Agar Tidak Sakit, Ini Cara Jaga Kesehatan dan Keselamatan Hewan Peliharaan Kamu di Musim Panas

Cara Jaga Kesehatan dan Keselamatan Hewan Peliharaan Kamu di Musim Panas
Table of Contents

Hewan peliharaan rentan mengalami heatstroke saat suhu eksternal tinggi. Mereka mungkin kelelahan, dehidrasi, dan mengalami peningkatan suhu tubuh yang berbahaya. Ini bisa terjadi jika mereka terpapar terlalu lama di bawah sinar matahari atau dalam kondisi ruangan yang panas tanpa cukup ventilasi atau air minum.

Tidak hanya itu, musim panas dapat meningkatkan risiko dehidrasi pada hewan peliharaan karena penguapan cairan tubuh lebih cepat dalam suhu yang tinggi. Jika hewan tidak memiliki akses yang memadai ke air minum segar atau tidak minum cukup, mereka dapat mengalami dehidrasi yang dapat berakibat serius pada kesehatan mereka.

Tips Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Hewan Peliharaan Kamu di Musim Panas

Pastikan selalu ada akses ke air minum 

Salah satu alasan utama mengapa akses ke air minum penting bagi hewan peliharaan selama musim panas adalah untuk mencegah dehidrasi. Pada musim panas, suhu yang tinggi menyebabkan hewan peliharaan mengalami penguapan cairan tubuh lebih cepat melalui pernapasan dan keringat (jika hewan tersebut berkeringat). 

Dengan memiliki akses yang cukup ke air minum segar, hewan peliharaan dapat menggantikan cairan yang hilang akibat panas dan menjaga tubuh mereka tetap terhidrasi, mencegah risiko dehidrasi yang dapat membahayakan kesehatan mereka.

Jangan biarkan hewan Kamu terlalu lama di bawah sinar matahari

Meskipun sinar matahari pagi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan hewan peliharaan, terlalu lama terpapar sinar matahari pada musim kemarau dapat membahayakan mereka. Terlalu lama terpapar sinar matahari pagi dalam suhu yang tinggi dapat menyebabkan hewan peliharaan mengalami heatstroke. 

Tidak hanya itu, terlalu lama terpapar sinar UV dapat menyebabkan pembakaran pada kulit hewan peliharaan, terutama jika mereka memiliki bulu tipis atau warna terang pada kulit. Ini dapat menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan bahkan kerusakan kulit yang serius.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi waktu hewan peliharaan Kamu terpapar sinar matahari, bahkan pada pagi hari selama musim panas.

Ciptakan agar ruangan tetap sejuk

Salah satu cara untuk menjaga ruangan tetap sejuk agar hewan peliharaan tetap nyaman selama musim panas adalah dengan menggunakan AC atau kipas angin.

AC atau kipas angin dapat membantu menjaga suhu ruangan tetap rendah dan memberikan sirkulasi udara yang baik. Ini membantu menjaga kesejukan ruangan, terutama saat suhu eksternal meningkat. Pastikan untuk mengatur suhu AC pada tingkat yang nyaman untuk hewan peliharaan Kamu. Jika Kamu menggunakan kipas angin, pastikan untuk menempatkannya di area yang strategis untuk menciptakan aliran udara yang baik di seluruh ruangan.

Perhatikan tanda-tanda panas berlebih

Jika hewan peliharaan Kamu mulai bernapas dengan cepat dan dangkal, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka merasa panas dan berusaha untuk mengatur suhu tubuh mereka. Selain itu terdapat perubahan warna pada gusi atau lidah hewan peliharaan Kamu, seperti warna merah terang, bisa menjadi tanda bahwa mereka mengalami overheating atau heatstroke.

Jika hewan peliharaan Kamu mulai menjilat atau mengunyah bagian tubuh tertentu, ini mungkin merupakan upaya mereka untuk mendinginkan diri. Beberapa hewan, seperti anjing, mungkin mulai menjilat kaki atau telapak mereka untuk mengatasi panas.

Hindari jalan-jalan di siang hari

Siang hari selama musim kemarau cenderung memiliki suhu yang sangat tinggi. Paparan langsung terhadap sinar matahari dan panasnya aspal dapat meningkatkan risiko heat stroke pada hewan peliharaan. Heatstroke dapat terjadi dengan cepat dan dapat membahayakan nyawa hewan peliharaan. Dengan menghindari jalan-jalan di siang hari, kita dapat mencegah hewan peliharaan terpapar panas yang berlebihan dan mengurangi risiko heatstroke.

Permukaan jalan yang panas dapat membakar kulit dan telapak kaki hewan peliharaan. Selama musim kemarau, suhu aspal dapat mencapai suhu yang sangat tinggi dan menyebabkan luka bakar pada kulit hewan peliharaan yang terkena. Menghindari jalan-jalan di siang hari memastikan bahwa hewan peliharaan Kamu tidak terpapar langsung pada permukaan yang panas dan mencegah cedera pada kulit atau telapak kakinya.

Berikan Perawatan Ekstra

Jika hewan peliharaan Kamu memiliki bulu pendek atau kulit yang sensitif terhadap sinar matahari, pertimbangkan untuk menggunakan tabir surya khusus hewan. Produk ini membantu melindungi kulit mereka dari sinar UV yang berbahaya. Perawatan ekstra bagi hewan peliharaan Kamu di musim panas penting untuk melindungi kulit mereka dari efek buruk sinar matahari dan kondisi cuaca yang panas.

Beberapa hewan peliharaan memiliki bagian-bagian tubuh tertentu yang lebih rentan terhadap pembakaran sinar matahari, seperti hidung, telinga, dan perut.

Dengan memberikan perawatan ekstra kepada mereka, Kamu dapat membantu melindungi kulit hewan peliharaan Kamu dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan menjaga kesehatan mereka selama musim panas. Selain itu sebaiknya kamu juga melengkapi perlindungan yang mereka miliki dengan Asuransi Hewan Peliharaan dari Igloo.

Dengan asuransi tersebut, kamu akan memberikan jaminan perlindungan untuk mereka selama hidup denganmu. Dan ini bisa menjadi timbal balik yang baik, kamu merasakan manfaat mereka dan mereka mendapat jaminan perlindungan dari kamu.

Baca Juga : Perhatikan Nutrisi Hewan Peliharaanmu, Lakukan Diet Sehat untuk Kesejahteraan Mereka

Apabila tertarik di Igloo pembelian Asuransi Hewan Peliharaan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Kunjungilah “Asuransi Hewan Peliharaan”.
  2. Tentukan polis asuransi hewan yang kamu butuhkan. Di Igloo telah menyediakan asuransi untuk anjing ataupun kucing kesayangan kalian meskipun tidak punya sertifikat (Stambum/ICA).
  3. Pilihlah “Cari di Sini” untuk menentukan hewan peliharaan yang akan kamu belikan asuransinya.
  4. Isikan detail informasi hewan peliharaan.
  5. Selesaikan tahap pembayaran dan dapatkan polis asuransinya. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan klaim terhadap pertanggungan yang mereka berikan.

Di Igloo selain Asuransi Hewan Peliharaan, kamu juga bisa menemukan berbagai produk asuransi lain yang kamu butuhkan. Diantaranya Asuransi Kesehatan, Asuransi Sepeda Motor, Asuransi Mobil, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Perjalanan. Jangan sampai rancangan finansialmu terganggu hanya karena pembengkakan biaya perawatan hewan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu