shampo manusia yang cocok untuk kucing

4 Rekomendasi Shampo Manusia yang Cocok untuk Kucing

Table of Contents

Ketika ingin memandikan kucing peliharaan, disarankan untuk menggunakan shampo yang dirancang khusus mereka. Hal ini dikarenakan  karena kulit manusia memiliki kadar pH yang berbeda dengan manusia. Namun, ternyata ada beberapa shampo manusia yang masih aman dan cocok digunakan untuk kucing.

Memandikan kucing adalah tindakan yang penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka. Jika kamu ingin mandikan kucing peliharaan, disarankan untuk menggunakan shampo yang dirancang khusus untuk hewan peliharaan. 

Shampo kucing mengandung bahan-bahan yang aman dan sesuai dengan pH kulit kucing, yaitu pH 7,5. Sementara itu, kulit manusia memiliki kadar pH 5,5. Selain beda kandungan, shampo manusia sering mengandung aroma dan bahan kimia yang mungkin terlalu kuat atau mengiritasi bagi kucing.

Namun, kondisinya terpaksa, kali ini Igloo akan mendaftar shampo manusia yang cocok untuk digunakan oleh kucing.

Shampo Manusia yang Cocok untuk Kucing

1. Shampo Bayi

Pertama, jenis shampo manusia yang cocok untuk kucing adalah shampo bayi. Mereka cenderung lebih lembut daripada shampo manusia pada umumnya. Hal ini bisa dilihat dari kandungan bahan kimia yang tidak terlalu tinggi. Shampo bayi juga mengandung aroma tidak membuat kucing iritasi.

2. Shampo Herbal

Shampo Herbal

Kedua,  jenis shampo manusia yang cocok untuk kucing adalah shampo herbal. Bahan-bahan herbal yang sering digunakan dalam shampo herbal antara lain adalah chamomile (kamil), lavender, lidah buaya, tea tree oil, oatmeal (gandum), dan lain-lain. 

Shampo herbal sama sekali tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya dan tidak memiliki bau yang menyengat. Jadi, shampo herbal dapat membersihkan bulu dan kulit kucing dengan lembut tanpa mengganggu keseimbangan pH alami kulit mereka.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Kucing Peliharaan untuk Pemula

3. Shampo Dengan Kandungan Minyak Kelapa

Shampo Dengan Kandungan Minyak Kelapa

Shampo dengan kandungan minyak kelapa untuk kucing dapat menjadi pilihan yang baik, karena minyak kelapa memiliki sejumlah manfaat bagi kulit dan bulu kucing. Pasalnya, minyak kelapa memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan melembabkan yang dapat bermanfaat bagi kulit dan bulu kucing. 

Namun, sebelum menggunakan shampo dengan kandungan minyak kelapa pada kucing Anda, pastikan untuk memeriksa label dengan cermat dan memastikan bahwa produk tersebut aman dan diformulasikan khusus untuk hewan peliharaan. Pastikan juga untuk memperhatikan kucing agar mereka tidak menjilati shampo karena kandungannya berbahaya untuk kucing. 

Baca Juga: Syarat dan Cara Mendapatkan Sertifikat Stambum

4. Sampo Oatmeal

Oatmeal dikenal memiliki sifat melembapkan yang dapat membantu mengatasi kulit kering dan ketombe pada kucing. Shampo oatmeal dapat membantu meredakan iritasi kulit, termasuk gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi atau masalah kulit lainnya.

Jika sulit menemukan di pasar, kamu bisa membuatnya dengan mencampurkan oatmeal, soda kue dan air. Setelah itu, tuangkan ke bulu kucing dan tunggu selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Cara Memandikan Kucing dengan Mudah

Kucing merupakan hewan yang sangat mandiri dalam merawat diri mereka sendiri. Sebagai pemilik, kamu tidak perlu memandikannya setiap hari. Kucing juga tidak selalu suka dimandikan, tetapi jika kucing peliharaan sudah kotor dan perlu dimandikan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Isi ember atau bak mandi dengan air hangat (tidak panas) sekitar setengah penuh. Air hangat akan membuat mereka lebih rileks dan tenang
  2. Isi ember kedua yang diisi oleh air hangat dan shampo untuk membasuh kucing dan memandikannya
  3. Secara perlahan, kenalkan kucing peliharaan dengan air sebelum membasahkan tubuhnya. Kamu dapat merendam kaki atau coba mencipratkan air ke tubuhnya
  4. Selanjutnya, aplikasikan shampo pada bulu mereka. Mulailah dengan bagian punggung dan leher, lalu lanjutkan ke bagian tubuh lainnya. Hindari bagian mata, telinga, dan hidung
  5. Bilas kucing dengan hati-hati menggunakan air hangat, pastikan tidak ada sisa shampo yang tertinggal di bulu atau kulitnya. Pastikan airnya mengalir pelan agar kucing tidak kaget
  6. Setelah dibilas, kamu bisa mengeringkannya dengan menjemur mereka selama 2-5 menit di bawah matahari secara tidak langsung atau menggunakan hair dryer

Itu dia 4 shampo manusia yang cocok untuk kucing dan cara memandikannya dengan benar. Jika kamu tidak yakin tentang pemilihan shampo yang tepat, konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran terbaik. Untuk memberikan perlindungan ekstra, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo

Dengan memiliki asuransi hewan peliharaan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti penggantian biaya rawat inap untuk berbagai penyakit yang dialami hewan peliharaan, jaminan kremasi dan kompensasi akibat kematian karena kecelakaan, kompensasi kerugian pihak ketiga, dan masih banyak lagi!

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, berikut adalah prosedurnya:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain Asuransi Hewan Peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu