Ketahui Penyebab dan Obat Alami Anjing Mencret

obat alami anjing mencret
Table of Contents

Apakah kamu tahu bahwa, diare atau mencret merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada anjing? Sebagai pemilik, tentu kamu harus mengetahui penyebab dan obat alami anjing mencret atau diare untuk memberikan penanganan yang tepat.

Biasanya, anjing yang mengalami mencret atau diare disebabkan oleh kesalahan pola makan atau tidak sengaja mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Tidak hanya itu, faktor-faktor seperti stres atau perubahan lingkungan juga dapat membuat anjing peliharaan kamu diare, lho.

Jika kamu belum sempat ke dokter hewan, berikut Igloo akan memberikan 7 obat alami untuk anjing mencret yang bisa diberikan di rumah.

Penyebab Anjing Mencret

1. Salah Mengonsumsi Makanan 

obat alami anjing mencret

Penyebab pertama mengapa anjing peliharaan kamu bisa mencret adalah makanan. Tanpa sepengetahuan kamu, mereka bisa saja memakan sampah atau kotoran. Selain itu, alergi terhadap makanan tertentu dan perubahan jenis makanan juga bisa menjadi penyebabnya.

2. Infeksi Usus

Ada beberapa virus, bakteri, atau cacing yang dapat menginfeksi tubuh anjing. Pada akhirnya, infeksi tersebut dapat menyebabkan diare. Infeksi yang biasanya menyebabkan diare adalah parvovirus, salmonella, dan campylobacter.

3. Penyakit Lain

obat alami anjing mencret
Ill dog wearing a pet collar

Jika anjing kamu juga bisa mengalami diare dikarenakan kondisi medis tertentu. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan diare antara lain adalah gastroenteritis hemoragik, kolitis, inflammatory bowel disease (IBD), penyumbatan usus, pankreatitis, dan penyakit hati.

Ciri-Ciri Anjing yang Mengalami Mencret

Ciri-ciri yang dapat menunjukkan bahwa anjing mengalami mencret antara lain adalah:

  • Tinja menjadi lebih lunak atau cair daripada biasanya
  • Frekuensi Buang Air Besar yang Tinggi
  • Ketidakmampuan Mengendalikan Buang Air Besar
  • Tinja Berdarah
  • Nafsu Makan MenurunLemas atau Lesu
  • Muntah
  • Dehidrasi

Jika anjing peliharaan kamu mengalami ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas, penting untuk segera melakukan tindakan untuk menyembuhkannya. Jika dibiarkan, kemungkinan besar anjing akan mengalami masalah kesehatan yang lebih serius dan memerlukan perhatian segera dari dokter hewan.

Obat Alami Anjing Mencret

Berikut adalah beberapa obat alami anjing mencret yang bisa meredakan diare anjing peliharaan kamu.

1. Puasa

Obat alami anjing mencret yang pertama adalah puasa. Puasa dapat membantu sistem pencernaan anjing pulih. Selama puasa, pencernaan mereka diberi waktu untuk istirahat. Disarankan untuk mempuasakan anjing peliharaan kamu selama 12-24 jam dan 12 jam untuk anjing yang masih berusia dini (puppy)

2. Biarkan Anjing Beristirahat

Ketika mencret atau diare, penting untuk tidak mengajaknya beraktivitas berat. Kamu harus memberinya waktu istirahat agar proses pemulihan semakin cepat.

3. Berikan Air Putih yang Cukup 

Obat alami anjing mencret lainnya adalah air putih yang cukup. Diare dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh dan dehidrasi. Oleh karena itu, Pastikan selalu menyediakan air minum segar yang bersih dan mudah diakses untuk anjing peliharaan kamu. 

4. Beri Cairan Oralit

Oralit adalah larutan elektrolit yang dapat digunakan untuk mengatasi dehidrasi pada anjing yang mengalami diare. Cairan oralit untuk anjing peliharaan bisa dibuat dengan mencampur 900ml air bersih dengan 1 sendok teh garam dan 1 sendok makan gula.

5. Berikan Makanan Lunak  

Makanan yang lunak juga menjadi salah satu obat alami anjing mencret. Setelah kondisi anjing sudah membaik, kamu bisa memberi mereka makanan lunak dengan porsi dan intensitas yang sedikit. Hal ini dilakukan agar anjing terbiasa memproses makanan kembali.

6. Beri Makanan Prebiotik

Selain makanan lunak, obat alami anjing mencret selanjutnya adalah makanan prebiotik seperti yoghurt. Pastikan yoghurt yang kamu berikan tidak mengandung gula tambahan atau pemanis buatan.

7. Obat Cacing

Infeksi cacing pada anjing dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak diatasi dengan tepat, salah satunya adalah diare. Namun, sebelum memberikan obat cacing kepada anjing, pentung untuk konsultasi dengan dokter hewan agar mendapatkan obat cacing yang tepat.

8. Obat Diare

Terakhir, kamu bisa memberikan obat diare yang sudah direkomendasikan dokter hewan. Obat-obatan yang terkenal memiliki sifat anti inflamasi untuk saluran pencernaan antara lain adalah metronidazole dan tylosin. 

Cara Membeli Asuransi Hewan Peliharaan di Igloo

Itulah 7 obat alami anjing mencret yang bisa diberikan di rumah. Jika diare berlangsung terlalu lama, memburuk sampai membuat anjing dehidrasi, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Untuk memberikan perlindungan ekstra, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada anjing kesayanganmu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, Igloo juga memiliki berbagai produk asuransi lain yang layak dipertimbangkan seperti asuransi kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari asuransi mobil hingga asuransi sepeda motor, dan asuransi perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu. 

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu