu ini. Namun, ada satu kebiasaan dari kucing yang mungkin membuat orang kesel, yaitu menggigit. Kenapa kucing suka menggigit? Apa penyebabnya?

Biasanya, kucing tiba-tiba suka menggigit tangan pemiliknya. Ada beberapa alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Jangan khawatir, kucing tingkah laku tersebut sangatlah normal dan kamu tidak perlu negative thinking terhadapnya.

Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan terkait kenapa ‘kucing suka menggigit?’, simak artikel Igloo berikut ini, ya.

Kenapa Kucing Suka Menggigit?

1. Mencari Perhatian

Kenapa kucing suka menggigit? Banyak kucing suka mencari perhatian dari pemilik mereka. Mereka melakukannya dengan berbagai cara, salah satunya adalah menggigit. Kebiasaan ini sudah mulai terlihat ketika mereka memasuki usia 12 minggu hingga tahun pertamanya.

Sebenarnya, gigitan ini merupakan tanda kasih sayang dari mereka untuk pemiliknya. Mereka mungkin akan melumat atau menggigit tangan kamu dengan lembut sebagai cara untuk menunjukkan bahwa mereka merasa nyaman dan bahagia bersama kamu.

2. Insting Predator

Jawaban terkait kenapa kucing suka menggigit yang kedua adalah insting predator. Hal ini melibatkan beberapa perilaku, seperti berburu, mengejar, mencengkeram, dan menggigit. Jadi, menggigit adalah bagian dari insting predator yang kucing miliki.

Ketika berinteraksi dengan manusia, kucing dapat menggunakan gigitan dengan cara yang lebih lembut dan tidak menyakitkan. Namun, penting untuk diingat bahwa, mereka mungkin tidak selalu dapat mengontrol kekuatan gigitan mereka.

3. Merasa Sakit atau Takut

Sebagai pemilik, kamu harus peka terhadap tingkah laku kucing. Ada beberapa situasi, kucing akan menggigit sebagai respons terhadap situasi yang membuat mereka merasa terancam atau tidak aman. Itulah kenapa kucing suka menggigit.

Namun, penting untuk memahami bahwa ketika kucing merasa takut, respons mereka mungkin tidak selalu dapat diprediksi dan reaksi mereka bisa berbeda-beda.

4. Stimulasi Berlebih

Kucing adalah makhluk yang senang bermain, tetapi terlalu banyak stimulasi atau stimulasi yang tidak tepat dapat membuat mereka tidak nyaman. Kucing yang terlalu terstimulasi mungkin menunjukkan perilaku yang sangat hiperaktif, seperti berlari-lari kecil di sekitar rumah atau menggigit.

Beberapa sentuhan fisik yang dapat membuat kucing terlalu terstimulasi antara lain adalah digelitik, mengelus dengan kasar, dan menyentuh area yang rentan. Jadi, stimulasi yang berlebihan menjadi salah satu penyebab kenapa kucing suka menggigit.

5. Bersosialisasi

Alasan kenapa kucing suka menggigit lainnya adalah tinggal berdekatan dengan kucing lainnya. Kucing yang tinggal dengan kucing lainnya akan terlihat bermain-main seperti mencakar atau menggigit satu sama lainnya. Hal ini merupakan normal, terutama bagi anak kucing yang masih berusia dini.

6. Ingin Mendominasi

kenapa kucing suka menggigit

Kucing adalah hewan yang sangat teritorial. Mereka memiliki naluri alamiah untuk melindungi dan mempertahankan wilayah mereka. Jika kucing merasa wilayahnya terancam, mereka dapat menunjukkan perilaku pertahanan wilayah, seperti menggeram, mengejar, atau menggigit hewan atau manusia yang belum mereka kenal. Itulah yang membuat kenapa kucing suka menggigit.

Cara Mengatasi Kucing yang Suka Menggigit

Setelah mengetahui alasan kenapa kucing suka menggigit, bagaimanakah cara mengatasinya? Mengatasi perilaku menggigit pada kucing memerlukan pemahaman tentang penyebab gigitan dan penggunaan metode yang tepat untuk mengubah perilaku tersebut. Kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  • Respon dengan lembut: Ketika kucing menggingit kamu, berikanlah respon yang positif seperti mengelus tubuhnya untuk membangun ikatan dan menunjukan kasih sayang kepada mereka. Nantinya, respon positif ini akan membuat kucing berhenti menggigit untuk berkomunikasi.
  • Gunakan mainan interaktif: Kamu bisa menggunakan mainan interaktif atau permainan tali untuk bermain dengan kucing. Bermain kucing dengan tangan akan membuat mereka menganggap tangan kamu sebagai mainan kucing yang mendorong mereka untuk menggigit atau mencakarnya.
  • Latih untuk bersosialisasi:  Keterampilan sosial adalah keterampilan yang memungkinkan kucing untuk berinteraksi dengan manusia dan hewan peliharaan lainnya secara positif dan tidak agresif. Jika kucing belum terbiasa dengan interaksi manusia atau hewan peliharaan lain, kamu bisa memperkenalkan mereka secara perlahan dan bertahap. 

Melatih kucing untuk menghilangkan kebiasaan gigitnya adalah proses yang memerlukan waktu dan kesabaran. Jika kucing kamu terus-menerus menggigit secara agresif, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan evaluasi dan solusi yang tepat untuk kucing peliharaan kamu.

Untuk memberikan perlindungan ekstra, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo

Dengan memiliki asuransi hewan peliharaan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti penggantian biaya rawat inap untuk berbagai penyakit yang dialami hewan peliharaan, jaminan kremasi dan kompensasi akibat kematian karena kecelakaan, kompensasi kerugian pihak ketiga, dan masih banyak lagi!

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, berikut adalah prosedurnya:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu