manfaat asuransi motor

7 Manfaat Asuransi Motor yang Wajib Kamu Ketahui

Table of Contents

Motor menjadi salah satu aset dengan nilai yang tinggi. Nilai yang dimaksud bukan hanya dari nominal harga beli yang harus kamu bayarkan. Namun juga dari nilai fungsi yang dimilikinya.

Karena itu, penting untuk melindungi motor dengan menggunakan asuransi kendaraan. Dengan adanya asuransi, kamu akan merasakan manfaat asuransi motor ketika terjadi resiko saat berkendara.

Beragam asuransi motor dapat kamu rasakan dengan baik dan maksimal jika kamu memilih produk dan perusahaan asuransi yang tepat. Berikut ini igloo akan menyampaikan apa saja manfaat yang didapatkan dari memiliki asuransi, hingga cara memilih produk asuransi yang tepat. 

Manfaat Asuransi Motor yang Kamu Dapatkan

Manfaat Asuransi Motor yang Kamu Dapatkan

Selain memberikan perlindungan pada motor kesayanganmu, dengan memiliki asuransi motor kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup musibah kecelakaan, menanggung biaya perbaikan, risiko kehilangan motor, dan masih  banyak lainnya.

Jika merasa membutuhkan perluasan cakupan perlindungan asuransi motor. Beberapa contohnya adalah pemberian bantuan hukum kepada pihak ketiga, asuransi jiwa, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat dari produk asuransi menjadi lebih optimal.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi motor adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Pasalnya sudah terlindungi dari berbagai macam risiko yang mungkin terjadi.

Meskipun kamu merasa lebih aman, tapi tetap saja kamu harus berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal meskipun sudah terlindungi asuransi.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Dengan tanggungan premi yang dianggarkan, pastinya akan mempermudah kamu dalam mengatur keuangan.  Karena biaya perbaikan kendaraan umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

Maka dari itu, asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Namun, semua tergantung dari jenis asuransi yang kamu pilih.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Contohnya Zurich yang memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam. Fasilitas ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan! Inilah 4 Penyebab Aki Motor Tekor

Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik

Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik

Sebelum memutuskan untuk mengajukan asuransi sepeda motor, kamu harus memahami beberapa hal terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu benar-benar memilih perusahaan asuransi terbaik, dan jenis asuransi sesuai dengan kebutuhanmu. 

1. Memahami PSAKBI

PSK (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) merupakan patokan standar produk asuransi. Kamu harus benar-benar memastikan jika asuransi bermotor yang akan diajukan memiliki manfaat dan cara kerja yang jelas.

Jika ada beberapa poin yang masih belum kamu pahami dengan baik, jangan ragu untuk menanyakannya ke pihak agen atau penyedia asuransi. Tujuannya untuk mengurangi risiko salah paham yang bisa merugikanmu sendiri di kemudian hari.

2. Prioritaskan Kebutuhanmu dengan Baik

Sebelum memutuskan mengambil asuransi motor, kamu harus memilih produk asuransi dengan manfaat yang sesuai kebutuhanmu. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi adalah cakupan perlindungan, manfaat, hingga biaya preminya.

3. Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar

Tips selanjutnya yaitu mencari produk yang terjangkau dan mampu memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhanmu. Mengingat saat memiliki asuransi, berarti kamu memiliki kewajiban untuk membayar premi sesuai ketentuan yang berlaku.

Apabila kamu memilih produk asuransi melebihi kemampuan, pastinya hal itu akan memberatkanmu. Oleh karena itu, pastikan produk asuransi dengan biaya premi yang terjangkau.

4. Buatlah Perbandingan

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk unggulannya. Tentu saja, dengan banyaknya perusahaan ini membuatmu harus membandingkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk yang ditawarkan.

Jadi, lebih baik kamu membuat perbandingan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengetahui dengan pasti keunggulan  produk yang kamu pilih.

5. Perhatikan Rekomendasi dari Dealer

Dealer (penjual kendaraan) pastinya sudah mengetahui kebutuhan dari kendaraan yang dijual. Biasanya dealer akan memberikan rekomendasi asuransi yang tepat untuk kendaran yang kamu pilih.

Saran yang diberikan dealer ini, bisa jadi bahan pertimbanganmu dalam membeli produk asuransi yang tepat.

Baca Juga: Perbedaan Motor Kredit dan Cash, Nampak dari Platnya!

6. Pilihlah Asuransi dari Perusahaan yang Terpercaya

Pilihlah Asuransi dari Perusahaan yang Terpercaya

Tips memilih asuransi motor selanjutnya yaitu pilih asuransi dari perusahan yang sudah terpercaya. Pastikan bahwa penyedia asuransi yang kamu pilih memiliki izin resmi. Perusahaan asuransi yang bisa kamu pilih misalnya Igloo yang kredibilitasnya sudah tidak bisa diragukan lagi.

Tak hanya itu, kredibilitas perusahaan juga bisa diketahui dari nasabah sebelumnya tentang kinerja perusahaan tersebut.

7. Perhatikan Kinerja Bengkel Rekanan Asuransi

Produk asuransi kendaraan biasanya memiliki bengkel yang menjadi rekanan. Pastikan kalau bengkel yang menjadi mitra perusahaan asuransi merupakan bengkel resmi dengan kinerja yang bagus.

Dengan demikian kamu bisa mendapatkan perawatan yang terbaik untuk kendaraan kesayangan.

Itulah ulasan tentang manfaat asuransi motor dan tips memilih asuransi motor yang benar. Manfaat dan tips di atas bisa menjadi pertimbangan agar kamu tidak salah dalam memilih produk perlindungan untuk motor kesayangan.

Sebagai rekomendasi terbaik, kamu dapat memilih menggunakan asuransi motor dari Igloo yang akan memberikan banyak sekali manfaat untuk kamu. Semoga informasi tentang manfaat asuransi motor dari Igloo ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu