3 Cara Cek Pajak Motor Lewat HP

cara cek pajak motor lewat hp
Table of Contents

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, penting untuk mengetahui cara mengurus berkas-berkas kendaraan secara online, salah satunya adalah cek pajak motor lewat HP. 

Cara cek pajak motor lewat HP ini tentu lebih praktis dibandingkan dengan secara offline. Biasanya, kamu bisa melihat pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan melihat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Namun, biaya pajak tersebut akan berubah-ubah jika kamu menunda pembayaran pajak. Jadi, penting untuk selalu melakukan pengecekan pajak kendaraan agar kamu tidak telat bayar dan bebas dari denda.

Untuk membantu kamu, artikel ini akan memberikan 3 cara cek pajak motor lewat HP yang mudah diikuti.

Cara Cek Pajak Motor Lewat HP

1. Website Resmi Samsat

cara cek pajak motor lewat hp

Cara cek pajak motor lewat HP yang pertama adalah dengan mengakses website resmi Samsat di e-samsat.id. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka website resmi Samsat (https://e-samsat.id)
  2. Registrasi kendaraan dengan mengisi plat, nomor seri, no rangka dan provinsi
  3. Setelah selesai registrasi, klik “Cek Sekarang”
  4. Kemudian akan muncul halaman berisikan info kendaraan dan besaran nominal yang harus kamu bayar.
  5. Info pajak kendaraan dan PNBP dengan rincian; PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB dan Total yang harus dibayarkan dilengkapi dengan tanggal pajak dan tanggal STNK serta keterangan lainnya.

2. SMS

Cara cek pajak motor lewat HP yang kedua adalah melalui SMS. perlu dicatat bahwa, cara ini hanya bisa dilakukan untuk kendaraan dengan kode plat B, D, E, F, T dan Z. Berikut cara mengecek pajak kendaraan dengan menggunakan via SMS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi pesan di HP
  2. Tulis pesan dengan format info(spasi)kode plat kendaraan /nomor polisi/kode seri plat kendaraan(spasi)warna plat kendaraan. Contoh: Info B/3234/GT Putih
  3. Setelah itu, kirim ke nomor 0811 2119 211
  4. Tunggu sampai kamu menerima balasan SMS yang berisi kode bayar, info kendaraan, serta besaran nominal yang harus dibayar
  5. Bayar pajak melalui transfer rekening dengan memasukan kode bayar tersebut
  6. Setelah dibayar, kamu akan mendapatkan SMS konfirmasi pembayaran
  7. Terakhir, datangi kantor Samsat untuk mendapat pengesahan dan menukar struk dengan SKKP

3. Aplikasi SIGNAL

cara cek pajak motor lewat hp

Terakhir, kamu bisa melakukan cek pajak motor lewat HP melalui aplikasi SIGNAL. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi pemerintah yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Lalu Lintas Angkutan Jalan (SWDKLLJ).

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Download dan instal aplikasi SIGNAL di HP
  2. Buka aplikasi, dan registrasi dengan memasukkan data-data pribadi (Seperi NIK, Nama sesuai e-KTP, alamat e-mail, nomor hp, dan membuat kata sandi)
  3. Setelah registrasi data pribadi, kamu akan diarahkan untuk registrasi kendaraan 
  4. Lalu, aplikasi akan memunculkan tampilan informasi lengkap mengenai biaya hingga tanggal jatuh tempo pembayaran pajak

Bagaimana? Cara cek pajak motor lewat HP tidak rumit, bukan? Ingat, jangan sampai kamu telat membayar pajak agar terhindar dari biaya tambahan yang tidak terduga!

Agar motor kamu semakin terlindungi, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila motormu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai motormu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu