ciri ciri anjing stress

Ketahui, 7 Ciri-Ciri Anjing Peliharaan Kamu Sedang Stress

Table of Contents

Apakah anjing kamu terlihat menunjukkan perilaku aneh yang tidak wajar seperti seperti menggeram, menggonggong, dan tidak bisa diam? Bisa jadi anjing peliharaan kamu sedang stres!

Seperti manusia, anjing juga dapat mengalami stres, lho. Ciri-ciri anjing yang mengalami stres dapat bervariasi dan tidak selalu sama. Sebagai pemilik anjing, kondisi ini tentu tidak boleh kamu diamkan.

Pasalnya, anjing peliharaan yang sedang stress juga bisa jadi pertkamu bahwa mereka sedang memiliki kondisi kesehatan yang tidak baik. Sebagai pemilik, tentu kamu harus mempelajari tkamu atau ciri-ciri anjing peliharaan sedang mengalami stres.

Lantas, apa saja ciri-cirinya? Simak artikel Igloo berikut.

Ciri-Ciri Anjing Stress

1. Menghindari Interaksi

Menghindari Interaksi

Anjing yang biasanya ramah dan suka berinteraksi dengan manusia atau hewan lain. Ketila sedang mengalami stres, mungkin mereka terlihat akan menghindari kontak atau menjadi lebih agresif terhadap lingkungan di sekitarnya.

2. Perubahan Pola Makan

Stres dapat mempengaruhi nafsu makan anjing. Mereka bisa makan lebih sedikit dari biasanya atau bahkan kehilangan selera makan sepenuhnya. 

Ciri lainnya adalah mereka terkena diare atau muntah-muntah tanpa sebab. Bisa jadi usus halus mereka mendadak kesulitan dalam mencerna makanan yang dikonsumsinya. 

3. Menunjukan Perilaku Aneh

Anjing yang stres mungkin menunjukkan perubahan dalam perilaku sehari-hari. Beberapa diantaranya adalah:

  • Menurunkan tubuh 
  • Menurunkan ekor
  • Memutar-mutarkn telinga
  • Terengah-engah
  • Memalingkan kepala ataupun menjauh
  • Menjilati bibir
  • Menggonggong
  • Mondar-mandir

Jika kamu merasa bahwa anjing peliharaan kamu mengalami perubahan perilaku seperti di atas, kemungkinan besar kalau mereka sedang mengalami stres.

4. Perubahan Tidur

Perubahan Tidur

Anjing yang stres bisa mengalami masalah tidur, seperti tidur lebih banyak dari biasanya atau, sebaliknya, kesulitan tidur dan terbangun secara teratur. Hal ini menyebabkan jam tidur yang berantakan pada mereka. 

5. Freezing 

Freezing” pada anjing merujuk pada respons diam atau tidak bergerak saat mereka merasa terancam atau tidak nyaman dalam situasi tertentu. Anjing mungkin tiba-tiba berhenti bergerak dan mematung di tempat.

Ketika mengalami freezing, tubuh anjing mungkin menjadi kaku dan tegang, dengan otot-otot tegang dan ekor mungkin ditekuk di antara kaki. Kondisi ini merupakan tanda peringatan bahwa anjing peliharaan kamu sangat stres sehingga mereka tidak dapat menangani situasinya.

6. Menunjukan Kegelisahan

Anjing yang stres bisa menunjukkan kecemasan berlebihan. Hal ini bisa dilihat ketika kamu meninggalkan rumah. Ciri-cirinya bisa termasuk menggonggong terus-menerus, menggigit benda, atau bahkan buang air kecil atau besar di dalam ruangan.

7. Mengabaikan Aktivitas yang Biasanya Dinikmati

Anjing adalah hewan yang memiliki energi tinggi dan sering terlibat dalam aktivitas fisik. Namun, anjing yang stres mungkin kehilangan minat pada aktivitas yang biasanya mereka nikmati, seperti bermain atau berjalan-jalan.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Anjing Kecil yang Cocok untuk Dijadikan Hewan Peliharaan

Cara Mengatasi Anjing Stres

Setelah mengetahui ciri-cirinya, berikut adalah cara mengatasi anjing yang mengalami stres:

1. Ciptakan Lingkungan yang Tenang

Menciptakan lingkungan yang tenang bagi anjing adalah penting untuk kesejahteraan mereka. Hal ini dapat membantu mereka mengurangi stres, kecemasan, dan masalah perilaku. 

Pastikan lingkungan dimana anjing peliharaan kamu berada bebas dari suara bising, situasi menakutkan, atau perubahan tiba-tiba yang dapat menyebabkan stres.

2. Penuhi Kebutuhan Fisik dan Mental 

Pastikan anjing kamu mendapatkan aktivitas fisik yang cukup sesuai dengan kebutuhannya. Kamu bisa mengatasinya dengan bermain game interaktif, berjalan-jalan, atau melatih keterampilan fisik mereka.

3. Recovery

Memberikan mereka waktu untuk pemulihan (recovery) sangat penting bagi anjing, terutama setelah mengalami pengalaman menakutkan yang menyebabkan stres. Berikan mereka tempat yang nyaman dan tenang untuk beristirahat, serta hindari interaksi yang berlebihan selama periode pemulihan.

Setiap anjing memiliki tingkat pemulihan yang berbeda. Berikan mereka waktu yang cukup untuk merasa lebih baik. Jangan memaksa mereka untuk beraktivitas atau berinteraksi jika mereka tidak siap.

4. Berkonsultasi dengan Dokter Hewan

Berkonsultasi dengan Dokter Hewan

Jika anjing terus menunjukkan tanda-tanda stres yang parah atau berkelanjutan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan. Mereka dapat memerika masalah kesehatan dan memberikan saran lebih lanjut.

5. Konsultasi dengan Ahli Perilaku Hewan

Selain dokter hewan, kamu juga bisa berkonsultasi ke ahli perilaku hewan atau etolog. Mereka bisa membantu kamu mengembangkan rencana yang lebih terarah untuk mengatasi stres anjing.

Baca Juga: Asuransi Hewan Peliharaan: Definisi, Jenis dan Manfaatnya

Penting untuk menjaga komunikasi dan hubungan positif dengan anjing ketika mereka sedang stres. Perhatikan ciri-cirinya, penuhi kebutuhan mereka dan berikan dukungan serta perawatan yang sesuai. 

Jika kamu merasa khawatir atau bingung tentang bagaimana memberikan pemulihan yang tepat, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli perilaku hewan untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Untuk memberikan perlindungan ekstra, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada anjing kesayanganmu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu