Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengatasi Motor Mati Mendadak

cara mengatasi motor mati mendadak
Table of Contents

Apakah motor kamu pernah mengalami mati mendadak di tengah jalan? Kasus ini mungkin juga pernah dialami bagi sebagian besar pengendara motor. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi motor mati mendadak.

Motor yang mati mendadak biasanya dikarenakan beberapa hal seperti kehabisan bensin, kran bensin tertutup, busi bermasalah, motor terlalu panas (overheat), oli mesin yang sudah habis, hingga tidak melakukan servis rutin.

Jadi, jika motor kamu mengalami mati mengalami mati mendadak di tengah jalan, jangan panik! Kali ini Igloo akan memberikan cara mengatasi motor mati mendadak.

Cara Mengatasi Motor Mati Mendadak

1. Cek Tangki Bahan Bakar

cara mengatasi motor mati mendadak

Cara mengatasi motor mati mendadak yang pertama adalah dengan mengecek tangki bahan bakar. Seperti yang kita ketahui, bensin adalah sumber energi utama yang digunakan untuk menggerakkan motor. Ketika bensin dibakar dalam mesin, energi yang dihasilkan digunakan untuk menggerakkan piston, yang kemudian menggerakkan roda mesin.

Jika tangki bahan bakar kosong, maka motor kamu tidak memiliki sumber energi untuk menggerakan motor. Oleh karena itu, segeralah untuk mengisi kembali tangki bahan bakar dengan bahan bakar yang sesuai. Pastikan kamu menggunakan bahan bakar yang berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Setelah kamu mengisi ulang tangki bahan bakar, cobalah untuk menyalakan mesin motor dengan menggunakan starter atau kunci pengapian seperti biasa. Motor seharusnya akan menyala dengan baik setelah mendapatkan pasokan bahan bakar yang cukup.

2. Cek Kran Bensin

Cara mengatasi motor mati mendadak selanjutnya adalah mengecek kran bensin. Kran bensin berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar ke mesin kendaraan. Komponen ini dapat digunakan untuk membuka aliran bahan bakar sehingga mesin dapat berjalan atau menutup aliran bahan bakar untuk mematikan mesin. Jika, motor kamu mati mendadak, di tengah jalan, bisa jadi kran bensin motor belum kamu buka.

3. Cek Suhu Mesin

cara mengatasi motor mati mendadak

Cara mengatasi motor mati mendadak yang ketiga adalah dengan mengecek suhu mesin motor. Jika suhu mesin terlalu panas atau overheat, maka mesin akan mati secara mendadak. Suhu mesin bisa terlalu panas karena sistem pendinginan tidak mampu menyeimbangkan suhu. 

Jika motor mati mendadak karena suhu mesin yang panas, ada baiknya untuk mematikan motor sejenak dan bawa ke bengkel agar sistem pendinginan pada motor diperbaiki.

4. Cek Busi

Fungsi utama busi adalah menghasilkan percikan listrik yang diperlukan untuk memulai proses pembakaran dalam silinder mesin. Jika busi bermasalah maka pembakaran tidak akan terjadi, dan menyebabkan motor mati mendadak. Hal ini paling sering terjadi pada Vespa jadul, oleh karena itu cara mengatasi motor mati mendadak lainnya adalah membawa busi cadangan untuk mengatasinya.

5. Oli Mesin Habis

Fungsi utama oli adalah untuk melumasi berbagai komponen mesin dan menjaga kinerja mesin dalam kondisi yang baik. Jika oli mesin habis, hal ini akan membuat mesin overheat dan motor akan mati mendadak. Oleh karena itu, cara mengatasi motor mendadak yang terakhir adalah rutin mengganti oli mesin untuk menghindari mogok ditengah jalan.

Itu dia, 5 cara mengatasi motor mati mendadak dari Igloo yang bisa kamu coba. Jadi, kamu tidak usah panik ketika motor kamu mengalami mati mendadak. Coba identifikasi masalah yang menyebabkan motor mogok. Apakah itu masalah bahan bakar, masalah pengapian, atau masalah mekanis lainnya.

Agar motor kamu semakin terlindungi, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan dari Igloo, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu