biaya vaksin kucing

Biaya Vaksin Kucing Sesuai dengan Usia dan Jenisnya

Table of Contents

Salah satu hewan peliharaan yang paling banyak diminati adalah kucing. Ketika kamu memutuskan untuk memelihara kucing tentunya kamu harus sudah siap dengan berbagai biaya perawatan yang harus kamu keluarkan termasuk salah satunya adalah biaya vaksin kucing.

Memberikan vaksin pada kucing dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing agar kucing kamu terhindar dari paparan virus dan juga penyakit yang dapat membahayakan nyawanya. Memberikan vaksin kucing juga tidak boleh sembarangan, kamu harus memperhatikan usia dan juga jenis vaksin yang tepat.

Bagaimana menentukan usia dan jenis vaksin yang tepat serta berapa biaya vaksin kucing yang perlu kamu persiapkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak informasi dari Igloo berikut ini.

Kapan Pemberian Vaksin Kucing Dilakukan 

Kapan Pemberian Vaksin Kucing Dilakukan 

Informasi pertama tentang vaksin kucing yang perlu kamu ketahui adalah kapan waktu yang tepat bagi kamu untuk memberikan vaksin pada kucing kesayangan kamu. 

Hal yang perlu kamu ketahui pada tahap ini adalah vaksin kucing tidak bisa diberikan secara sekaligus melainkan melalui tiga tahap sesuai dengan rentan umur kucing kamu. Berikut adalah rentang waktu untuk pemberian vaksin kucing yang tepat 

  1. Vaksin pertama pada usia 8 sampai 10 minggu
  2. Vaksin kedua pada usia 12 sampai 14 minggu
  3. Vaksin ketiga atau yang terakhir pada usia 20 minggu

Melalui rentan waktu pemberian vaksin tersebut, kamu nantinya dapat memilih menggunakan jenis vaksin seperti apa untuk kucing kamu. Tentunya biaya vaksin kucing ini nantinya akan menyesuaikan dengan jenis vaksin yang kamu pilih pada kucing kesayangan kamu.

Hal penting lainnya yang perlu kamu ketahui adalah setelah kucing diberikan vaksin, sebaiknya hindari kucing untuk bermain dengan kucing lainnya agar vaksin dapat bekerja dengan maksimal dan agar kucing kamu terhindar dari kucing yang mungkin terinfeksi virus tertentu.

Baca Juga: 5 Panduan Cara Memandikan Kucing yang Mudah Diikuti

Jenis dan Biaya Vaksin Kucing

Jenis dan Biaya Vaksin Kucing

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan vaksin pada kucing kesayangan kamu, informasi berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah jenis dan juga biaya vaksin kucing yang perlu kamu keluarkan.

Untuk jenis vaksin kucing terbagi menjadi tiga jenis yaitu vaksin tricat, vaksin tetracat dan juga vaksin rabies. 

Untuk jenis vaksin tricat dan vaksin tetracat, diberikan pada tahap pertama dan kedua, kamu dapat memilih salah satu dari kedua jenis vaksin tersebut. Sementara untuk vaksin rabies diberikan pada tahap vaksin yang ketiga.

Untuk vaksin tricat akan melindungi kucing kamu dari penyakit feline panleukopenia, feline rhinotracheitis, dan feline calicivirus.

Feline panleukopenia adalah penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan kucing sehingga jika kucing kamu terkena penyakit ini akan menyebabkan kucing kamu kehilangan nafsu makan, muntah, dan diare. 

Feline rhinotracheitis adalah penyakit yang dapat mengganggu sistem pernapasan pada kucing.

Feline calicivirus adalah penyakit yang juga dapat mengganggu sistem pernapasan dan ditandai dengan memunculkan bercak merah di mulut serta sariawan. 

Untuk vaksin tetracat, akan memberikan perlindungan dari beberapa penyakit yang ada pada vaksin tricat, namun untuk vaksin tetracat memiliki kemampuan lebih untuk melindungi kucing kamu dari virus chlamydia

Infeksi virus chlamydia dapat menyerang saluran pernapasan pada kucing dan menyebabkan munculnya gangguan konjungtivitis pada kucing kamu, yaitu seperti mata berair, mata merah, atau mata belekan. Virus chlamydia ini juga termasuk virus yang bisa menular dan akan sangat berbahaya.

Jenis vaksin kucing yang terakhir adalah vaksin dari penyakit rabies. Penyakit rabies ini sangat identik dengan anjing, namun ternyata kucing juga dapat terkena penyakit rabies. 

Penyakit rabies ini merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf dan otak serta mudah menular antara satu hewan dengan hewan yang lainnya melalui gigitan.

Setelah mengetahui jenis-jenis vaksin yang harus diberikan serta manfaatnya, berikut ini adalah kisaran harga dari masing-masing jenis vaksin tersebut.

Baca Juga: Asuransi Hewan Peliharaan: Definisi, Jenis dan Manfaatnya

Itulah beberapa informasi tentang vaksin kucing yang perlu kamu ketahui mulai dari kapan pemberian vaksin kucing yang tepat, jenis-jenis vaksin kuncing dan juga biaya vaksi kucing yang perlu kamu persiapkan.

Memberikan vaksin kucing merupakan salah satu langkah untuk melindungi hewan perliharaan kesayangan kamu, namun vaksin saja belum cukup. 

Cara paling tepat untuk meliindungi hewan peliharaan kesayangan kamu adalah dengan menggunakan asuransi hewan peliharaan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kamu.

Selain vaksin hewan, hal lain yang kamu perlukan untuk melindungi kucing kesayangan kamu adalah asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo. Asuransi hewan peliharaan akan memberikan banyak manfaat bagi kamu dan akan melindungi kucing kesayangan kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, Igloo juga memiliki berbagai produk asuransi lain yang layak dipertimbangkan seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu. 

Semoga informasi dari Igloo tentang vaksin kucing kali ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu