Cara Membaca Informasi Ban Motor yang Benar

Cara Membaca Informasi Ban Motor yang Benar
Table of Contents

Memeriksa kondisi ban motor secara teratur sangat penting karena ban adalah satu-satunya titik kontak antara motor dan jalan. Sehingga memeriksa ban secara rutin dapat membantu mendeteksi masalah lebih awal, seperti kebocoran atau keausan yang tidak merata. 

Identifikasi masalah ini tentu mencegah terjadinya permasalahan ban yang lebih parah. Seperti pecah ban ketika di tol, hingga mengakibatkan kecelakaan yang merugikan pengendara.

Saat memeriksa ban, ada banyak hal yang bisa kamu perhatikan. Mulai dari memeriksa ketebalan ban depan dan belakang, kurang angina tau tidak dan sebagainya. Jika memang permukaannya sudah maka segera ganti dengan ban motor yang baru.

Namun tahukah kamu bagaimana cara membaca informasi ban motor yang sedang kamu kendarai? Igloo akan membantu kamu membaca informasi ban motor, sehingga kamu bisa mengganti ban yang sudah aus dengan ban yang baru. 

Inilah Cara Mudah Membaca Ban Motor dan Kode Produksinya

Membaca dan memahami kode produksi ban motor dapat memberikan informasi berharga tentang ban tersebut, termasuk tanggal produksi, ukuran, dan spesifikasi. Berikut adalah cara mudah membaca kode produksi ban motor:

Periksa Jenis Ukuran Ban Motor

Yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengetahui jenis ukuran ban motor. Apakah motor tersebut termasuk imperial atau metrik. Ban yang memiliki kode metrik dapat mudah kamu deteksi pada bagian sisi karet bundar, biasanya pada jenis motor matic, bebek dan sport. Salah satu ciri yang menonjol adalah terdapat garis miring. Sebagai contoh 80/90-17, dapat kamu simpulkan bahwa kode metriknya adalah 80. 

Periksa Angka Ukuran Ban Motor

Selanjutnya kamu dapat membaca ukuran ban motor dnegan melihat angka yang tertera. Misalkan pada ukuran 80/90-14, maka setiap bagian angka tersebut memiliki makna sendiri-sendiri. 

Angka 80 merupakan ukuran bagian terlebar ban, kemudian angka kedua yaitu 90 merupakan presentase dari lebar ban. Pada bagian yang terakhir yaitu angka 14 adalah ukuran diameter velg yang nantinya harus kamu gunakan. 

Membaca kode di bagian belakang Ban Motor

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan ialah dengan cara mengetahui huruf atau kode yang berada di bagian belakang ukuran angka-angka di atas. Langsung saja, sebagai cntoh misalnya 80/90-12M/C44P. Pada nomor tersebut di bagian belakangnya terdapat huruf M/C yang berarti singkatan dari motorcycle. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ban tersebut memang disesain khusus untuk sepeda motor. 

Angka setelah huruf M/C yaitu angka 44 merupakan bagian dari load index. Dimana load index yaitu beban maksimal yang dapat ditanggung oleh ban kendaraan bermotor. Ketika angkanya adalah 44 maka beban yang ditanggung maksimal sekitar 160 Kg. Hal ini sdh tertera pada bagian load index sesuai dengan keterapan. 

Rekomendasi Jadwal Mengganti Ukuran Ban Motor

Mengganti ukuran ban motor sebaiknya mengikuti beberapa pertimbangan, termasuk kondisi ban yang sudah ada, ukuran ban baru yang ingin dipasang, dan rekomendasi produsen motor. 

Secara umum, tidak ada jadwal pasti untuk mengganti ukuran ban motor karena hal ini tergantung pada sejumlah faktor. Namun, berikut adalah beberapa panduan umum yang dapat membantu Kamu dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengganti ukuran ban motor:

Periksa Kondisi Ban yang Ada

Periksa kondisi ban motor Kamu secara berkala. Jika ban telah mengalami keausan yang signifikan atau telah mencapai batas umur pakainya, maka ini mungkin menjadi waktu yang tepat untuk mempertimbangkan penggantian ukuran ban.

Perubahan Kebutuhan atau Preferensi

Jika Kamu ingin meningkatkan kinerja atau tampilan motor Kamu, mengganti ukuran ban mungkin merupakan pilihan yang baik. Misalnya, memilih ban dengan profil yang lebih tinggi atau lebih lebar dapat meningkatkan traksi dan stabilitas, atau mengganti ban dengan tipe yang lebih cocok untuk kondisi jalan yang sering Kamu lalui.

Rekomendasi Produsen Motor

Produsen motor biasanya memberikan rekomendasi mengenai ukuran ban yang sesuai dengan model motor mereka. Mengikuti rekomendasi ini dapat membantu memastikan bahwa ukuran ban yang dipilih cocok dengan karakteristik dan kemampuan motor Kamu.

Pengecekan Manual Pengguna

Panduan pengguna motor Kamu mungkin juga memberikan informasi tentang jadwal penggantian ban atau rekomendasi ukuran ban yang sesuai. Selalu bijak untuk merujuk pada panduan ini sebelum membuat keputusan penggantian ban.

Kondisi Jalan yang Digunakan

Jika Kamu sering berkendara di jalan yang berat atau berliku, Kamu mungkin perlu mengganti ban lebih sering untuk memastikan traksi dan kinerja yang optimal.

Konsultasi dengan Mekanik

Jika Kamu tidak yakin kapan waktu yang tepat untuk mengganti ukuran ban motor, berkonsultasilah dengan mekanik motor atau penjual ban yang terpercaya. Mereka dapat memberikan saran yang tepat berdasarkan kondisi motor dan gaya berkendara Kamu.

Rekomendasi Ban Motor yang Tidak Licin, Bisa Dipakai Saat Musim Penghujan

Di musim penghujan seperti sekarang, ban motor yang sudah gundul sangat rawan tergelincir dan akhirnya membahayakan kamu sebagai pengendara. Sehingga segeralah ganti ban motormu dengan yang baru.

Jika bingung, berikut ini beberapa rekomendasi ban motor yang struktur permukaannya cocok dipakai di musim penghujan: 

Baca Juga : Motor Kurang Nyaman, Bisa Jadi Itu Tanda Shockbreaker Sudah Rusak

Ban Motor Dunlop

Ban motor Dunlop dikenal karena memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya diminati oleh pengendara motor. Beberapa keunggulan yang sering dikaitkan dengan ban motor merk Dunlop yaitu: 

  • Terkenal dengan kualitasnya yang tinggi dan performa yang hkamul
  • Menghadirkan inovasi teknologi baru dalam desain dan material ban untuk meningkatkan traksi, pengereman, dan umur pakai ban
  • Menawarkan berbagai varian ban untuk berbagai jenis motor dan gaya berkendara
  • Memiliki reputasi yang kuat

Ban Motor Michelin

Ban motor Michelin juga memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya diminati oleh pengendara motor. Berikut adalah beberapa keunggulan yang sering dikaitkan dengan ban motor Michelin: 

  • Terus melakukan inovasi dalam teknologi ban mereka
  • Performanya yang konsisten di berbagai kondisi berkendara
  • Memberikan kenyamanan berkendara yang tinggi
  • Menawarkan berbagai jenis ban untuk berbagai jenis motor dan gaya berkendara
  • Merek yang dapat dipercaya oleh banyak pengendara motor.

Mengganti ban dengan merek di atas memang cukup menguras kantong, apalagi jika ban yang kamu ganti depan dan belakang. Belum lagi jika kamu harus ganti oli dan pemeriksaan kondisi mesin motor, tentu biaya yang kamu habis tidak sedikit. Oleh karena itu, agar perawatan motor jauh lebih hemat, Igloo punya solusinya yaitu dengan asuransi motor. Asuransi motor Igloo bisa menghemat biaya yang harus kamu keluarkan untuk perawatan motor, walaupun premi yang kamu bayarkan kecil.

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Cashback hingga 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Cashback 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu