cara mengatasi mesin motor cepat panas

5 Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

Table of Contents

Penting untuk mengetahui cara mengatasi mesin motor cepat panas. Seiring waktu, motor kamu pasti akan mengalami berbagai macam penurunan performa, salah satunya adalah mesin motor yang cepat panas. Jika dibiarkan, hal ini tentu akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya. 

Beberapa efek dari mesin motor yang cepat panas (overheat) antara lain adalah kerusakan mesin, keausan yang lebih cepat pada komponen motor, emisi gas buang yang lebih tinggi, hingga penurunan kinerja mesin.

Oleh karena itu, kali ini Igloo akan memberikan 5 cara mengatasi mesin motor cepat panas yang bisa kamu lakukan.

Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

1. Rutin Mengganti Oli

Pertama, cara mengatasi mesin motor cepat panas bisa dilakukan dengan rutin mengganti oli. Seperti yang kita ketahui, oli memiliki peran yang sangat penting dalam mesin motor. Fungsi utama oli adalah untuk melumasi berbagai komponen mesin dan menjaga kinerja mesin dalam kondisi yang baik.

Oli juga berperan dalam menghilangkan panas yang dihasilkan oleh gesekan dan proses pembakaran di dalam mesin. Ini membantu menjaga suhu mesin tetap dalam kisaran yang aman. Oli mengambil panas dari komponen-komponen panas dan mengalirkannya ke radiator untuk pendinginan.

Jika oli kering atau sudah habis, komponen mesin tidak dapat dilumasi dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan gesekan antara komponen-komponen yang bergerak, seperti poros engkol, piston, dan bantalan, yang dapat menyebabkan panas berlebihan.

2. Cek Sistem Pendingin

Cara mengatasi mesin motor cepat panas selanjutnya adalah cek sistem pendingin, komponen penting dalam menjaga suhu mesin yang aman dan optimal. Jika sistem pendingin mengalami kerusakan atau kebocoran, suhu mesin motor dapat meningkat secara drastis, yang dapat mengakibatkan overheating dan kerusakan mesin. 

Saat kamu menyadari adanya masalah pada sistem pendingin atau overheating, kamu harus segera matikan mesin untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Setelah itu, kamu bisa memeriksan level cairan pendingin dalam tangki atau radiator. Pastikan bahwa ada cairan pendingin yang cukup dalam sistem. Jika level cairan sangat rendah, kamu harus mengisi ulang dengan cairan pendingin yang sesuai.

Namun, jika memang sistem pendingin sudah rusak, sangat disarankan untuk membawa motor kamu ke bengkel untuk diperbaiki.

3. Cek Filter Udara

Mengecek filter udara merupakan salah satu cara mengatasi mesin motor cepat panas. Pasalnya, filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan masalah pada mesin, salah satunya adalah membuat mesin motor cepat panas. Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menghambat aliran udara ke mesin. 

Hal ini dapat membuat mesin bekerja lebih keras untuk mengambil udara yang diperlukan untuk pembakaran, yang pada gilirannya dapat meningkatkan suhu operasi mesin. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan filter udara secara teratur dan menggantinya jika diperlukan.

4. Gunakan Oli Mesin yang Tepat

Setiap oli mesin memiliki jenis dan spesifikasinya tersendiri. Jika kamu menggunakan oli yang tidak cocok untuk motor kamu, bisa jadi itulah yang menjadi penyebab mesin motor cepat panas.

Jadi, cara mengatasi mesin motor cepat panas selanjutnya adalah dengan menggunakan oli sesuai standardisasi mesin. 

5. Memanaskan Motor Sebelum Digunakan

Cara mengatasi mesin motor cepat panas yang terakhir adalah selalu memanaskan motor sebelum digunakan, terutama pada pagi hari. Ketika mesin dingin, minyak pelumas dalam mesin cenderung lebih kental, sehingga perlu waktu beberapa saat untuk melumasi komponen mesin dengan baik. 

Memanaskan mesin dapat meningkatkan kinerja mesin secara keseluruhan, termasuk suhu mesin yang optimal.

Dapatkan Asuransi Kendaraan Terbaik Hanya di Igloo

Itu dia, 5 cara mengatasi mesin motor cepat panas dari Igloo yang bisa kamu coba. Namun, jika kamu merasa tidak yakin atau tidak dapat menemukan penyebab overheating, segera bawa kendaraan kamu ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.

Nah, agar motor kamu semakin terlindungi, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila motormu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai motormu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu