tips membeli asuransi hewan

5 Tips Membeli Asuransi Hewan yang Harus Diperhatikan

Table of Contents

Jika kamu masih ragu dalam memilih produk asuransi hewan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu, memahami tips membeli asuransi hewan menjadi sangat penting. Tips-tips ini akan membantu menemukan produk yang cocok untuk situasi kamu.

Memiliki asuransi hewan peliharaan itu penting. Hal ini disebabkan oleh adanya risiko keuangan yang mungkin dihadapi ketika kamu memiliki hewan peliharaan. Seperti contoh, jika peliharaan terlibat dalam insiden seperti menyerang orang lain dan menyebabkan cedera, mengalami kecelakaan dan meninggal dunia, atau mengalami kehilangan akibat pencurian.

Semua hal tersebut tentu akan memengaruhi finansial kamu secara mendadak. Karena itu, memiliki asuransi hewan dapat menjadi suatu kewajiban untuk mengantisipasi potensi risiko tersebut. Asuransi akan memberikan perlindungan finansial yang sesuai jika hewan peliharaan milik kamu menghadapi kejadian-kejadian tidak terduga tersebut.

Lantas, apa saja tips membeli asuransi hewan? Simak artikel Igloo berikut.

Ciri-Ciri Produk Asuransi Hewan yang Baik

Ciri-Ciri Produk Asuransi Hewan yang Baik

Sebelum mengetahui tips-tipsnya, alangkah baiknya untuk mengetahui ciri-ciri produk asuransi hewan yang layak untuk kamu jadikan pertimbangan:

1. Memiliki Cakupan Manfaat yang Luas

Pertama, pastikan produk asuransi yang kamu pilih memiliki cakupan manfaat yang luas. Adapun beberapa manfaat penting yang harus tercantum dalam produk asuransi hewan adalah:

  • Pertanggungan biaya perawatan medis karena kecelakaan
  • Uang duka atas kematian
  • Penggantian biaya jika hewan hilang atau dicuri

Beberapa perusahaan asuransi bahkan menyediakan penggantian biaya pencarian hewan yang hilang, termasuk biaya produksi selebaran dan imbalan bagi yang menemukannya. Oleh karena itu, produk asuransi hewan yang memiliki manfaat yang komprehensif bisa dianggap sebagai ciri dari produk yang layak untuk dimiliki.

2. Biaya Premi yang Terjangkau

Beberapa asuransi hewan mungkin menawarkan manfaat yang luas, tetapi dengan premi yang tinggi atau batasan tertentu yang dapat membatasi kegunaannya. Jadi, pastikan asuransi hewan yang kamu pilih memberikan premi yang terjangkau dengan manfaat yang sesuai kebutuhan.

3. Pilih Perusahaan Asuransi dengan Reputasi yang Baik

Ketiga, pastikan perusahaan asuransi yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan cara-cara berikut: 

  • mencari ulasan dan testimoni online tentang perusahaan asuransi tersebut
  • Minta masukan dari pemilik hewan peliharaan lainnya yang mungkin telah menggunakan asuransi hewan yang sama
  • Menelusuri situs web resmi perusahaan asuransi untuk memahami lebih lanjut tentang cakupan, persyaratan, dan kebijakan mereka
  • Menghubungi perusahaan secara langsung dan tanyakan pertanyaan terkait produk asuransi, proses klaim, dan aturan lainnya
  • Cek rasio solvabilitas untuk memberikan gambaran tentang kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan, termasuk pembayaran klaim dari nasabahnya. Rasio solvabilitas perusahaan asuransi dianggap memadai ketika mencapai setidaknya 120 persen, menunjukkan bahwa nilai aset perusahaan adalah 1,2 kali lipat dari total utangnya

4. Memiliki Layanan Klaim Online

Ketersediaan layanan klaim online jadi ciri produk asuransi hewan terakhir. Adanya layanan online sangat menguntungkan nasabah karena dapat menghemat waktu dan energi.

Baca Juga: Mau Bawa Peliharaan? Ini 5 Pet Friendly Hotel di Bandung

Tips Membeli Asuransi Hewan Terbaik

Tips Membeli Asuransi Hewan Terbaik

Selanjutnya, Igloo akan berikan beberapa tips yang dapat kamu gunakan sebagai panduan saat membeli asuransi hewan.

1. Pahami Isi Polis

Tips membeli asuransi hewan yang pertama adalah baca dan pahami polis dari produk asuransi tersebut. Tips ini penting dilakukan karena akan membantu kamu memahami hak dan kewajiban, serta mengetahui cakupan perlindungan yang diberikan oleh asuransi. 

Terdapat persyaratan dan ketentuan tertentu yang tercantum di dalam polis asuransi, seperti batasan umur hewan, masa tunggu sebelum klaim dapat diajukan, dan pengecualian tertentu. Memahami hal ini dapat membantu kamu menghindari penolakan klaim di masa depan.

2. Pahami Proses Klaim

Selain itu, pastikan untuk memahami dengan baik proses klaim sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Dengan memahami proses klaim, dokumen yang diperlukan, dan prosedur lainnya, klaim kamu pasti akan diproses secara efisien dan tanpa hambatan saat diperlukan.

3. Lakukan Perbandingan

Ada banyak produk asuransi dari berbagai perusahaan yang menawarkan cakupan dan premi yang bervariasi. Melakukan perbandingan antara satu produk dengan produk lainnya dapat membantu menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

4. Jangan Ragu Bertanya kepada Agen

Jika kamu merasa masih ragu dengan isi polis, tips membeli asuransi hewan berikutnya adalah bertanya langsung dengan agen asuransi. Bertanya kepada agen asuransi akan membantu kamu memahami lebih baik tentang produk asuransi yang ditawarkan, termasuk cakupan, premi, dan ketentuan lainnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hewan Peliharaan Lucu yang Mudah Dirawat

5. Lakukan Negosiasi dengan Asuransi

Terakhir, jika terdapat ketentuan yang tidak sesuai dengan preferensi, kamu memiliki opsi untuk bernegosiasi dengan pihak asuransi. Silakan sampaikan keinginan kamu kepada agen, dan agen akan menyampaikannya ke perusahaan asuransi untuk diperiksa lebih lanjut.

Itulah 5 tips membeli asuransi hewan yang dapat kamu jadikan panduan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu menentukan produk asuransi hewan yang paling pas dan sesuai kebutuhan kamu, ya.

Untuk memudahkan kamu, kamu bisa langsung memiliki asuransi hewan peliharaan dari Igloo yang akan menjamin kesehatan dan kesejahteraan dari hewan peliharaan kamu. 

Dengan memiliki asuransi hewan peliharaan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti penggantian biaya rawat inap untuk berbagai penyakit yang dialami hewan peliharaan, jaminan kremasi dan kompensasi akibat kematian karena kecelakaan, kompensasi kerugian pihak ketiga, dan masih banyak lagi!

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu