biaya perawatan anjing

5 Rincian Biaya Perawatan Anjing yang Perlu Dipersiapkan

Table of Contents

Sebelum memutuskan untuk memelihara anjing, kamu perlu tahu lebih detail seputar biaya perawatan anjing. Karena ketika kamu memutuskan untuk memelihara anjing, tentu tak hanya biaya makanan saja yang perlu kamu siapkan. 

Namun, banyak orang yang tidak melakukan riset lebih dahulu apa saja biaya yang perlu mereka keluarkan. Akibat dari kelalaian tersebut, banyak anjing yang menjadi tidak terawat dengan baik lalu menjadi sakit dan bahkan dapat menyebabkan mati. 

Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini Igloo akan menjelaskan biaya perawatan anjing dengan lebih detail. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Biaya Makanan Anjing 

Biaya Makanan Anjing 

Biaya makanan menjadi penyumbang biaya terbesar ketika kamu memelihara anjing. Makanan anjing kering (dry dog food) menjadi pilihan banyak orang karena lebih praktis jika dibandingkan dengan makanan mentah (raw food).

Harga makanan anjing sangat bervariatif tergantung kualitas yang kamu inginkan. Untuk kualitas yang biasa saja harganya berkisar Rp20.000/Kg. Sedangkan untuk makanan dengan kualitas yang lebih bagus, berkisar Rp50.000 sampai Rp100.000/ Kg.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki satu ekor anjing dan menghabiskan makanan sebanyak 2 Kg untuk satu bulan. Jika kamu memilih jenis makanan yang memiliki kualitas yang lebih bagus dengan kisaran harga Rp50.000, berarti biaya yang kamu keluarkan sekitar Rp100.000 untuk setiap ekor anjing tiap bulannya.

Baca Juga: Biaya Dokter Hewan untuk Berbagai Keperluan

Biaya Kesehatan Anjing 

Biaya Kesehatan Anjing 

Sebagai pemilik anjing, kamu harus menjamin kesehatan anjing kesayanganmu. Untuk itu, kamu perlu melakukan pemeriksaan kesehatan berkala ke dokter hewan setidaknya enam bulan sekali. 

Hal itu dilakukan agar kamu mengetahui kondisi kesehatan anjing dan menghindari kemungkinan anjing kesayanganmu terkena penyakit mematikan. Biaya yang dibutuhkan untuk pemeriksaan ini sekitar Rp150.000 sampai Rp300.000 tiap satu kali pemeriksaan.

Selain pemeriksaan rutin, kamu membutuhkan obat untuk pencegahan kutu, cacing, dll. Anjing juga membutuhkan konsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya tetap kuat. Biaya yang diperlukan untuk obat dan vitamin anjing ini berkisar Rp150.000 setiap bulannya

Biaya Kebersihan Anjing

Biaya Kebersihan Anjing

Salah satu upaya lainnya untuk menjaga kesehatan anjing adalah dengan memperhatikan kebersihannya. 

Misalnya dengan melakukan grooming pada anjing. Grooming adalah serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk memoles anjing agar terlihat lebih cantik, dan bersih. Aktivitas grooming yaitu memandikan, mengeringkan, memotong kuku, dan membersihkan bagian-bagian yang terbilang sulit dijangkau oleh anjing seperti telinga.

Grooming setidaknya dilakukan sekali dalam sebulan. Tarif grooming juga terbilang bervariasi, tergantung bulu dan ukuran anjing. Pada umumnya, tarif yang dipatok sekitar Rp100.000 sampai Rp700.000 untuk satu kali grooming.

Biaya Kandang dan Tempat Tidur

Membeli kandang atau tidak tergantung dengan kebutuhanmu ketika memelihara anjing di rumah. Namun, anjing biasanya tetap membutuhkan tempat tidur. 

Harga tempat tidur untuk anjing ini adalah berkisaran Rp250.000 sampai Rp750.000. Sedangkan untuk kandang anjing harganya juga beragam, tergantung ukuran dan kualitas bahan yang diinginkan. Harga kandang anjing ini berkisar Rp200.000 sampai Rp2.000.000.

Biaya Aksesoris dan Tali Anjing

Kalung menjadi aksesoris yang lekat dengan anjing. Selain kalung, ada juga tali anjing yang menjadi alternatif pilihan kamu, kamu setidaknya memiliki sepasang kalung dan tali anjing untuk anjing kesayangan kamu. Kisaran harga untuk kalung dan tali anjing tersebut adalah sekitar Rp70.000 hingga Rp200.000.

Tak salah jika kamu memiliki aksesoris anjing dengan kualitas yang bagus. Karena dengan ditambah aksesoris ini, anjing kesayanganmu akan tampil lebih menarik dan menggemaskan.

Pet Insurance atau Asuransi Hewan 

Selain asuransi kesehatan manusia, mengasuransikan hewan peliharaan khususnya anjing juga perlu kamu pertimbangkan. Karena pet insurance memiliki banyak manfaat dan ada empat poin yang akan dijamin yaitu: kecelakaan, kerugian pihak ketiga, kehilangan, dan  jaminan rawat inap.

  • Kecelakaan: jika hewan peliharaanmu meninggal karena kecelakaan, maka kamu akan mendapat kompensasi dan jaminan kremasi.
  • Kerugian pihak ketiga: kamu akan dilindungi jika ada pihak ketiga yang menuntut karena hewan peliharaan melukai orang atau hewan lain.
  • Kehilangan: jika hewan peliharaanmu dicuri di rumah oleh pihak yang masuk secara paksa (pencuri).
  • Jaminan rawat inap: saat hewan peliharaanmu harus menginap di fasilitas kesehatan. Maka pihak asuransi yang akan menanggungnya.

Baca Juga: 5 Jenis Anjing Polisi yang Banyak Digunakan untuk Membantu

Manfaat Memelihara Anjing di Rumah 

1. Menurunkan Berat Badan

Memelihara anjing dapat menurunkan berat badan. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, jika kamu mengajak jalan-jalan anjing setiap hari bisa membantumu untuk menurunkan berat badan. 

Dengan rutin jalan-jalan, kegiatan ini akan memaksamu melakukan aktivitas fisik tingkat sedang, setidaknya 10 – 30 menit tiap harinya. 

2. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mental 

Dilansir dari Journal of personality and social psychology (2011), seseorang yang memiliki hewan peliharaan di rumah akan lebih bahagia dan sehat jika dibandingkan dengan orang yang tidak memelihara hewan.

Karena saat berinteraksi dengan hewan peliharaan kesayangan, akan memproduksi hormon serotonin dan dopamin. Kedua hormon ini merupakan senyawa kimia dalam otak yang bisa memperbaiki suasana hatimu.

3. Mengurangi Rasa Kesepian

Selain menjaga kesehatan mental, memelihara anjing bisa membantu mengurangi rasa kesepian. Dengan mengelus anjing kesayangan dan bermain dengannya ternyata dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung, menenangkan aktivitas saraf, dan menekan hormon stress (kortisol).

Itulah informasi seputar biaya perawatan anjing yang harus kamu ketahui dan persiapkan dengan baik. Karena memiliki anjing membutuhkan komitmen dan tanggung jawab yang besar kamu juga perlu menggunakan asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo. Pastikan kamu merawatnya dengan penuh rasa kasih sayang ya.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu