Motor Kurang Nyaman, Bisa Jadi Itu Tanda Shockbreaker Sudah Rusak

tanda shockbreaker rusak
Table of Contents

Di motor kamu pasti kenal dengan yang namanya suspensi atau istilah lainnya adalah shockbreaker motor. Secara umum shockbreaker dirancang untuk meredam getaran saat motor melewati jalanan yang berlubang dan bergelombang. Sehingga ketika shockbreaker tidak berfungsi optimal maka kamu akan kurang nyaman dan sakit karena banyak guncangan.

Jangan-jangan shockbreaker motor kamu rusak atau sudah mati? Nah apa sih tanda shockbreaker sudah rusak pada motor? Hal ini perlu kamu deteksi sejak dini, agar kamu tetap nyaman saat berkendara.

Motor dengan getaran yang tidak teredam juga bisa berpengaruh pada body dan komponen mesin. Sehingga perlu adanya perawatan shockbreaker secara berkala untuk menghindari kerusakan komponen yang lebih kompleks.

Nah pada artikel ini, Igloo akan merangkum berbagai tanda shockbreaker sudah rusak pada motor kamu. Dengan begitu kamu bisa segera memperbaiki atau menggantinya dengan shockbreaker yang baru.

Kenali Shockbreaker Motor dan Fungsinya

Shockbreaker merupakan salah satu bagian penting untuk menunjang kinerja sepeda motor. Karena komponen ini berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara terutama saat melewati jalanan berlubang. Dan selain itu juga untuk melindungi komponen mesin lain dari getaran yang berlebihan.

Fungsinya yang cukup berat, wajar apabila komponen ini cepat aus atau rusak. Jika itu terjadi akan ada tanda shockbreaker sudah rusak sehingga perlu diganti. Nah shockbreaker motor yang kita tahu ada dua jenis, shockbreaker depan dan belakang. Keduanya mempunyai komponen penyusun yang berbeda.

Komponen shockbreaker depan terdiri dari berbagai jenis diantaranya silinder garpu, seal oli, seal debu, tabung garpu, cincin stopper, torak garpu, baut garpu, pegas reaksi, dan pegas garpu. Sedangkan untuk bagian belakang terdiri dari piston road, shims dan piston, spring, eye, dan piggyback.

Nah semua komponen di atas harus dalam kondisi baik agar getaran pada motor terasa lebih nyaman. Bila tidak getaran akan terasa kasar dan harus segera kamu bawa ke bengkel rekanan asuransi motor untuk perbaikannya.

Baca juga: Premi dan Perhitungan Asuransi Motor Honda Beat

Tanda-Tanda Shockbreaker Sudah Rusak dan Harus Ganti

Shockbreaker motor yang rusak bisa kamu kenali dengan berbagai tanda. Kerusakan ini tidak bisa kamu biarkan karena dapat mempengaruhi komponen mesin yang ada pada motor.

Nah berikut ini adalah tanda shockbreaker sudah rusak dan perlu diganti untuk kenyamanan kamu dalam berkendara:

  • Oli Shockbreaker Bocor

Shockbreaker yang olinya bocor bisa menyebabkan komponen tersebut kotor. Jika tidak segera kamu perbaiki maka laju motor akan menjadi tidak stabil. Dan kotoran akan menempel pada oli yang bocor pada shockbreaker.

  • Ban Belakang Terasa Goyang

Berikutnya tanda shockbreaker sudah rusak ialah ban belakang tidak stabil dan bergoyang. Terutama jika kamu sedang melintar pada jalan yang berlubang. Tentu saja hal ini akan membahayakan kamu saat berkendara dan pengendara lain.

  • Timbulnya Suara Hentakan dari Suspensi

Shockbreaker yang rusak akan mengeluarkan suara hentakan yang cukup keras apabila melewati jalanan yang berlubang atau rusak.

  • Shockbreaker Tidak Bisa Memantul Normal

Shockbreaker tidak akan memantul secara normal apabila mengalami kerusakan. Bahkan cenderung tidak ada pantulan, sehingga ketika melewati jalanan yang bergelombang kamu akan merasakan hentakan yang cukup keras. Hentakan yang terlalu sering juga bisa membuat sakit tubuh kita saat berkendara.

  • Ban Motor Aus Secara Tidak Merata

Kerusakan shockbreaker juga bisa membuat ban motor menjadi aus. Karena gesekan ban dan jalanan menjadi tidak sama untuk semua permukaan ban. Hal ini tentu saja berbahaya bagi pengendara ketika melintasi jalan yang licin karena rawan tergelincir.

Jika tanda-tanda di atas kamu alami maka segera bawa motor ke bengkel rekanan terdekat untuk mengembalikan fungsi kerja shockbreaker. Dan ingat, faktor usia juga bisa menyebabkan shockbreaker rusak dan aus sehingga perlu penggantian. 

Apabila tidak segera diganti maka dampaknya akan membahayakan keselamatan pengendara dan komponen mesin lain. Serta biaya perbaikannya akan jauh lebih tinggi bila diabaikan.

Solusi Tepat Agar Shockbreaker Awet

Shockbreaker pada motor juga perlu kamu rawat seperti halnya mesin kendaraan. Karena jika tidak motor akan tidak nyaman dikendarai dan membahayakan keselamatan pengendara.

Berikut ini cara mudah merawat shockbreaker agar awet:

  • Pembersihan Rutin

Kotoran pada shockbreaker bisa menyebabkan seal dan piston lecet sehingga bisa memicu kebocoran. Jika kebocoran terjadi seperti yang sudah kita bahas di atas akan bisa mengurangi daya redam getaran dan kendaraan menjadi tidak stabil.

  • Hindari Menambah Laju Kendaraan di Jalanan Berlubang

Saat melintasi jalanan yang berlubang atau bergelombang usahakan tidak dalam kelajuan yang tinggi karena akan menyebabkan kerja shockbreaker semakin berat. Nah kamu bisa menggunakan kecepatan rendah untuk melintasi jalanan yang berlubang agar shockbreaker awet.

  • Jangan Menggunakan Aksesoris yang Tidak Resmi

Penggunaan aksesoris yang tidak resmi bisa berdampak pada shockbreaker, khususnya aksesoris seperti adaptor atau peninggi. Karena penggunaannya bisa mengganggu fungsi collar sehingga kurang maksimal dan shockbreaker akan rusak.

  • Jangan Bawa Beban Berlebih

Beban berlebih pada motor secara terus-menerus bisa mengakibatkan shockbreaker bekerja di luar batas kapasitasnya. Sehingga shockbreaker akan cepat aus dan kinerjanya menurun. Pada kondisi terparahnya rod comp akan bengkok dan kendaraan jadi tidak nyaman untuk dikendarai.

  • Rutinkan Penggantian Oli

Oli shockbreaker juga mempunyai peran penting dalam meredam getaran. Nah seiring usia motor, volume dan kualitas oli yang digunakan bisa membuat kinerja shockbreaker berkurang. Oleh karena lakukan pergantian oli setiap 15.000km.

Baca Juga : Cara Cek Emisi Kendaraan Motor Lewat Aplikasi E-Uji Emisi

Lalu, bagaimana jika shockbreaker yang terlanjur rusak atau aus? Jika tidak bisa diperbaiki maka lakukan penggantian shockbreaker sesuai dengan kerusakannya. Biayanya sekitar Rp100.000 hingga Rp150.000 tergantung sparepart yang kamu gunakan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kerugian kamu bisa membeli asuransi motor di Igloo yang sudah pasti terpercaya, terjangkau dan termudah.

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon hingga 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu