fungsi relay pada motor

8 Fungsi Relay Pada Motor, Mengatur Arus Listrik

Table of Contents

Relay adalah suatu komponen elektrikal pada kendaraan motor yang umumnya masih jarang diketahui oleh sebagian banyak orang. Umumnya, fungsi relay pada motor ini adalah untuk  untuk mengontrol arus listrik ke berbagai komponen sistem elektrik.

Tanpa relay, komponen-komponen elektrik seperti lampu atau klakson tidak akan menyala. Jadi, relay pada sepeda motor sangat penting untuk menjaga sistem listrik berfungsi dengan baik dan untuk melindungi komponen elektronik dari kerusakan yang tidak diinginkan. 

Untuk lebih lengkapnya, kali ini Igloo akan memberikan 8 fungsi relay pada motor yang sering diabaikan.

Fungsi Relay pada Motor

1. Relay Starter

fungsi relay pada motor

Funsgi relapy pada motor yang pertama adalah menghidupkan mesin. Relay starter adalah salah satu jenis relay paling penting pada sepeda motor. Ketika kamu menekan tombol starter, relay starter menerima sinyal listrik dari saklar starter dan menghubungkan arus listrik dari baterai ke starter motor.

Jika relay starter bermasalah, motor akan sulit untuk dihidupkan melalui elektrik starter dan kamu harus menggunakan kick starter jika ada. Jadi, jika kamu mengalami masalah saat mencoba menyalakan motor, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada relay starter.

2. Melindungi Saklar

Fungsi relay pada motor lainnya adalah membantu melindungi saklar motor dan komponen lain dalam sistem listrik kendaraan dari kerusakan akibat arus berlebih dan pemutusan arus listrik yang berulang-ulang. 

Ketika relay menangani arus tinggi, saklar motor tidak harus terus-menerus menangani beban berat. Hal ini dapat membantu memperpanjang umur saklar motor karena tidak terlalu terpapar arus tinggi yang dapat menyebabkan keausan atau kerusakan.

3. Menghubungkan atau Memutuskan Aliran Listrik dengan Cepat 

Fungsi relay pada motor selanjutnya adalah sebagai sakelar elektromagnetik yang dapat menghubungkan atau memutuskan aliran listrik dengan cepat sebagai respons terhadap sinyal listrik yang diterimanya. 

Fungsinya adalah untuk mengendalikan aliran listrik dengan segera, sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh sinyal listrik yang diterimanya. Ketika relay menerima sinyal listrik yang mengaktifkannya, ia akan segera menghubungkan atau memutuskan aliran listrik sesuai kebutuhan.

4. Pengelola Tegangan Tinggi

Mengatur arus listrik merupakan salah satu fungsi relay pada motor. Relay dapat mengatur tegangan tinggi pada komponen-komponen listrik pada motor. Relay dapat mengatur arus listrik dengan bantuan sinyal tegangan rendah. Adanya relay ini membuat tegangan di satu komponen tertentu dapat diamankan.

5. Mencegah Konsleting

Penggunaan relay dalam sistem listrik dapat membantu dalam mencegah konsleting, sekaligus melindungi motor serta komponen listrik lainnya. Relay dapat menghubungkan atau memutuskan aliran listrik sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh sinyal listrik. 

Jika relay mendeteksi kelebihan arus atau gangguan pada sistem listrik yang dapat menyebabkan konsleting atau bahaya lainnya, relay dapat memutuskan aliran listrik dengan cepat untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

6. Mengalirkan Listrik pada Komponen Tertentu

Fungsi relay pada motor lainnya adalah menghubungkan aliran listrik ke motor ketika motor tersebut harus dinyalakan. Seperti contoh, relay starter akan menghubungkan arus listrik dari baterai ke starter motor ketika kamu menekan tombol starter untuk menyalakan mesin.

7. Kunci Pengaman

Relay memilik fungsi untuk mencegah kerusakan pada motor. Relay tidak mencegah kerusakan secara langsung, tetapi relay dapat membantu melindungi komponen kendaraan dan mencegah kerusakan dengan mengatur aliran listrik dengan aman.

8. Memperpanjang Umur Aki

Jika kamu ingin memodifikasi perangkat motor dengan konsumsi daya yang lebih besar, kamu harus memiliki relay tambahan untuk mengontrol perangkat tersebut. Jika tidak diberi relay, perangkat tambahan tersebut akan mengakibatkan aki cepat tekor.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

Itu dia 8 fungsi relay pada motor yang perlu kamu ketahui. Secara keseluruhan, relay memiliki peran penting untuk menjaga sistem listrik berfungsi dengan baik dan untuk melindungi komponen elektronik dari yang tidak diinginkan. 

Jika kamu mengalami masalah listrik pada motor, relay adalah salah satu komponen yang mungkin perlu diperiksa atau diganti. Agar kendaraan kamu semakin terlindungi, jangan lupa untuk memiliki asuransi kendaraan terbaik untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Memiliki asuransi kendaraan kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup kecelakaan, biaya perbaikan, risiko kehilangan kendaraan, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi kendaraan adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Meskipun sudah terlindungi asuransi, kamu harus tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan kendaraan yang umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu