Tips Memilih Asuransi Motor

8 Tips Memilih Asuransi Motor yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Table of Contents

Saat ini, ada banyak jenis produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi untuk memenuhi berbagai kebutuhan kamu. Salah satu jenis asuransi yang sering digunakan masyarakat adalah asuransi motor. Karena banyaknya pilihan yang tersedia, penting untuk mengetahui tips memilih asuransi motor yang tepat.

Hal ini dikarenakan setiap produk asuransi memiliki rincian polis, cakupan, premi, dan persyaratan yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan untuk selektif dalam memilih produk asuransi yang tepat, sehingga manfaat yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan kamu.

Lantas, apa saja tips memilih asuransi motor? Simak artikel Blog Igloo berikut ini.

Tips Memilih Asuransi Motor yang Tepat untuk Pemula

1. Pahami Kondisi Motor

Pahami Kondisi Motor

Tips yang pertama adalah pertimbangkan kondisi motor kamu saat memilih jenis asuransi yang paling cocok. Pasalnya, kondisi kendaraan dapat memengaruhi risiko dan kebutuhan perlindungan. Seperti contoh, jika motor dalam kondisi baik, maka harga premi yang dibutuhkan mungkin berbeda dari motor yang sudah tua. 

Jadi, memahami kondisi motor dalam proses pemilihan asuransi membantu memastikan bahwa kamu mendapatkan cakupan yang sesuai dengan risiko dan kebutuhan spesifik motor kamu. 

2. Pahami Produk Asuransi Pilihan

Tips memilih asuransi motor selanjutnya adalah dengan memahami produk asuransi yang akan kamu pilih. Tips ini sangat penting karena kamu bisa menilai sejauh mana motor kamu akan dilindungi dan bagaimana klaim akan di-handle dengan produk asuransi tersbeut.

Dengan pemahaman yang baik tentang produk asuransi yang akan kamu pilih, kamu dapat mengambil keputusan yang lebih terinformasi dan memastikan bahwa produk yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Agar menghindari potensi penipuan di masa depan, kamu harus memastikan perusahaan asuransi yang kamu pilih memiliki kredibilitas dan legalitas yang jelas. Kamu bisa melakukannya dengan melihat status terdaftar dan izin usahanya di OJK.

Selain itu, kamu juga bisa melihat ulasan dari nasabah-nasabah mengenai produk asuransi motor yang akan kamu pilih.

4. Menyesuaikan Budget

Menyesuaikan Budget

Tips berikutnya adalah menyesuaikan produk asuransi dengan kondisi keuangan yang kamu miliki. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu dapat membayar premi secara konsisten dan bahwa cakupan yang dipilih sejalan dengan budget kamu. 

Dengan menyesuaikan budget, kamu dapat menghindari pembayaran premi terlambat atau bahkan pembatalan polis karena ketidakmampuan membayarnya di masa depan.

Baca Juga: Simak Jenis-Jenis Biaya Asuransi Motor dan Cara Menghitungnya

5. Perhatikan Polis

Memperhatikan polis asuransi yang akan kamu pilih merupakan langkah tidak boleh kamu lewatkan. Hal ini dikarenakan polis asuransi merupakan dokumen kontrak resmi antara pemegang polis dan perusahaan asuransi. 

Di dalamnya mencakup poin-poin penting yang harus kamu pahami seperti cakupan yang diberikan oleh polis, pengecualian, informasi tentang premi yang harus dibayarkan, periode pembayaran, cara pembayaran, dan masih banyak lagi. 

6. Lakukan Perbandingan Produk

Lakukan Perbandingan Produk

Karena ada banyak produk asuransi motor yang saat ini tersedia, kamu harus melakukan perbandingan antara satu produk dengan produk lainnya. Dengan membandingkan produk, kamu dapat memahami keunggulan dan kekurangan dari masing-masing produk asuransi. Hal ini tentu akan membuat kamu mendapatkan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

7. Perhatikan Proses Klaim

Perhatikan juga bagaimana proses klaim yang ditawarkan dari perusahaan asuransi. Pastikan proses klaim dari produk asuransi yang kamu pilih simpel dan praktis. Ada baiknya untuk memilih produk asuransi yang menyediakan fasilitas proses klaim secara digital, entah melalui aplikasi khusus atau website resmi perusahaan asuransi.

8. Pastikan Perusahaan Asuransi Memiliki Bengkel Rekanan

Tips memilih asuransi motor yang terakhir adalah pastikan kamu memilih produk asuransi yang memiliki kemitraan dengan bengkel-bengkel yang memadai dan memenuhi standar yang sesuai dengan jaminan perlindungan yang diberikan. Perusahaan asuransi dengan banyak bengkel rekanan juga akan memberikan fleksibilitas dalam memilih lokasi bengkel yang paling nyaman.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Asuransi Motor Terbaik di Indonesia

Itulah 8 tips memilih asuransi motor yang bisa kamu jadikan panduan. Secara keseluruhan, asuransi motor akan memberikan perlindungan dari berbagai macam resiko yang mungkin terjadi di masa depan. Namun, kamu harus tetap bijak dalam memilih produk asuransi yang akan kamu pilih agar manfaat perlindungan dari asuransi bisa didapatkan secara efisien. 

Terkait asuransi motor terbaik, kamu tentu bisa percayakan kepada Igloo yang akan memberikan kamu perlindungan maksimal dengan premi yang minimal. 

Proses pembeliannya juga tidak rumit, kamu bisa dengan mudah mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Motor” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-motor
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Motor Listrik, Asuransi Motor, dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaim, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Motor, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu