Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

4 Perbedaan Asuransi Perjalanan Kartu Kredit dan Asuransi Perjalanan Umum

Table of Contents

Tahukah kamu bahwa kartu kredit tidak hanya menyediakan fasilitas tarik tunai, cicilan nol persen, dan layanan lainnya, tetapi juga menawarkan opsi asuransi perjalanan? Dengan asuransi perjalanan kartu kredit, kamu bisa memperoleh cakupan perlindungan selama melakukan perjalanan baik dalam atau luar negeri, lho.

Untuk mempelajari lebih lanjut, yuk, simak artikel Igloo berikut ini!

Apa itu Asuransi Perjalanan Kartu Kredit?

Apa itu Asuransi Perjalanan Kartu Kredit?

Asuransi perjalanan kartu kredit adalah suatu fasilitas yang memberikan perlindungan bagi pemegang kartu kredit saat melakukan perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri. 

Sama seperti polis asuransi perjalanan umumnya, kamu dapat memperoleh perlindungan untuk kecelakaan perjalanan, ketidaknyamanan perjalanan seperti penundaan atau pembatalan perjalanan, keterlambatan bagasi, dan berbagai situasi lainnya.

Fasilitas asuransi perjalanan tidak hanya tersedia pada kartu kredit khusus travel, melainkan juga pada kartu kredit non-travel. Bank penerbit memberikan uang pertanggungan atau santunan, dengan jangkauan mulai dari jutaan hingga miliaran rupiah.

Syarat dan Ketentuan

Sejumlah penerbit kartu kredit kini menyediakan fasilitas asuransi perjalanan tanpa memerlukan pembayaran biaya tambahan. Namun, terdapat syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi agar dapat menikmati manfaat tersebut. Nasabah biasanya diminta untuk melakukan transaksi dengan jumlah tertentu. 

Contohnya, seperti membeli tiket pesawat menggunakan kartu kredit dengan minimal transaksi sebesar Rp5.000.000. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu semua syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh bank penerbit agar kamu dapat memanfaatkan fasilitas asuransi perjalanan kartu kredit secara optimal dan mendapatkan manfaat saat melakukan perjalanan nanti.

Besaran Uang Pertanggungan

Setiap bank penerbit menetapkan besaran uang pertanggungan atau santunan yang bervariasi, bergantung pada jenis kartu kredit yang dimiliki, seperti kartu platinum atau premium. Jangkauannya mulai dari Rp 250.000.000 hingga Rp 7.000.000.000 untuk pemegang kartu dan keluarganya.

Baca Juga: Traveling Lebih Tenang, Ini 6 Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Prosedur Klaim

Prosedur klaim umumnya melibatkan pengisian formulir klaim dan melengkapi dokumen yang diperlukan, seperti paspor, surat keterangan mengenai penyebab dan kronologi kejadian, fotokopi tiket perjalanan, dan lainnya. Bank akan menjalankan proses analisis, dan apabila klaim disetujui, pembayaran uang pertanggungan akan dilakukan.

Mengetahui prosedur pengajuan klaim ke bank penerbit adalah hal yang penting. Dengan demikian, saat terjadi kerugian dalam perjalanan, kamu dapat dengan mudah mengajukan klaim dan mendapatkan manfaat asuransi sesuai dengan ketentuan polis.

Yang Tidak Ditanggung Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

Selain mengetahui biaya yang dicakup oleh asuransi perjalanan, penting juga untuk mengetahui daftar kerugian atau kerusakan yang tidak dicakup. Hal ini menjadi penting untuk mencegah terjadinya miskomunikasi di masa mendatang.

Contohnya, kerugian atau kerusakan yang tidak ditanggung mungkin disebabkan oleh tindakan kesengajaan, kehilangan barang secara misterius yang tidak dapat dijelaskan, dan berbagai situasi lainnya.

Baca Juga: 10 Cara Closing Asuransi Perjalanan, Bikin Nasabah Yakin!

Lamanya Asuransi Perjalanan Berlaku

Asuransi perjalanan yang diberikan oleh kartu kredit umumnya memiliki batas waktu pemanfaatan selama 30 hari. Jika perjalanan berlangsung lebih dari itu, asuransi tidak akan berlaku lagi.

Jika kamu ingin terus menggunakan fasilitas ini setelah melewati batas waktu 30 hari, Anda perlu memperpanjangnya, biasanya dengan biaya tambahan. Namun, perlu diingat bahwa kebijakan dapat bervariasi antara bank penerbit. 

Beberapa bank mungkin memberikan masa berlaku yang lebih panjang. Sebaiknya, tanyakan langsung kepada pihak bank untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dan memastikan Anda dapat memanfaatkannya dengan lebih leluasa.

Perbedaan Asuransi Perjalanan Kartu Kredit dan Asuransi Perjalanan Umum

1. Premi yang Dibayarkan

Mendapatkan asuransi perjalanan melalui kartu kredit adalah keuntungan tersendiri karena tidak ada biaya tambahan yang perlu dibayarkan. Hal ini berbeda dengan asuransi perjalanan konvensional yang memerlukan pembayaran premi khusus agar kamu dapat mendapatkan perlindungan selama melakukan perjalanan.

2. Batas Usia Pemegang Polis

Batasan usia untuk mendapatkan manfaat asuransi perjalanan kartu kredit bervariasi tergantung pada jenis kartu kredit yang digunakan. Beberapa kartu kredit mungkin memiliki batas usia hingga 75 tahun untuk nasabah atau pemegang polis, sedangkan asuransi perjalanan konvensional dapat mencakup usia hingga 85 tahun.

3. Limit Pertanggungan

Meskipun tak kalah lengkap dibandingkan dengan asuransi perjalanan konvensional, asuransi perjalanan kartu kredit memiliki batasan pada limit pertanggungan yang lebih kecil. Artinya, dalam keadaan tertentu seperti kecelakaan, kamu mungkin perlu menanggung sebagian biaya sendiri. 

Oleh karena itu, Igloo sarankan untuk mempertimbangkan tambahan perlindungan seperti asuransi kesehatan sebagai pelengkap yang lebih komprehensif.

4. Masa Berlaku

Asuransi perjalanan kartu kredit memiliki jangka waktu perlindungan yang lebih singkat, biasanya hanya 30 hari, sedangkan asuransi perjalanan konvensional dapat memberikan perlindungan hingga 90 hari. 

Jika rencanamu mencakup perjalanan dalam jangka waktu yang lebih panjang, maka asuransi perjalanan konvensional mungkin menjadi pilihan yang lebih sesuai untuk memastikan perlindungan yang memadai.

Itulah penjelasan terkait asuransi perjalanan kartu kredit yang telah Igloo rangkum. Secara keseluruhan, asuransi perjalanan kartu kredit dapat memberikan nilai plus bagi pemegang kartu kredit, memberikan perlindungan finansial tambahan selama perjalanan mereka.

Namun, seperti yang sudah disebut sebelumnya, asuransi perjalanan dari kartu kredit memiliki batasan pada jumlah pertanggungan yang relatif lebih kecil. Dengan kata lain, dalam situasi tertentu seperti kecelakaan, kamu mungkin perlu mengeluarkan biaya sendiri.

Maka dari itu, jika kamu menginginkan perlindungan yang lebih komprehensif selama perjalanan, ada baiknya untuk memiliki polis asuransi perjalanan dari Igloo yang tentunya dapat memberikan manfaat yang lebih luas.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu