perbedaan plat motor cash dan kredit

Perbedaan Plat Motor Cash dan Kredit yang Harus Kamu Ketahui

Table of Contents

Setiap jenis kendaraan, seperti sepeda motor memiliki format plat nomor yang berbeda. Terutama jika kamu membeli motor secara cash atau kredit. Perbedaan plat motor cash dan kredit ini akan mempermudah identifikasi dan registrasi kendaraan oleh pihak berwenang.

Akhir-akhir ini banyak informasi yang mengatakan bahwa, kendaraan bermotor yang dibeli secara tunai memiliki plat nomor yang berawalan dengan angka 4 atau 6, sedangkan plat nomor yang diawali dengan angka 1,2,3,5,7,8, dan 9 menunjukkan motor tersebut dibeli secara kredit.

Apakah hal itu benar? Agar tidak keliru, kali ini Igloo akan membahas mengenai perbedaan plat motor cash dan kredit.

Perbedaan Plat Motor Cash dan Kredit

Informasi terkait perbedaan perbedaan plat motor cash dan kredit yang sudah disebutnya diawal dibantak oleh Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Komisaris Besar M Taslim Chairuddin.

Ia mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. Melainkan, penomoran pada plat nomor kendaraan dilakukan secara sistematis dan akan urut secara otomatis. Pemberian pelayanan regident kendaraan bermotor bertujuan untuk melindungi masyarakat atas kepemilikan ranmor (kendaraan bermotor).

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat perbedaan antara plat motor cash dan kredit.

Plat Motor Cash

Jika kamu membeli motor secara cash atau tunai, kamu akan melakukan pembayaran penuh atas kendaraan tersebut. Artinya, kamu membayar seluruh harga motor secara tunai atau menggunakan sumber dana yang kamu miliki tanpa memerlukan kredit atau cicilan. 

Dengan melalukan pembayaran cash, kamu akan mendapatkan plat motor cash yang memiliki akhiran XY.

Plat Motor Kredit

Sementara itu, jika kamu membeli motor dengan cara kredit, kamu akan melakukan pembelian motor dengan cara meminjam uang dari lembaga keuangan atau perusahaan pembiayaan untuk membayar harga kendaraan tersebut. 

Kamu tidak membayar kendaraan secara penuh pada saat pembelian; sebaliknya, kamu mengambil pinjaman dan setuju untuk membayar kembali jumlah tersebut secara berkala dalam bentuk cicilan selama jangka waktu tertentu. 

Dengan melalukan pembayaran kredit, kamu akan mendapatkan plat motor kredit yang memiliki akhiran YY.

Baca Juga: Cara Cabut Berkas Motor Tanpa Calo

Cara Bayar Pajak Motor Yang Masih Kredit

Untuk membayar pajak kendaraan bermotor dibutuhkan BPKB yang wajib dilampirkan. Selain itu pemohon juga diwajibkan untuk membawa STNK dan KTP yang sesuai dengan BPKB maupun STNK.

Nah, jika kamu membeli motor secara kredit, umumnya BPKB kendaraan akan disimpan oleh perusahaan karena kendaraan tersebut belum lunas. Lalu, bagaimana cara membayar pajak jika motornya masih dalam kredit?

Sebagai pengganti BKPB, kamu bisa mengunjung kantor leasing untuk meminta pembuatan surat keterangan di tempat leasing. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

Syarat Perpanjangan STNK/Bayar Pajak Tahunan

  • STNK dan TBPKP
  • KTP asli (Nama yang tertera sesuai STNK)

Syarat Bayar Pajak 5 Tahunan Kredit

  • STNK dan TBPKP
  • KTP asli (Nama yang tertera sesuai STNK)
  • Hasil cek fisik kendaraan
  • Surat keterangan dari pihak leasing
  • Fotokopi BPKB

Setelah syarat terpenuhi, kamu bisa membayar pajak motor secara online dengan mudah di website resmi  e-Samsat (khusus daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan Kepulauan Riau) atau aplikasi Salmonas yang kini tersedia di smartphone. 

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masukkan nomor KTP, nomor polisi kendaraan, dan nomor rangka kendaraan

2. Selanjutnya, akan muncul nominal pajak yang harus dibayarkan dan kode bayar

3. Kode bayar tersebut digunakan untuk membayar pajak melalui bank atau minimarket

4. Setelah bukti pembayaran diterima, gunakan bukti tersebut untuk mengambil STNK asli di loket Samsat

Pembayaran pajak secara online di atas hanya berlaku untuk pajak tahunan saja. Untuk pajak 5 tahunan, kamu tetap harus membawa kendaraan ke kantor Samsat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama kamu harus meminta surat keterangan + fotokopi BPKB di tempat leasing

2. Setelah itu, pergi ke kantor samsat dimana kendaraan bermotor terdaftar

3. Lakukan proses cek fisik kendaraan di kantor samsat

4. Lakukan pendaftaran bayar pajak 5 tahunan (ganti plat)

5. Isi dan lengkapi formulir pendaftaran bayar pajak 5 tahunan

6. Kumpulkan berkas persyaratan kepada petugas

7. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai tagihan

8. Ambil STNK dan TNKB baru

Baca Juga: Ini 7 Cara Mengatasi Motor Brebet Saat Digas

Manfaat Memiliki Asuransi Kendaraan

Itu dia informasi terkait perbedaan plat motor cash dan kredit. Agar motor kamu semakin aman, jangan lupa untuk memiliki asuransi motor terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Memiliki asuransi kendaraan kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup kecelakaan, biaya perbaikan, risiko kehilangan kendaraan, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi kendaraan adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Meskipun sudah terlindungi asuransi, kamu harus tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan kendaraan yang umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu