perawatan motor listrik

10 Tips Perawatan Motor Listrik agar Awet dan Tahan Lama

Table of Contents

Motor listrik memiliki lebih sedikit komponen daripada pada motor konvensional. Hal ini membuat perawatan motor listrik lebih mudah daripada motor konvensional.

Jika kamu pengguna motor konvensional, kamu pasti rutin mengganti oli beberapa bulan sekali. Rutinitas mengganti oli setiap bulan ini otomatis akan ada biaya yang harus kamu bayar.

Bayangkan saja, setiap beberapa bulan sekali kamu harus mengeluarkan biaya jasa ganti oli motor di bengkel resmi berkisar Rp66.000-Rp75.000.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi motor listrik. Motor listrik tidak memiliki transmisi yang kompleks, sistem pembakaran, sistem pendingin mesin, dan beberapa komponen yang sering memerlukan perawatan pada mesin konvensional.

Motor listrik tidak memiliki transmisi yang kompleks, sistem pembakaran, sistem pendingin mesin, dan beberapa komponen yang sering memerlukan perawatan pada mesin konvensional. Sehingga perawatan motor listrik sangatlah sederhana.

Namun, sebagai pemilik, kamu tentu harus menjaga dan merawat motor listrik kamu tetap terjaga performanya, terutama terkait baterai yang harganya sangat mahal jika kamu diharuskan untuk menggantinya.

Untuk mencegahnya, kali ini Igloo akan memberikan tips perawatan motor listrik yang bisa kamu ikuti.

Tips Perawatan Motor Listrik

1. Perhatikan Pengisian Baterai

Perhatikan Pengisian Baterai

Baterai merupakan komponen penting dalam motor listrik. Pastikan kamu menghindari pengisian berlebihan atau pengosongan baterai secara berlebihan, karena hal ini dapat memengaruhi umur baterai. Sangat disarankan untuk mengisi ulang baterai saat menyentuh angka 25 persen sampai dengan 80 atau 90 persen. 

2. Lepas Baterai Jika Tidak Dipakai

Jika motor listrik kamu menggunakan baterai yang dapat dilepas, ada baiknya untuk melepas baterai jika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan baterai akan mengalami self discharge meskipun sedang tidak beroperasi. Namun, sebelum melepasnya, pastikan untuk mengisi baterai terlebih dahulu hingga penuh. 

3. Pemeriksaan Sistem Elektrik

Pemeriksaan Sistem Elektrik

Secara rutin, periksa kabel-kabel, konektor, dan komponen elektrik lainnya. Pastikan tidak ada kabel yang longgar atau rusak yang dapat memengaruhi kinerja motor listrik. Jika belum berpengalaman, tidak ada salahnya untuk melakukan servis secara rutin di bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan sistem elektrik dalam motor listrik.

4. Cek V-Belt

Van belt atau v-belt adalah bagian dari motor listrik yang berfungsi menyalurkan daya dari mesin ke sistem penggerak. Jika kamu menggunakan motor listrik setiap hari, ada baiknya untuk selalu rutin mengecek v-belt.

Jika motor kamu sudah menempuh jarak 3.000 km, ada baiknya segera diganti untuk mencegahnya putus di tengah jalan.

5. Jangan Terobos Jalanan yang Tergenang Air atau Banjir

Karena motor listrik didominasi oleh perangkat listrik, ada baiknya untuk tidak menerobos jalan yang tergenang air atau banjir. Pasalnya, soket pada motor listrik biasanya terletak di antara kaki pengendara atau di area dek tengah.

Fungsi soket sendiri adalah untuk menghubungkan motor listrik dengan sumber daya listrik. Soket ini memungkinkan motor listrik untuk diberi pasokan listrik yang diperlukan agar dapat beroperasi. Jika air masuk melalui soket, kemungkinan akan merusak bagian mesin di dalamnya. 

Baca Juga: Daftar Motor Listrik 3 Roda untuk Sehari-hari

6. Jangan Mencuci Motor dengan Tekanan Air Tinggi

Selain menjaga soket dari percikan air, body motor juga harus dijaga, terutama saat kamu mencucinya. Hal ini dikarenakan air dapat masuk melalui bagian lubang pada kolong body motor. Jika air memasuki lubang-lubang tersebut, sistem kelistrikannya akan bermasalah.

7. Cek Sistem Pengereman

Memeriksa sistem pengereman secara rutin adalah aspek penting dalam perawatan motor listrik.  Sistem pengereman yang buruk atau rusak dapat mengurangi kemampuan motor listrik untuk menghentikan kendaraan dengan cepat dan efektif, meningkatkan risiko kecelakaan.

8. Cek Tekanan Ban

Cek Tekanan Ban

Tips perawatan motor listrik yang terakhir adalah selalu cek tekanan ban. Tekanan ban yang tepat memainkan peran penting dalam keamanan berkendara. Ban yang kurang terisi atau overinflated dapat memengaruhi kendali, pengereman, dan stabilitas, meningkatkan risiko kecelakaan.

9. Gunakan Charger yang Orisinil

Gunakan selalu charger dan kabel bawaan atau beli komponen orisinal agar baterai motor listrik kamu tetap terjaga. Charger orisinal umumnya telah diuji oleh produsen untuk memastikan kesesuaian dan keamanan dalam penggunaan dengan motor listrik. Menggunakan charger yang tidak resmi dapat meningkatkan risiko kebakaran, korsleting, dan potensi kerusakan pada baterai.

10. Jangan Charge ketika Kondisi Baterai Panas

Jangan Charge ketika Kondisi Baterai Panas

Mengisi ulang baterai ketika baterai dalam kondisi panas dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai. Paparan berulang terhadap suhu tinggi dapat menyebabkan penurunan kapasitas dan umur pakai baterai secara signifikan.

Selain itu, pengisian baterai saat baterai panas juga dapat memengaruhi kinerja baterai selama pengisian. Hal ini mungkin akan memperlambat proses pengisian atau bahkan mengakibatkan baterai tidak merespons dengan baik.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Jenis Motor Listrik dan Harganya

Itulah 10 tips perawatan motor listrik yang dapat kamu lakukan. Jika kamu ingin membeli motor listrik, jangan lupa untuk memiliki asuransi motor terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Untuk melakukan pembelian asuransi motor, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Motor” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-motor
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Motor Listrik, Asuransi Motor, dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaim, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Motor, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu