penyebab aki motor tekor

Jangan Dibiarkan! Inilah 4 Penyebab Aki Motor Tekor

Table of Contents

Apa penyebab aki motor tekor? Aki memiliki fungsi sebagai sumber listrik untuk menyalakan atau menyediakan daya untuk sistem elektrikal lainnya pada motor. Hal ini diperlukan untuk menghidupkan mesin motor, terutama pada motor yang tidak menggunakan kick starter.

Kebanyakan sepeda motor zaman sekarang memiliki berbagai sistem elektrikal, seperti lampu depan, lampu belakang, klakson, dan sistem penerangan lainnya. Nah, aki menyediakan daya untuk sistem-sistem ini agar dapat berfungsi dengan baik.

Namun, masih banyak pengendara yang tidak memperhatikan aki pada motornya. Hal ini menyebabkan aki motor tekor atau melemah, sehingga sistem motor tidak dapat berfungsi dengan baik atau bisa jadi tidak mau menyala.

Lantas, apa saja penyebab aki motor tekor? Bagaimana cara merawat aki motor? Simak artikel Igloo berikut.

Penyebab Aki Motor Tekor

1. Kiprok Bermasalah

Kiprok aki adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut regulator tegangan (voltage regulator) pada sistem pengisian baterai atau aki di sepeda motor. Secara sederhana, fungsi kiprok adalah mengatur tegangan listrik yang dialirkan ke aki.

Ketika mesin motor menyala, kiprok bekerja untuk mengatur arus pengisian dari generator atau alternator agar tidak terlalu tinggi dan tidak merusak aki akibat overcharging. Sebaliknya, ketika putaran mesin rendah atau mesin mati, kiprok mengatur agar arus keluar dari aki tidak terlalu tinggi dan menguras daya aki.

Kiprok yang rusak bisa menyebabkan masalah pengisian pada aki. Jika aki terisi terlalu tinggi, air aki bisa menguap lebih cepat, dan aki menjadi cepat rusak. Di sisi lain, jika aki kekurangan pengisian, aki menjadi cepat habis dan kendaraan bisa mogok.

2. Spull Bermasalah

Selain kiprok, spull aki juga merupakan komponen penting dalam sistem pengisian sepeda motor. Jika ada masalah dengan spul aki atau kiprok, pengisian aki dan kinerja sistem listrik kendaraan tidak akan optimal

Spull berfungsi untuk menghasilkan tegangan arus bolak-balik (AC) dari gerakan putaran rotor di dalam flywheel atau bagian poros mesin.

Tegangan AC yang dihasilkan oleh spul aki kemudian diubah menjadi tegangan arus searah (DC) oleh regulator tegangan (kiprok aki) sebelum digunakan untuk mengisi aki dan menyediakan daya untuk sistem elektrikal sepeda motor. Apabila kiprok normal, tetapi spull-nya bermasalah, maka daya listrik yang dihasilkan pun tersendat. 

3. Modifikasi Lampu Motor

Modifikasi lampu motor adalah proses mengganti, mengatur ulang, atau menambahkan komponen lampu pada sepeda motor untuk tujuan estetika atau fungsional. Namun, memodifikasi pada lampu motor dapat menambah beban listrik yang dibutuhkan sepeda motor ketika beroperasi.

Hal ini tentu akan membuat aki cepat melemah. Jadi, pastikan bahwa lampu-lampu tersebut dipasang dengan benar dan menggunakan aksesoris lampu atau modifikasi yang sesuai standard dan daya arus listrik pada sepeda motor.

4. Aki yang Sudah Kotor

Aki bisa terkena kotoran, debu, atau kerak akibat lingkungan yang kotor, kurangnya perawatan, atau kebocoran elektrolit dari aki itu sendiri. Aki yang kotor dapat menyebabkan masalah dan berdampak negatif pada performa dan masa pakai aki. 

Kotoran, debu, atau kerak yang menumpuk pada aki dapat mengganggu kinerja aki dan sistem pengisian. Lapisan kotoran bisa menghalangi aliran arus listrik, menyebabkan sulitnya pengisian aki, atau bahkan menyebabkan aki mati.

Untuk mencegah aki menjadi kotor dan memperpanjang umur aki, lakukan perawatan yang benar, seperti menjaga aki tetap bersih dari kotoran, membersihkan terminal aki secara teratur, dan memeriksa tingkat air aki jika aki masih memerlukan pengisian manual.

Baca Juga: Perbedaan Motor Kredit dan Cash, Nampak dari Platnya!

Cara Merawat Aki agar Awet

penyebab aki motor tekor

Melakukan perawatan aki secara rutin dan benar dapat memperpanjang masa pakai aki dan mengoptimalkan kinerja sistem listrik pada sepeda motor kamu. Berikut adalah beberapa tips dan cara merawat aki dari Igloo:

  • Periksa tingkat air aki (jika aki jenis terisi air): Aki yang menggunakan air elektrolit memerlukan pemeriksaan rutin terhadap tingkat airnya. Pastikan tingkat air selalu di atas batas minimum yang ditandai pada aki. Tambahkan air bersih dan terdistilasi jika diperlukan, tetapi jangan melebihi batas maksimum yang ditandai.
  • Pastikan terminal aki bersih: Periksa terminal aki secara berkala dan pastikan mereka bebas dari kotoran, kerak, atau oksidasi. Jika ada lapisan kotoran, bersihkan terminal aki dengan sikat lunak dan campuran air dan baking soda untuk menghilangkan kerak dan oksidasi.
  • Jangan sampai aki kosong total: Upayakan untuk tidak mengosongkan aki sepenuhnya (deep discharge) karena hal ini dapat mengurangi masa pakai aki. Oleh karena itu, charge aki secara teratur setelah penggunaan untuk mempertahankan tingkat muatan yang baik.

Penting untuk merawat aki secara teratur dengan memeriksa kondisi dan tingkat muatannya. Pengecekan dan perawatan yang baik dapat membantu memperpanjang umur aki dan memastikan kinerjanya yang optimal. Selain itu, pastikan juga untuk memilih aki yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan kendaraan kamu.

Agar motor kamu semakin terlindungi dari hal-hal yang tidak terduga, pastikan untuk memiliki asuransi motor terbaik dari Igloo, ya!

Baca Juga: Simpel! Inilah Cara Mengurus STNK Motor Listrik yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk melakukan pembelian asuransi motor di Igloo, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Motor” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-motor
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Motor Listrik, Asuransi Motor, dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaim, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Motor, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu