biaya grooming kucing

Penasaran dengan Biaya Grooming Kucing? Simak Artikel Berikut

Table of Contents

Grooming kucing di rumah bisa menjadi cara yang efektif untuk menjaga kucing tetap bersih, sehat, dan cantik. Namun, jika kamu sedang tidak mood, kamu bisa pergi ke petshop terdekat untuk mendapatkan treatment terbaik untuk kucing kamu.

Kucing sering dianggap hewan yang mandiri. Dalam hal kebersihan, mereka biasa menjilat dirinya sendiri agar bulunya tetap bersih dan sehat. Walaupun begitu, kebiasaan menjilat tersebut tidak sepenuhnya membersihkan tubuhnya dan dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, sebagai pemilik kucing yang bertanggung jawab, kamu juga harus melakukan grooming. Tidak hanya membersihkan secara menyeluruh, grooming juga menawarkan sejumlah manfaat lainnya. Penasaran? Yuk, simak artikel Igloo berikut untuk mengetahui manfaat dan biaya grooming kucing di Indonesia.

Manfaat Grooming Kucing

Manfaat Grooming Kucing

Sebelum kita melihat biaya grooming kucing, ada baiknya mengapa kamu harus menjaga kebersihan kucing kesayangan kamu.

Menjaga Kesehatan Kucing

Grooming dapat membantu menjaga kesehatan keseluruhan kucing. Grooming dapat membantu menjaga bulu kucing tetap sehat dan bebas dari kotoran, debu, dan kusam. Hal ini dapat mencegah munculnya masalah kulit seperti ketombe, infeksi, dan rambut rontok yang berlebihan.

Selain itu, grooming juga dapat membantu mencegah infeksi telinga pada kucing. Membersihkan telinga kucing secara teratur dapat mencegah penumpukan kotoran dan kuman yang dapat menyebabkan infeksi.

Saat grooming, kamu dapat memeriksa kesehatan kulit dan kuku kucing. Hal ini dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan seperti luka, bengkak, atau tumbuhannya di kuku kucing dan segera mengobatinya.

Mencegah Kucing Stres

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, kucing dapat mudah stres karena berbagai faktor, seperti perubahan lingkungan, kehadiran hewan peliharaan atau anak kecil di sekitarnya, atau kurangnya stimulasi mental dan fisik. Membersihkan kucing akan membuatnya merasa lebih nyaman dan bahagia. 

Mengurangi Risiko Bola Bulu

Saat menjilat bulu, kucing akan menelan bulu-bulu yang rontok dan terkadang bulu tersebut tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan kucing. Jika tidak diantisipasi dengan grooming, bulu-bulu tersebut tidak dapat dicerna dan akan membentuk bola bulu atau hairball di dalam perut kucing.

Jika kucing kamu mengalami gejala seperti muntah, lelah, kurang nafsu makan, dan sembelit bisa saja ada bola bulu dalam perut kucing. Jika tidak dikeluarkan, obstruksi usus bisa saja terjadi dan dapat membahayakan kucing. Melakukan grooming secara teratur dapat mencegah bola bulu ini. 

Baca Juga: Biaya Vaksin Kucing Sesuai dengan Usia dan Jenisnya

Memperkuat Ikatan Antara Pemilik dan Kucing

Memperkuat Ikatan Antara Pemilik dan Kucing

Menciptakan interaksi yang baik dan tepat dengan kucing, kamu dapat membangun hubungan yang kuat dan saling percaya dengannya. Salah satu untuk memperkuat ikatannya adalah dengan grooming.

Membantu Memantau Kesehatan Kucing 

Selain membersihkan, grooming juga dapat memantau kesehatan kucing dan memperhatikan apakah ada tanda-tanda masalah kesehatan pada kucing. Hal ini dapat membantu dalam mendeteksi masalah kesehatan secepat mungkin dan memperoleh pengobatan yang tepat.

Mengatasi Ektoparasit

Ektoparasit pada kucing adalah organisme kecil yang hidup di luar tubuh kucing dan memakan darah atau jaringan tubuh kucing. Beberapa jenis ektoparasit pada kucing antara lain adalah kutu, caplak, dan tungau telinga.

Kamu dapat melakukan grooming secara teratur dan memeriksa kucing secara teratur untuk menemukan tanda-tanda keberadaan ektoparasit. Namun, jika kucing memiliki masalah ektoparasit yang parah, segera bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Mencegah Iritasi Kulit

Jika kucing kamu sering gatal-gatal dan menggaruk kulitnya, bisa jadi kucing kamu yang mengalami iritasi kulit. Selain itu kucing yang terkena iritasi kulit dapat mengembangkan ruam, bercak, lecet pada kulit, serta bulu-bulu yang rontok.

Tentu saja, kamu dapat mencegahnya dengan memeriksa kucing secara teratur dan melakukan grooming di petshop.

Biaya Grooming Kucing

Biaya Grooming Kucing

Harga grooming kucing dapat bervariasi tergantung pada lokasi, jenis layanan yang diberikan, ukuran kucing, dan tingkat kebutuhan perawatan kucing. Namun, sebagai gambaran kasar di Indonesia, harga grooming kucing berkisar antara Rp50.000 hingga Rp325.000.

Berikut adalah perkiraan biaya grooming kucing di Indonesia:

  • Kategori mandi biasa untuk kucing kecil dan kucing besar, mulai dari Rp50.000 hingga Rp120.000
  • Kategori mandi anti kutu kucing kecil dan kucing besar, biaya yang diperlukan mulai dari Rp75.000 hingga  Rp150.000
  • Kategori mandi anti jamur dengan ukuran kucing kecil dan kucing besar, mulai dari Rp75.000 hingga Rp150.000
  • Kategori mandi kombinasi biayanya mulai dari Rp100.000 hingga Rp200.000
  • Biaya kategori mandi maintenance, yaitu Rp200.000 untuk kucing kecil dan Rp325.000 untuk kucing besar

Biaya di atas hanyalah perkiraan dan bisa lebih tergantung pada faktor-faktor lainnya. Kamu harus tetap melakukan pengecekan harga dengan penyedia layanan grooming kucing atau petshop di daerah kamu untuk informasi yang lebih akurat.

Baca Juga: Biaya Steril Kucing dan Syarat yang Harus Diperhatikan

Penting untuk mengamati kulit dan bulu kucing untuk memastikan tidak ada tanda-tanda infeksi atau masalah kesehatan lainnya. Melakukan grooming merupakan salah satu tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Agar kucing kamu semakin terlindungi, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dan dapatkan manfaatnya!

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari asuransi mobil hingga asuransi sepeda motor, dan asuransi perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu