Daftar Tarif Tol Trans Jawa Ter-Update Tahun 2023

Daftar Tarif Tol Trans Jawa Ter-Update Tahun 2023

Table of Contents

Tol adalah sistem jalan berbayar di mana pengendara harus membayar tarif tertentu untuk dapat menggunakan jalan tol. Di Indonesia, jalan tol dikelola oleh PT Jasa Marga yang sudah berdiri sejak tahun 1978.

Jalan tol memiliki kualitas jalan yang lebih baik dan dilengkapi dengan fasilitas seperti jalur khusus, rest area, dan layanan darurat. Tidak heran mengapa pengendara akan dikenai tarif tol untuk menggunakannya. Tarif yang harus dibayar pengguna tersebut nantinya digunakan untuk membiayai pemeliharaan, pengembangan, dan operasional jalan tol.

Tarif tol dapat bervariasi tergantung pada jenis kendaraan, jarak perjalanan, dan wilayah geografis. Sistem pembayaran tol saat ini menggunakan E-Toll, yang memerlukan kartu elektronik seperti e-Toll Card atau e-Money Card.

Beberapa jalan tol di Indonesia meliputi Jakarta-Tangerang, Jakarta-Cikampek, Surabaya-Gresik, Tol Trans Jawa. Tol Trans Sumatera dan lain-lain. Pada artikel ini, Igloo akan memberikan kamu daftar tarif tol trans jawa paling update di tahun 2023.

Rute Jalur Tol Trans Jawa 2023 dan Tarifnya

Dilansir dari buku panduan “Mudik Aman Berkesan 2023”, yang dirilis Kominfo, berikut adalah daftar rute jalur tol Trans Jawa 2023, beserta tarifnya yang berlaku untuk kendaraan golongan I meliputi sedan, mobil jip, pick up atau truk kecil, dan bus:

– Tangerang-Merak: Rp44.000

– Jakarta-Tangerang: Rp8.000

– Jakarta Outer Ring Road: Rp16.000

– Jakarta-Cikampek: Rp20.000

– Cikopo Palimanan: Rp119.000

– Palimanan-Kanci: Rp12.500

– Kanci-Pejagan: Rp29.500

– Pejagan-Pemalang: Rp60.000

– Pemalang-Batang: Rp45.000

– Batang-Semarang (Kalikangkung): Rp86.000

– Semarang ABC: Rp5.500

– Semarang ABC-Solo: Rp75.500

– Solo-Ngawi: Rp104.500

– Ngawi-Kertosono: Rp91.000

– Kertosono-Mojokerto: Rp50.000

– Mojokerto-Surabaya: Rp39.000

– Mojokerto-Surabaya: Rp39.000

– Surabaya-Gempol:

    – Segmen Dupak-Waru: Rp5.000

    – Segmen Waru-Porong: Rp9.000

    – Segmen Porong-Gempol: Rp9.000

– Gempol-Pasuruan (Grati): Rp39.000

– Gempol IC-Pancaan: Rp13.000

– Pandaan-Malang: Rp35.500

– Pasuruan (Grati)-Probolinggo Timur: Rp30.000

Sementara informasi tarif tol Trans Jawa untuk golongan I dari Jakarta menuju Cirebon/ Semarang/ Yogyakarta/ Surabaya sebagai berikut:

– Jakarta (via Tol Japek) ke Cirebon (via GT Kanci): Rp151.500

– Jakarta (via Tol Japek) ke Semarang (via GT Kalikangkung): Rp377.500

– Jakarta (via Tol Japek) ke Solo/Yogyakarta (via GT Colomadu): Rp453.500

– Jakarta (via Tol Japek) ke Surabaya (via GT Warugunung): Rp737.000

Cara Cek Jalur Tol Trans Jawa 2023 Online

Untuk memudahkan kamu dalam memiliki rute perjalanan, kamu bisa mengecek jalur tol Trans Jawa 2023 secara online. Berikut adalah caranya:

1. Buka website Jasa Marga di https://www.jasamarga.com/

2. Klik ‘Trans Jawa Toll Road’ pada menu ‘Regional dan Subholding Jasa Marga’

3. Informasi peta jalur via tol Trans Jawa yang dipilih akan otomatis ditampilkan

Cara Cek Tarif Tol Trans Jawa 2023 Online

Selain cek rute, kamu juga bisa mengecek tarif tol di Indonesia secara online melalui website resmi BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol). Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka website BPJT di alamat https://bpjt.pu.go.id/

2. Klik opsi ‘Tarif Tol’ lalu ‘Cek Tarif Tol’ pada menu di pojok kanan atas

3. Masukkan ruas jalan tol yang ingin dicari serta informasi gerbang masuk, gerbang keluar, dan golongan kendaraan yang digunakan

4. Informasi tarif tol akan secara otomatis ditampilkan

Selain melalui website resmi BJT, kamu juga bisa cek tarif tol menggunakan aplikasi Google Maps. berikut adalah cara-caranya:

1. Aktifkan informasi ‘Tarif Tol’ pada menu ‘Setelan/Settings’ 

2. Lalu klik ‘Navigation Setting/Setelan Navigasi’ 

3. Selanjutnya, masukkan lokasi saat ini dan lokasi tujuan di Google Maps, pastikan kamu sudah memilih jenis kendaraan mobil karena estimasi tarif tol berdasarkan jenis kendaraan di Google Maps

4. Setelahnya, Google Maps akan menginformasikan tarif tol yang perlu disiapkan

Tips Persiapan Perjalanan Jauh dengan Mobil

Jika kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil,  ikuti delapan tips persiapan perjalanan jauh dengan mobil berikut agar kamu semakin nyaman dalam mengemudi selama perjalanan.

1. Lakukan Perawatan Rutin Kendaraan Sebelum Berangkat

Melakukan perawatan rutin sebelum perjalanan jauh merupakan salah satu hal krusial yang harus diperhatikan. Pasalnya, perawatan rutin dapat memastikan bahwa mobil kamu berfungsi dengan baik dan aman untuk dikendarai. 

2. Persiapkan Dokumen Kendaraan 

Membawa dokumen kendaraan sangat penting ketika kamu mengemudi, terutama saat perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan dokumen tersebut dapat membantu kamu menghindari masalah hukum dan administratif. 

3. Pastikan Kamu Memiliki GPS

Ketika kamu belum pernah berkendara ke kampung halaman, pastikan kamu memiliki GPS yang sudah tertanam di dalam smartphone. Penggunaan GPS dapat membantu kamu menemukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan.

Kamu dapat memasukkan alamat tujuan ke dalam GPS, dan GPS akan menunjukkan rute tercepat dan terbaik untuk sampai ke tujuan. Aplikasi seperti Google Maps atau Waze sudah cukup akurat, sehingga dapat meminimalkan risiko tersesat atau salah arah ketika melakukan perjalanan jauh.

4. Pastikan Membawa Makanan dan Minuman yang Cukup 

Ketika kamu melakukan perjalanan jarak jauh, kamu mungkin tidak memiliki akses ke tempat makan atau minum. Oleh karena itu, membawa makanan dan minuman di mobil dapat menjadi hal yang sangat penting. 

5. Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang Bawaan

Ada baiknya untuk tidak membawa terlalu banyak barang bawaan di mobil saat perjalanan jauh. Membawa barang berlebihan di mobil dapat mempengaruhi stabilitas mobil dan mengganggu kenyamanan selama perjalanan.

6. Selalu Perhatikan Kondisi Cuaca 

Penting untuk memperhatikan cuaca saat perjalanan jauh dengan mobil. Cuaca dapat mempengaruhi kondisi jalan dan kemampuan mobil untuk dikendalikan. Tidak memperhatikan cuaca saat mengemudi dapat berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan.

7. Ketahui Titik Rest Area

Mengemudi terus-menerus dalam jarak yang lama dapat menyebabkan kelelahan, mengantuk, atau bahkan kejadian microsleep yang berbahaya saat berkendara. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui titik rest area dalam rute perjalanan kamu.

Dengan berhenti di rest area, kamu dapat beristirahat dan kembali memulai perjalanan dengan kondisi tubuh dan pikiran yang segar. Rest area juga memungkinkan kamu untuk membeli makanan dan minuman.

8. Bawa Bantal dan Selimut

Membawa bantal dan selimut di mobil dapat menjadi sangat berguna dalam perjalanan jauh. Membawa bantal dan selimut dapat digunakan untuk istirahat di jalan, tidur di dalam mobil saat perjalanan, atau untuk menghadapi cuaca dingin di jalan.

Kamu juga mungkin terjebak dalam keadaan tak terduga di jalan, seperti terjebak di jalan yang macet. Dalam situasi seperti ini, bantal dan selimut dapat membuat kamu lebih nyaman saat menunggu jalanan lancar kembali.

Itulah daftar tarif tol Trans Jawa paling update di Tahun 2023. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan saldo dari kartu pembayaran elektronik kamu cukup agar perjalananmu lancar tidak ada hambatan.

Sebagai rekomendasi, kamu dapat menggunakan asuransi kendaraan terbaik yang akan memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu