Tips Menghadapi Hutan dan Pegunungan dengan Motor Trail di Wilayah Indonesia

Tips Menghadapi Hutan dan Pegunungan dengan Motor Trail di Wilayah Indonesia
Table of Contents

Motor trail merupakan jenis kendaraan yang sering kita jumpai pada rombongan touring. Kendaraan ini dipilih bukan tanpa alasan, motor trail mampu melewati berbagai medan jalanan. Baik itu jalanan setapak maupun medan off-road Indonesia. Bukan hanya itu, motor ini sangat cocok untuk medan tanah berpasir, bukit, tanah berbatu, dan medan tidak rata lainnya.

Umumnya touring dengan motor trail akan menjelajahi keindahan alam yang belum terjamah. Seperti wilayah gunung, hutan dan banyak alam liar lainnya. Untuk bisa melakukannya tentu saja kamu dituntut untuk mempunyai keterampilan mengemudi off-road, paham medan dan cuaca serta tahu navigasi. Selain itu, kamu juga wajib punya peralatan dan perlengkapan keselamatan yang lengkap saat memulai touring dengan motor trail. 

Menghadapi Hutan dan Pegunungan dengan Motor Trail: Menjelajahi Keindahan Alam yang Belum Terjamah

Perjalanan menjelajahi keindahan alam yang belum terjamah dengan motor trail tentu sangat menyenangkan. Namun juga bisa sangat berisiko jika kamu tidak berhati-hati selama berkendara.

Nah berikut ini Igloo akan memberikan beberapa tips menghadapi hutan dan pegunungan dengan motor trail:

  1. Pilih rute yang tepat

Pertama pilih rute perjalanan yang sesuai dengan tingkat keterampilan mengemudimu. Usahakan tidak memilih rute dan medan yang sulit jika ini adalah pengalaman pertamamu.

  1. Tahu batas kemampuan mengendarai motor

Kamu harus mengetahui sampai mana kemampuanmu dalam mengendarai motor trail. Ada baiknya kamu tidak sampai memaksakan diri untuk melewati medan yang ekstrem jika belum pernah punya pengalaman.

  1. Cek kemampuan motor trail

Selain kemampuan diri, kamu juga harus mengecek kemampuan motor trail yang kamu kendarai. Kamu harus memastikan motormu ada di kondisi yang baik dan siap untuk perjalanan off-road.

  1. Pakai safety gear

Sebelum memulai perjalanan siapkan safety gear yang lengkap. Diantaranya helm dengan visor, sarung tangan, jaket pelindung tubuh, pelindung siku dan lutut, dan sebagainya. Dengan safety gear safety gear yang lengkap tentu kamu akan mendapat perlindungan lebih saat cedera.

  1. Ceklah cuaca sebelum keberangkatan touring

Apabila cuaca menunjukkan tanda-tanda kurang bersahabat ada baiknya pertimbangkan kembali untuk berangkat. Alangkah baiknya kamu tunda perjalanan atau rubah rute menjadi yang lebih mudah.

  1. Siapkan peta atau perangkat navigasi

Selalu bawa peta dan perangkat navigasi saat akan melakukan touring. Pastikan kamu juga tahu bagaimana cara menggunakannya, perangkat terisi baterai penuh dan hp jangan sampai ketinggalan.

  1. Touring dengan komunitas

Apabila kamu masih pemula sebaiknya lakukan perjalanan dengan komunitas banyak. Agar ketika kamu mengalami masalah, ada anggota komunitas yang sigap membantu dan mencarikan solusi atas permasalahan yang kamu alami.

  1. Lakukan pemeriksaan rutin kondisi motor

Sebelum touring sebaiknya lakukan pengecekkan rutin terhadap kondisi motor. Ada baiknya pastikan semua komponennya bisa bekerja dengan optimal

  1. Isi bahan bakar yang cukup

Karena kamu akan menuju keindahan alam yang belum terjamah atau daerah terpencil, sebaiknya penuhi tangka bahan bakar. Karena belum tentu rute yang kamu lewati ada yang menjual bahan bakar motormu.

  1. Latihan teknik mengemudi

Untuk bisa mahir di medan off-road ada baiknya lakukan latihan teknik mengemudi sesering mungkin. Apalagi jika sudah mendekati jadwal keberangkatan touring. Pastikan kamu bisa mengendalikan medan berlumpur, berbatu maupun berpasir.

  1. Selalui hargai dan jaga lingkungan

Selama perjalanan dengan motor trail kamu wajib untuk menghargai alam. Pastikan tidak ada aktivitasmu yang bisa merusak alam. Selain itu pastikan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu patuhi aturan lalu lintas dimanapun kamu berada.

Ingat, keselamatan dan keamanan berkendara adalah yang terpenting ketika mengendarai motor trail. Jadi jika kamu merasa kurang nyaman dan aman sebelum berangkat ada baiknya perjalanan ditunda untuk meminimalisir risiko yang kamu dapatkan nantinya.

Berbagai Safety Gear untuk Pengendara Motor Trail, Siapkan Sebelum Touring

Inilah daftar safety gear lengkap yang harus kamu punya sebelum touring dengan motor trail. Pastikan kamu memakainya, terutama jika kamu akan melakukan perjalanan jauh kea lam yang belum terjamah.

  1. Helm dengan visor

Helm yang mempunyai visor dapat memberikan perlindungan lebih ke kepala maupun mata.

  1. Pakai jaket dan celana riding

Berikutnya pakailah jaket dan celana riding yang mendukung untuk aktivitas off-road. Dengan pakaian yang sesuai maka kamu akan lebih siap menghadapi medan hutan ataupun pegunungan.

  1. Pakai pelindung

Pakailah pelindung tubuh secara lengkap. Diantaranya pelindung siku dan lutut, pelindung bahu dan bagian krusial lain yang harus dilindungi.

  1. Pakai sarung tangan riding

Gunakan sarung tangan riding yang sesuai standar, kuat, dan tahan air. Sehingga bagian tangan akan tetap terlindungi saat harus berkendara di cuaca buruk.

  1. Gunakan sepatu off-road

Sebagai off-roader kamu harus menggunakan sepatu yang sesuai standar off-road. Sehingga dapat menjadi tumpuan yang baik dan memberikan perlindungan yang ekstra oada kaki.

  1. Gunakan penutup leher

Kamu juga wajib menyediakan penutup leher, tujuannya agar terlindungi dari debu ataupun benda asing lain yang bisa melukai.

  1. Bawalah barang secukupnya di tas motor

Jika touring yang kamu lakukan membutuhkan perjalanan panjang aliyas jaraknya jauh sebaiknya bawa barang secukupnya saja. Barang tersebut bisa kamu masukkan ke tas motor agar aman dan nyaman.

  1. Jaga diri tetap terhidrasi

Selama perjalanan kamu harus menjaga diri dengan tetap terhidrasi dengan baik. Terutama jika kamu melakukan perjalanan di tengah sinar matahari yang panas, kamu harus siapkan tumblr untuk memudahkan penyimpanan air.

Itulah tips menghadapi hutan dan pegunungan dengan motor trail, pastikan semua sudah kamu lakukan sebelum berangkat. Agar ketika di lokasi kamu bisa menjelajahi keindahan alam yang belum terjamah.

Selain itu, pastikan juga motor trail yang kamu kendarai sudah mempunyai Asuransi Motor agar perjalanan touring yang kamu lakukan lebih nyaman dan aman. Namun jika belum, kamu bisa cek Asuransi Motor dari Igloo. Igloo menawarkan asuransi dengan jaminan perlindungan yang bisa meminimalisir kerugian yang kamu rasakan.

Baca Juga : Panduan Menjelajahi Jalur Wisata Pesisir Bali dengan Motor

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu