cara membersihkan hidung kucing

3 Cara Membersihkan Hidung Kucing yang Bisa Dilakukan di Rumah

Table of Contents

Kucing memiliki penciuman yang sangat tajam dan menggunakan hidung mereka untuk mendeteksi bau dan aroma. Sebagai pemilik, penting untuk mengetahui cara membersihkan hidung kucing. Hidung kucing harus selalu bersih agar mereka bisa menghirup udara dengan lancar tanpa hambatan. 

Jika hidung mereka kotor, hal ini bisa menimbulkan gejala seperti bersin-bersin atau kesulitan bernapas. Pada hidung kucing yang kotor, biasanya terdapat warna kerak hitam di bagian pinggir atau mengelilingi lubang hidung.

Jika kamu melihat hidung kucing kamu kotor, berikut ini Igloo akan memberi tahu cara membersihkan hidung kucing yang mudah dilakukan.

Penyebab Hidung Kucing Kotor

Penyebab Hidung Kucing Kotor

Sebelum mengetahui cara membersihkan hidung kucing, ada baiknya untuk mengetahui penyebab mengapa hidung kucing peliharaan kamu bisa kotor.

1. Penyakit Menular

Penyebab hidung kucing kotor berkerak yang pertama menderita penyakit menular seperti terkena infeksi rhinotracheitis, reovirus atau calicivirus. Berikut adalah penjelasannya:

  • Rhinotracheitis: Infeksi rhinotracheitis disebabkan oleh virus Feline Herpesvirus 1 (FHV-1). Virus ini sangat menular di antara kucing dan menyebar melalui kontak langsung dengan lendir atau cairan dari kucing yang terinfeksi.
  • Reovirus: Infeksi reovirus lebih sering terlihat pada anak kucing atau kucing dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. 
  • Calicivirus: Infeksi adalah salah satu penyakit pernapasan paling umum pada kucing dan dapat memengaruhi saluran pernapasan, mulut, dan kaki kucing.

Beberapa gejala umum dari ketiga virus tersebut antara lain adalah:

  • Demam
  • Bersin-bersin
  • Hidung beringus atau tersumbat
  • Mata yang berair atau bernanah
  • Lesu
  • Kehilangan nafsu makan

2. Cedera atau Bekas Luka

Cara Membersihkan Hidung Kucing

Kucing yang terluka di daerah hidungnya dapat mengalami penyembuhan luka yang menghasilkan kerak. Hal ini bisa terjadi karena berkelahi, terjatuh, maupun menggaruk hidungnya secara berlebihan.

3. Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti jamur kulit, dapat menyebabkan berbagai masalah kulit pada kucing. Gejala yang dialaminya antara lain adalah kerak, sisik, atau kulit kering di sekitar hidung kucing. Kucing mungkin mengalami gatal pada area yang terinfeksi, yang dapat membuatnya mencoba menggaruk atau menjilat hidungnya. Hal ini tentu akan membuat hidungnya terlihat lebih kotor.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, Ini 5 Hewan Peliharaan yang Tidak Bau

Cara Membersihkan Hidung Kucing

Membersihkan hidung kucing harus dilakukan dengan hati-hati dan lembut. Hal ini dikarenakan hidung kucing yang sangat sensitif. Sebagai panduan, berikut adalah cara membersihkan hidung kucing yang dapat kamu lakukan di rumah:

1. Kapas Lembut

Kapas Lembut

Cara membersihkan hidung kucing yang pertama adalah dengan menggunakan kapas lembut. Pastikan kamu memiliki kapas yang lembut dan bersih. Kucing peliharaan kamu juga harus berada dalam posisi yang nyaman dan tenang.

Pastikan kapas tersebut cukup basah, kamu bisa memberinya sedikit air hangat. Setelah itu, bersihkan bagian yang terdapat kerak di sekitar hidung kucing dengan cara mengusapnya. Hindari memasukkan kapas ke dalam lubang hidung, ya.

2. Cotton Bud

Cotton bud dapat digunakan untuk membersihkan kerak yang menempel di sekitar hidung kucing. Pastikan untuk tidak memasukkan cotton bud terlalu dalam ke dalam hidung, karena dapat mendorong kotoran lebih dalam atau membuatnya kesakitan.

3. Air Hangat

Air hangat bisa kamu gunakan jika terdapat kerak hitam yang berasal dari darah yang mengering. Cara ini akan melembutkan kulit, sehingga tidak terjadi penyumbatan pernafasan si kucing.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Hewan Peliharaan Biar Makin Nyaman

Perlu diketahui bahwa warna dari hidung kucing bisa berubah. Jadi sebagai pemilik, kamu tidak perlu kaget jika suatu hari warna hidung kucing peliharaan kamu berbeda dari sebelumnya. Terkadang, kucing bisa memiliki bintik-bintik putih atau hitam pada hidung mereka, yang mungkin merupakan tanda-tanda pigmentasi alami. 

Namun, jika perubahan warna yang kamu lihat terlihat mencurigakan, ada baiknya untuk  diperiksa oleh dokter hewan. Terutama jika hidung kucing tiba-tiba mengalami perubahan warna menjadi pucat atau biru, ini bisa menjadi tanda masalah sirkulasi atau masalah pernapasan yang serius.

Itulah cara membersihkan hidung kucing yang bisa kamu lakukan di rumah. Ingat, merawat kucing peliharaan adalah bagian penting dari kesehatan dan kenyamanan mereka. Walaupun mereka bisa membersihkan dirinya secara mandiri, dalam situasi tertentu mereka masih memerlukan bantuan manusia untuk membersihkan bagian tubuh yang tidak dapat dijangkau.

Apabila cara yang sudah disebutkan diatas sudah dilakukan dan hidung kucing belum kunjung bersih, ada baiknya untuk membawanya ke jasa grooming agar mendapatkan perawatan yang terbaik untuk kucing kesayangan kamu.

Untuk memberikan perlindungan ekstra, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada anjing kesayanganmu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu