Jenis Anjing Kecil

8 Rekomendasi Jenis Anjing Kecil yang Cocok untuk Dijadikan Hewan Peliharaan

Table of Contents

Jenis anjing kecil memiliki karakteristik uniknya sendiri, termasuk tampilan fisik, sifat, dan kebutuhan perawatan. Mereka sering kali menjadi pilihan populer sebagai hewan peliharaan, terutama bagi mereka yang tinggal di apartemen atau memiliki rumah yang minimalis.

Jenis anjing kecil umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan ras anjing lainnya. Beberapa contoh ras anjing kecil yang populer termasuk Chihuahua, Pomeranian, Yorkshire Terrier, Pug, Shih Tzu, dan Poodle Miniature.

Ada banyak jenis anjing kecil yang bisa kamu pertimbangkan sebagai hewan peliharaan. Berikut adalah beberapa contoh ras anjing kecil yang populer.

Jenis Anjing Kecil yang Cocok Dijadikan Peliharaan

1. Chihuahua

Chihuahua

Chihuahua adalah jenis anjing asal Meksiko yang terkenal memiliki tubuh yang kecil dan kompak dengan kepala yang bulat. Warna bulu mereka dapat bervariasi, seperti cokelat, merah, hitam, putih, dan kombinasi warna lainnya.

Chihuahua memiliki potensi lebih mudah mengalami kelebihan berat badan. Jadi, ada baiknya kamu memberi mereka aktivitas fisik yang cukup dan memperhatikan asupan makanan mereka. 

Jika kamu sering keluar rumah, kamu tidak perlu khawatir untuk meninggalkannya sendiri di rumah. Hanya saja, kamu harus memastikan makanan dan minumannya tercukupi. 

2. Maltese

Maltese

Anjing Maltese, atau Maltese Terrier, adalah ras anjing kecil yang terkenal memiliki bulu panjang, lurus, dan berwarna putih. Jika kamu memutuskan untuk memelihara mereka, penting untuk memberi perhatian lebih untuk merawat bulu mereka. Hal ini dilakukan untuk menghindari gumpalan/kusut dan tetap menjaganya bersih.

3. Corgi

Corgi

Corgi, atau Pembroke Welsh Corgi adalah jenis anjing kecil terkenal dengan tubuh yang panjang dan kaki pendek. Mereka juga memiliki ciri khas seperti telinga tegak dan ekor yang dipotong.

Ada dua jenis Corgi, yaitu Pembroke Welsh Corgi dan Cardigan Welsh Corgi. Pembroke Corgi memiliki bulu yang lebih pendek dan polos, sedangkan Cardigan Corgi memiliki bulu yang lebih panjang dan berbagai warna.

Meskipun memiliki yang kaki pendek, Corgi adalah anjing yang aktif dan energik. Kamu bisa mengajaknya untuk melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan, bermain di taman, atau bermain flyball.

4. Pug

Pug

Anjing Pug memiliki kepala yang besar dan bulat dengan mata yang besar dan menonjol. Mereka memiliki hidung yang pesek, serta telinga yang jatuh ke bawah.

Pug memiliki mantel pendek yang mudah dirawat, tetapi mereka rentan terhadap kelebihan berat badan, jadi penting untuk memberi makan dengan porsi yang tepat dan tetap mengajak mereka untuk melakukan aktivitas fisik.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Kucing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

5. Pomeranian

Anjing Pomeranian adalah jenis anjing kecil yang terkenal dengan bulu tebal, dan memiliki wajah lucu. Bulu mereka memiliki banyak ragam dan pola.

Oleh karena itu, bulu tebal mereka membutuhkan perawatan rutin, seperti menyisirnya setiap hari untuk mencegah penggumpalan dan menghilangkan rontok bulu yang berlebihan. 

6. Shih Tzu

Konon, anjing Shih Tzu merupakan keturunan dari anjing kekaisaran di Tiongkok. Mereka terkenal dengan bulu panjang, wajah datar, dan ekor yang melengkung. Bulu mereka hadir dalam berbagai macam warna, termasuk putih, hitam, coklat, abu-abu, dan kombinasi warna lainnya.

Bulu mereka perlu disisir secara rutin untuk mencegah penggumpalan dan mengurangi kerontokan. Kamu juga bisa melakukan maintenance atau memotong sedikit  bulu mereka agar lebih mudah dirawat. 

8. French Bulldog

Bisa dibilang, French Bulldog adalah versi mini dari anjing Bulldog. Mereka memiliki tubuh yang kompak dengan dada lebar, kepala yang besar, dan telinga yang berdiri tegak.

Anjing French Bulldog tidak memerlukan banyak latihan fisik yang intens. Mereka lebih suka bermain dan berjalan-jalan saantai daripada aktivitas yang berlebihan.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Anjing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Itulah 8 rekomendasi jenis anjing kecil yang cocok untuk dijadikan peliharaan. Tentu saja, masih ada banyak ras lainnya yang bisa kamu pertimbangkan, tetapi daftar di atas adalah beberapa yang paling terkenal. 

Sebelum mengadopsinya, penting untuk mempelajari karakteristik anjing yang akan kamu pilih, serta menyesuaikan dengan gaya hidup dan budget kamu. Pastikan juga kamu telah siap untuk memberikan perawatan dan asuransi hewan peliharaan terbaik untuk anjing yang akan kamu pilih.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari asuransi mobil hingga asuransi sepeda motor, dan asuransi perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu