Cara Cek Emisi Kendaraan Motor Lewat Aplikasi E-Uji Emisi

uji emisi motor
Table of Contents

Tahukah kamu seberapa penting cek emisi kendaraan motor? Dengan cek emisi kendaraan kamu bisa tahu tingkat efisiensi pembakaran yang terjadi pada mesin kendaraan. Hati-hati kena tilang yaa, kalau kendaraan motor kamu tidak lolos uji emisi. Jika kena tilang Rp250.000 bisa hilang dalam sekejap, akan tetap besarnya sanksi tilang bisa berbeda ditiap daerah.

Di era digital pengecekan status uji emisi kendaraan sudah bisa kamu lakukan secara online lewat aplikasi E-Uji Emisi. Nah untuk uji emisi tetap bisa kamu lakukan di beberapa lokasi, diantaranya bengkel uji emisi, kantor Dinas Lingkungan Hidup, kios uji emisi, dan kendaraan uni emisi (mobile).

Di Ibukota, uji emisi memang sedang digencarkan guna menekan polusi udara di DKI Jakarta. Oleh karena itu, bagi kamu yang punya kendaraan dengan usia di atas tiga tahun harus melewati uji emisi. Nah nanti hasil cek emisi kendaraan motor bisa kamu pantau lewat mobile apps.

Ikuti panduan Igloo untuk pengecekan emisi kendaraan lewat aplikasi di ponselmu.

Mengenal Cek Emisi Kendaraan Motor

Apakah motormu sudah pernah cek emisi? Menurut KLHK, uji emisi merupakan sebuah langkah pengecekan untuk mengetahui seberapa banyak emisi atau gas buang yang dikeluarkan kendaraanmu. Ini berlaku untuk semua kendaraan termasuk motor, mobil, truk, bus dan lain sebagainya.

Seperti yang kita tahu polusi udara adalah masalah kota-kota besar. Seperti DKI Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan kota besar lainnya. Dan yang menjadi penyebab utama adalah gas buang dari kendaraan bermotor yang padat merayap di jalanan perkotaan. Oleh karena itu, untuk menekannya perlu dilakukan uji emisi untuk tahu kendaraan tersebut layak jalan atau tidak di jalanan perkotaan.

Proses pengecekan emisi kendaraan akan dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku dan terdapat beberapa syarat khusus untuk beberapa jenis kendaraan agar lolos standar uji emisi. Jika kendaraanmu terdeteksi berhasil melewati uji emisi maka dampak positifnya akan dirasakan lingkungan dan kendaraanmu sendiri.

Untuk pengecekan uji emisi kendaraan bisa bermacam-macam, untuk motor rata-rata Rp50.000. Sedangkan mobil akan dikenai biaya Rp150.000-Rp200.000.

Langkah-Langkah Pengecekan Emisi Kendaraan Motor

Dalam melakukan uji emisi ada berbagai proses yang akan kamu lewati, diantaranya:

  1. Pemasangan alat deteksi gas pada knalpot.
  2. Motor yang sedang dalam proses pengujian harus dalam keadaan hidup.
  3. Proses akan berlangsung selama 5-7 menit.
  4. Pencatatan kadar dan kandungan zat asap kendaraan motor akan dilakukan saat proses selesai.
  5. Jenis-jenis zat yang dideteksi ada CO, HC, CO2,  dan NO2.
  6. Jika kendaraan motor lolos maka akan diberikan bukti lolos uji emisi atau hasilnya bisa kamu cek lewat aplikasi E-Uji Emisi.

Untuk pengecekan hasil uji emisi bisa kamu lakukan dengan dua cara yaitu lewat aplikasi dan situs uji emisi daerah setempat. 

Cek Emisi Kendaraan Lewat Aplikasi

  1. Unduhlah aplikasi E-Uji Emisi di Play Store untuk Android.
  2. Lalu bukalah aplikasinya tanpa perlu kamu login atau membuat akun terlebih dahulu.
  3. Klik “Sejarah Uji Emisi” untuk mengetahui apakah kendaraan motormu sudah pernah melakukan uji emisi.
  4. Isikan nomor pelat kendaraan motor.
  5. Hasilnya akan keluar jika kamu sudah melakukan uji emisi dan akan muncul informasi “Mohon maaf nomor data pengujian tidak ditemukan” bila belum melakukan uji emisi.

Lewat aplikasi ini kamu juga bisa melakukan pendaftaran uji emisi dan memilih rekanan bengkel untuk uji emisi.

Cek Emisi Kendaraan Lewat Situs Emisi Daerah

Apabila kamu tinggal di Jakarta, pengecekan uji emisi bisa kamu lakukan lewat https://ujiemisi.jakarta.go.id/tentang-uji-emisi.

Jika halamannya sudah terbuka, isikan data pelat kendaraan dan klik “Cari”. Apabila kamu belum melakukan uji emisi, maka kamu akan mendapat informasi seperti tidak lolos, kadaluwarsa atau belum uji emisi.

Syarat Lolos Cek Emisi Kendaraan Motor

Agar sekali cek emisi kendaraan motor bisa lolos, ada beberapa standar kriteria yang harus kamu penuhi, diantaranya:

  • Untuk kendaraan motor yang diproduksi di bawah tahun 2010 akan dibagi menjadi dua kategori. Yaitu motor 2 tak dan 4 tak. Untuk motor 2 tak hasil emisinya tidak boleh mempunyai HC (Hidrocarbon) lebih dari 12.000ppm. Sedangkan untuk motor 4 tak wajib memiliki HC 2.400ppm.
  • Jika kamu mempunyai motor dengan usia di atas tahun 2010, maka motor 2 tak dan 4 tak wajib mempunyai CO (Carbon Monoksida) 4,5% dengan HC 2.000ppm.

Baca Juga : 5 Perbedaan Pertamax dan Pertalite, Manakah yang Lebih Hemat?

Bagaimana, apakah kendaraanmu bisa dipastikan lolos? Ingat, CO yang berlebih pada kendaraan ialah tanda bahwa terdapat kerusakan pada bagian injector atau karburator mesin motor sehingga perlu adanya servis. Jika servis tidak kamu lakukan, maka siap-siap saja mendorong motor karena mogok di tengah jalan.

Nah untuk HC merupakan salah satu indikator yang menandakan bahwa terdapat sisa bahan bakat yang terbuang lewat knalpot. Sehingga ketika gas buang HC melebihi standar uji emisi maka harus dilakukan perbaikan pada kompresi mesinnya. 

Jika benar kompresi mesinnya yang bermasalah, maka kamu harus siap dengan servis besar pada kendaraan motor. Karena kendaraan kamu mengalami penurunan mesin, sehingga harus dilakukan peremajaan pada berbagai sparepart-nya. Kamu perlu menyiapkan biaya Rp150.000 sampai Rp1.500.000, hal ini tergantung tingkat kerusakan dan merek motor kamu.

Biaya segitu lumayan menguras kantong bukan? Oleh karena itu, untuk menghemat biaya Igloo menawarkan solusi asuransi dengan tingkat penilaian risiko terendah dan pastinya kamu akan lebih untung.

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon hingga 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu