Fenomena Unik di Media Sosial: Hewan Peliharaan jadi Petfluencer, Sudah Pernah Dengar?

Hewan Peliharaan jadi Petfluencer
Table of Contents

Hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing merupakan jenis yang paling banyak dipelihara di rumah. Bahkan jumlah pemeliharanya semakin meningkat dari tahun ke tahun, meskipun belum ada data resmi yang melaporkannya. Hanya saja melihat banyaknya konten hewan peliharaan sosial media menjadi salah satu parameternya.

Ramainya konten hewan peliharaan seperti kucing dan anjing melahirkan fenomena unik lahirnya petfluencer. Jika biasanya kamu mengenal istilah influencer sebagai orang yang berpengaruh di dunia digital, sekarang hal tersebut bukan lagi hanya berlaku pada manusia. Karena sudah ada petfluencer yang kontennya menghibur warna media sosial.  

Fenomena Unik di Media Sosial dan Dampaknya pada Industri Hewan Peliharaan

Petfluencer adalah sebuah istilah yang tersematkan pada hewan peliharaan yang mempunyai akun media sosial pribadi. Dan tingkah laku mereka ini bisa mempengaruhi followers mereka, baik itu konten lucu, sedih, menggemaskan bahkan konten informatif.

Para pengikut hewan peliharaan biasanya tertarik dengan kehidupan sehari-hari dari hewan tersebut. Selain itu kepribadiannya dan aktivitas kesehariannya. Adapun beberapa hewan peliharaan yang menjadi petfluencer yaitu anjing, kucing dan masih banyak hewan peliharaan lainnya.

Fenomena ini berawal dari pemilik hewan peliharaan yang sering mengunggah baik video atau foto lucu dari si hewan. Kemudian karena kelucuan dan bisa menghibur penikmatnya maka followers-nya menjadi semakin banyak. Bahkan tak jarang, jika pemiliknya tidak mengunggah konten tentang hewan peliharaan, followers akan menagih lewat komen-komen yang disampaikan.

Nah tahukah kamu bahwa saat ini petfluencer benar-benar punya kemampuan menciptakan tren, membentuk perilaku pembelian dan menciptakan pandangan umum terkait hewan peliharaan. Bahkan banyak brand atau perusahaan yang menjalin kerjasama dengan petfluencer untuk mempromosikan berbagai produk atau layanan mereka. Tentunya yang berhubungan dengan si hewan.

Dan hasilnya juga cukup memuaskan, karena hewan peliharaan bisa menjadi alat pemasaran yang efektif untuk mempengaruhi followers yang pecinta hewan. Terutama untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan.

Adapun berikut ini beberapa akun petfluencer yang mempunyai banyak pengikut di media sosial:

  1. @jiffpom

Jiffpom adalah anjing ras Pomerian yang asalnya dari Amerika Serikat. Ia memiliki 9,5 juta followers di akun instagramnya. Jiffpom merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan, bahkan ia punya keahlian dan berhasil memecahkan rekor dunia sebagai anjing pelari tercepat. Ia pelari tercepat di kaki belakang yaitu 6,56 sekon dan 5 meter tercepat untuk kaki depan di 7,76 sekon.

Hebatnya lagi dia juga pernah ada di video musik Katty Perry di judul lagu Dark Horse dan mempunyai bayaran US$ 32.906 atau Rp514 juta untuk sekali posting di akun instagramnya.

  1. @zeeandbagel

Nah di Indonesia juga ada petfluencer Bernama Bagel, ia merupakan anjing dengan pengikut 240.000 di TikTok. Kontennya menarik, dimana sang pemilik mengunggah berbagai video review makanan sehat bagi anjing.

Nama sang pemilik adalah Zee, menurut Zee, petfluencer adalah sebuah peluang berkarya yang menghasilkan banyak uang. Sehingga untuk menghasilkan konten yang menarik pengunjung ada baiknya lakukan dari hati, seperti Zee yang akhirnya mengedukasi kamu tentang makanan sehat untuk anjing.

  1. Pororo and friends

Pororo adalah petfluencer yang cukup fenomenal di Indonesia, ia merupakan kucing dengan 3,5 juta followers di TikTok. Sebagai kucing, ia termasuk jenis kucing yang tampilannya anteng dan penurut. Pororo seringkali diajak pemiliknya dagang dan live streaming. Dan itulah pekerjaan utama si pororo, bahkan meskipun hanya tiduran saja sudah ada viewer yang banyak.

  1. Chlowie

Petfluencer berikutny adalah si Chlowie yang mempunyai followers hingga 2 jutaan. Tampilannya cukup beringas dan sering menampol pemiliknya ketika dijaili. Meskipun suka marah, kucing satu ini punya banyak fans setia. Bahkan ia mendapat total 53,4 juta likes dari TikTok dan videonya pun trending FYP.

  1. Zack kucing sultan

Zack si kucing sultan mempunyai followers hingga 760.000. Ia adalah petfluencer yang gendut, menggemaskan dan lucu. Walaupun yang memelihara orang berduit tapi dia juga punya penghasilan sendiri.

Kucing ini sangat lucu, bahkan membuat penontonnya ingin mencubit bahkan menciumnya. Salah satu videonya mendapatkan 9 juta viewer saat ia diprank pemiliknya.

  1. Kompret

Kucing satu ini mempunyai followers 600.000an, ia mempunyai konten cosplayer yang sangat unik dan menyenangkan. Salah satu videonya ia cosplay jadi tukang paket JNE dan video ini telah ditonton hampir menyentuh angka 20 juta viewer.

Itulah tadi berbagai fenomena unik di media sosial yang berhubungan dengan hewan peliharaan. Adanya fenomena tersebut tentu membuat semakin banyak orang yang berusaha menciptakan karakter hewan peliharaan yang bisa menghibur penontonnya. Dampak positifnya lagi, jika mereka bisa menghasilkan uang sendiri tentu biaya perawatan kucing dan anjing yang mahal itu bisa tercover. Sehingga kamu tidak perlu lagi mengeluarkan budget untuk perawatan mereka.

Nah agar hidup mereka semakin terjamin kamu bisa melengkapi perawatan mereka dengan Asuransi Hewan Peliharaan dari Igloo. Karena dengan begitu kamu akan mendapatkan jaminan perlindungan ketika si hewan jatuh sakit.

Baca Juga : Agar Tidak Sakit, Ini Cara Jaga Kesehatan dan Keselamatan Hewan Peliharaan Kamu di Musim Panas

Di Igloo pembelian Asuransi Hewan Peliharaan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Kunjungilah “Asuransi Hewan Peliharaan”.
  2. Tentukan polis asuransi hewan yang kamu butuhkan. Di Igloo telah menyediakan asuransi untuk anjing ataupun kucing kesayangan kalian meskipun tidak punya sertifikat (Stambum/ICA).
  3. Pilihlah “Cari di Sini” untuk menentukan hewan peliharaan yang akan kamu belikan asuransinya.
  4. Isikan detail informasi hewan peliharaan.
  5. Selesaikan tahap pembayaran dan dapatkan polis asuransinya. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan klaim terhadap pertanggungan yang mereka berikan.

Di Igloo selain Asuransi Hewan Peliharaan, kamu juga bisa menemukan berbagai produk asuransi lain yang kamu butuhkan. Diantaranya Asuransi Kesehatan, Asuransi Sepeda Motor, Asuransi Mobil, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Perjalanan. Jangan sampai rancangan finansialmu terganggu hanya karena pembengkakan biaya perawatan hewan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu