cara umroh mandiri

Cara Melakukan Umroh Mandiri dan Syaratnya

Table of Contents

Ibadah Umroh merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itulah, banyak umat Muslim di seluruh dunia yang melaksanakannya. Biasanya ibadah umroh bisa dijalankan melalui agen perjalanan, tetapi melaksanakan umroh mandiri juga merupakan bisa menjadi cara alternatif, lho.

Cara mandiri ini memungkinkan kamu untuk pergi umroh tanpa bantuan agen perjalanan. Jadi, semua hal seperti tiket pesawat, visa, akomodasi, dan transportasi selama di Arab Saudi akan kamu persiapkan sendiri.

Tentunya, kamu akan hemat biaya karena tidak menggunakan agen perjalanan. Lantas, bagaimana cara umroh mandiri? Apa saja yang harus dipersiapkan? Simak artikel berikut.

Persyaratan Membuat Visa Umroh

Persyaratan Membuat Visa Umroh

Cara melakukan umroh mandiri bisa diawali dengan membuat visa umroh, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan dan dokumen yang mencakup:

  • Paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan dari tanggal keberangkatan. Dokumen ini kamu harus kamu buat sendiri. Biaya pembuatannya adalah Rp350.000 untuk paspor biasa dan Rp650.000 untuk elektronik.
  • Buku nikah dan KK asli (bagi yang sudah menikah/berkeluarga)
  • Akte kelahiran asli bagi anak di bawah usia 17 tahun 
  • Surat Mahram. Surat ini diperlukan bagi jemaah perempuan di bawah umur 45 tahun. 
  • Buku kuning suntik meningitis
  • Tiket pesawat asli Jakarta – Jeddah PP
  • Bukti booking hotel dan transportasi di Arab Saudi
  • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar, background putih, tampak wajah 80 persen
  • Kontak person handling atau orang yang bertanggung jawab di Arab Saudi dalam perjalanan umrah ini
  • Jadwal rencana perjalanan umrah
  • Biaya visa umrah yang berkisar antara 75-150 USD, tergantung musim

Baca Juga: Cara Mengajukan Visa Waiver ke Jepang dan Syaratnya

Cara Membuat Visa Umroh Mandiri

Cara Membuat Visa Umroh Mandiri

Setelah syarat-syaratnya sudah terpenuhi, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat visa umroh.

1. Pendaftaran lewat Provider atau Agen Umrah

Pendaftaran lewat Provider atau Agen Umrah

Pertama-tama kamu harus melakukan pendaftaran melalui provider atau agen umrah yang terdaftar di situs simpu.kemenag.go.id. Jika sudah menemukan agen umrah yang tepat, kamu harus membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

2. Menunggu MOFA Terbit

Setelah melakukan pendafataran, kamu harus menunggu surat Ministry of Foreign Affairs atau MOFA yang diterbitkan oleh muasasah atau penyelenggara umrah di Arab Saudi. Perlu dicatat bahwa surat ini hanya aktif selama 15 hari.

3. Penerbitan Visa Umrah

Setelah MOFA terbit, nantinya dokumen tersebut akan diajukan ke agen umrah sebagai salah satu persyaratan untuk mengajukan permohonan visa ke KBSA (Kedutaan Besar Saudi Arabia), yang merupakan otoritas yang berwenang. KBSA akan melakukan evaluasi untuk memastikan kelayakan penerbitan visa bagi jemaah. Paspor dan tiket perjalanan asli juga dibutuhkan sebagai dokumen pelengkap. 

4. Penempelan Visa

Setelah evaluasi selesai, KBSA akan menempelkan visa yang telah diterbitkan di paspor dan visa tersebut akan segera aktif sesuai dengan tanggal berlakunya. Proses ini biasanya hanya memakan waktu 1-2 hari kerja. Lalu, agen umrah akan mengambil kembali visa tersebut dari KBSA dan diberikan kepada calon jemaah.

Perlu dicatat bahwa visa umrah hanya berlaku selama 90 hari. Jadi, pastikan kamu sudah memperhitungkan secara rinci angka waktu pembuatan visa dengan tanggal keberangkatan.

Biaya pembuatan visa yang harus kamu keluarkan adalah sekitar 300 Riyal atau setara dengan Rp1.100.000 jutaan. Biaya tersebut bisa saja berubah karena adanya perubahan dari pihak 

agen umrah sendiri. Jadi, ada baiknya untuk selalu mengecek harga paketnya.

Baca Juga: Apa Itu Visa, Definisi, Fungsi dan Jenisnya

Persiapan untuk perjalanan umroh memerlukan perencanaan dan perhatian khusus. Pastikan untuk memeriksa persyaratan dan panduan umroh yang berlaku saat ini, karena aturan dan regulasinya dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Itulah penjelasan terkait cara umroh mandiri dari Igloo yang bisa dijadikan panduan. Semoga kamu bisa menjalankan ibadah umroh dengan hati yang bersih dan terbuka, ya.

Agar ibadah umroh kamu semakin khusyuk pastikan untuk memiliki asuransi perjalanan terbaik dari Igloo yang akan memberikan ketenangan pikiran selama perjalanan, serta melindungi kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Untuk melakukan pembelian asuransi perjalanan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Perjalanan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-perjalanan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis perjalanan yang diinginkan
  4. Masukan informasi perjalann kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai produk asuransi lainnya, termasuk Asuransi Kesehatan untuk melindungi kamu dan keluarga dari biaya medis yang tidak terduga, aAsuransi Mobil dan Asuransi Motor untuk melindungi kendaraan berharga, serta Asuransi Hewan Peliharaan untuk memberikan perawatan terbaik bagi teman berbulu kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu