Perbedaan Motor Kredit dan Cash

Perbedaan Motor Kredit dan Cash, Nampak dari Platnya!

Table of Contents

Bagi sebagian orang, membeli motor dengan kredit menjadi pilihan terbaik. Tapi tidak bagi sebagian yang lainnya. Beberapa isu yang ada menyebutkan kalau perbedaan motor cash dan kredit terletak di plat motornya.

Namun, apakah hal itu benar adanya? Berikut ini Igloo akan mengulas apa saja perbedaan motor kredit dan cash hingga kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode pembayaran.

Benarkah Perbedaan Motor Cash dan Kredit Terletak di Platnya?

Benarkah Perbedaan Motor Cash dan Kredit Terletak di Platnya?

Dari beberapa sumber yang ada, informasi yang beredar terkait plat motor yang sengaja dibedakan antara pembeli yang membayar secara kredit dan cash ternyata tidak benar.

Informasi yang ada menyatakan bahwa plat nomor yang diawali angka 4 atau 6 menunjukkan bahwa motor tersebut dibeli secara cash. Sedangkan jika dibeli secara kredit, akan diawali dengan angka 1, 2, 3, 5, 7, 8, dan 9.  

Faktanya Kasubdit STNK Direktorat registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Komisaris Besar M Taslim Chairuddin mengatakan informasi tersebut salah.

Tidak ada perbedaan angka nomor polisi, pembedaan tersebut ada untuk membedakan antara mobil penumpang, sepeda motor, bus, kendaraan berat atau kendaraan khusus.

Penomoran plat nomor kendaraan dilakukan secara sistematis dan memiliki urutan yang otomatis.

Baca Juga: Simpel! Inilah Cara Mengurus STNK Motor Listrik yang Perlu Kamu Ketahui

Kelebihan Membeli Motor Kredit

Kelebihan Membeli Motor Kredit

Selain membahas perbedaan motor cash dan kredit. Pasti sebagian dari kamu masih bingung, apakah lebih baik membeli motor secara kredit dan cash. Berikut ini kelebihan membeli motor kredit yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

1. Membeli Secara Kredit Terasa Lebih Ringan

Kamu tidak harus menyiapkan uang tunai dalam jumlah besar jika ingin membeli sepeda motor. Karena kamu cukup membayar uang muka saja, dan sudah bisa membawa pulang motor yang kamu idamkan.

Misalnya saja harga motor yang kamu inginkan berkisar Rp 30 juta, maka dengan membeli secara kredit kamu sudah bisa membawa pulang motor tersebut dengan hanya membayar uang muka/ DP sebesar Rp 5 juta saja.

2. Cicilan Bisa Disesuaikan

Besaran cicilan kredit motor yang kamu ambil bisa disesuaikan dengan penghasilan dan kondisi keuangan kamu perbulannya. Namun, semakin lama kamu mencicilnya maka jumlah total bunga yang harus kamu bayarkan juga semakin besar.

Meski demikian, pembayaran kredit lebih banyak dipilih karena terbilang lebih mudah. Di samping itu, cicilan perbulan yang sama atau tetap memudahkanmu untuk mengatur gaji yang kamu miliki.

3. Tetap Bisa Mengatur Keuangan

Membeli kendaraan baru dengan kredit tidak perlu menguras tabunganmu. Karena cicilan bisa disesuaikan, ditambah pembayaran awal hanya uang muka. Jadi tabunganmu akan tetap aman dan bisa digunakan untuk keperluan yang lebih penting.

4. Alokasi Dana Bisa Dijadikan Modal Usaha

Jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk membeli motor dengan cash dan memiliki motor menjadi hal yang mendesak. Kamu bisa memilih pembayaran dengan kredit, terutama jika kamu sedang berbarengan membuka sebuah usaha. Maka uang yang kamu miliki bisa digunakan untuk pengembangan usaha terlebih dahulu.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Merek Motor Listrik Terbaik di Indonesia

Kelebihan Membeli Motor Cash

Kelebihan Membeli Motor Cash

1. Tidak Terlibat Hutang

Kelebihan yang pertama, kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan cicilan tiap bulannya. Karena cicilan kredit yang akan dibayarkan setiap bulannya tentu membebani keuangan kamu. Dengan membeli motor secara cash akan membuatmu lebih tenang dan nyaman tentunya.

2. Menghindari Pembayaran Berbunga

Ketika kamu membeli motor dengan cash, maka kamu tidak akan dibebankan dengan bunga. Karena bunga hanya berlaku bagi pembeli yang melakukan pembayaran secara kredit.

Jadi jika kamu memilih untuk kredit motor, kamu bukan hanya memikirkan uang untuk membayar cicilannya, tapi kamu juga harus memikirkan pembayaran bunganya. Tentu saja hal ini akan membuat pengeluaranmu semakin banyak dan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kamu membeli secara cash.

Kekurangan Membeli Motor Kredit

1. Total Uang yang Harus Dibayarkan Membengkak

Jika kamu hitung biaya cicilan tiap bulan dikali dengan jumlah bulan yang kamu pilih pastinya akan lebih besar ketimbang kamu membelinya secara langsung atau cash. Meskipun dibeli dengan yang muka dan cicilan yang ringan, tetap saja membeli secara kredit akan lebih besar jika ditotal.

2. Penagihan Jika Telat Bayar

Dealer biasanya bekerja sama dengan pihak bank atau leasing (perusahaan pembiayaan). Karena itu, jika kamu telat bayar, maka kamu akan berurusan dengan pihak ketiga, seperti penagihan jika telat bayar cicil dan hal ini sangat mengganggu tentunya.

3. Denda Hutang dalam Jangka Waktu Tertentu

Karena kamu memilih membeli motor secara kredit otomatis kamu memiliki beban hutang dalam jangka waktu tertentu. Jadi, jika kamu tidak pandai dalam mengelola dan mengatur keuanganmu, bisa-bisa cicilan motor tersendat dan berdampak buruk untuk kondisi keuanganmu sendiri. Terlebih jika penghasilan tidak tetap setiap bulannya.

Kekurangan Membeli Motor Cash

Kekurangan membeli motor cash hanya satu, yaitu budget atau uang yang kamu keluarkan sudah harus cukup untuk melakukan transaksi dan hal itu tentunya akan menguras kantong bahkan tabungan yang kamu miliki.

Baik motor cash atau tidak, sangat penting bagi kamu untuk menggunakan asuransi motor terbaik yang akan memberikan banyak sekali manfaat untuk kamu.

Itulah informasi seputar perbedaan motor cash dan kredit yang nyatanya tidak ada perbedaan di plat nomornya. Selain itu ada kelebihan dan kekurangan jika kamu memilih untuk membeli motor secara cash atau kredit. 

Yang pasti kamu harus teliti dan mempertimbangkan dengan matang keputusan yang kamu ambil. Jangan sampai asal-asalan dan terburu-buru yang akhirnya merugikan kamu sendiri.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu