cara cek asuransi mobil

4 Cara Cek Asuransi Mobil yang Harus Kamu Ketahui

Table of Contents

Mengetahui bagaimana cara cek asuransi mobil tentunya merupakan informasi yang penting, terutama jika kamu baru saja memiliki polis asuransi tersebut. Hal ini tentu akan memudahkan kamu untuk mengelola perlindungan kendaraan dengan lebih efektif dan memaksimalkan manfaatnya.

Meskipun banyak orang saat ini telah mendapatkan perlindungan dari asuransi mobil, mungkin masih ada yang kurang memperhatikan atau bahkan tidak mengetahui cara memeriksa asuransi mobil yang dimilikinya.

Karena informasi ini penting, kali ini Blog Igloo akan memberikan 4 cara cek asuransi mobil yang bisa kamu jadikan panduan.

Cara Cek Asuransi Mobil yang Bisa Dilakukan

Cara cek asuransi mobil sebenarnya sangatlah mudah, terutama jika perusahaan asuransi yang kamu pilih menyediakan layanan aplikasi mobile yang bisa diakses melalui smartphone. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut:

1. Melalui Dokumen Polis Asuransi

Melalui Dokumen Polis Asuransi

Cara cek asuransi mobil yang pertama adalah melalui dokumen polis asuransi yang kamu miliki. Polis asuransi sendiri merupakan perjanjian antara pemilik kendaraan dan perusahaan asuransi. Dokumen ini sudah mencakup manfaat asuransi, premi yang harus dibayarkan, masa berlaku, serta syarat-syarat lainnya.

2. Datang ke Kantor Cabang Terdekat 

Cara kedua adalah dengan mendatangi kantor cabang perusahaan asuransi mobil terdekat. Hal ini dilakukan jika kamu tidak dapat mengakses aplikasi mobile atau ingin mendapatkan informasi lebih rinci secara langsung.

Ketika sudah menemui petugas layanan atau perwakilan asuransi, sampaikan niat kamu untuk memeriksa polis asuransi mobil. Kamu mungkin juga diminta untuk memberikan informasi untuk memeriksa data, seperti nomor polis atau nomor registrasi kendaraan. 

Nantinya, petugas asuransi akan membantu kamu dalam memeriksa cakupan perlindungan, masa berlaku, dan rincian lainnya yang terkait dengan polis asuransi mobil.

3. Datang ke Agen Asuransi

Selain mengunjungi kantor cabang perusahaan asuransi, kamu juga bisa mengunjungi agen asuransi yang telah membantu kamu dalam membeli produk asuransi mobil. Pastikan kamu membawa dokumen polis asuransi mobil saat mengunjungi agen asuransi.

Agen asuransi dapat memberikan informasi secara rinci terkait polis asuransi mobil kamu, mulai dari cakupan perlindungan, premi yang harus dibayarkan, serta informasi lain yang terkait dengan asuransi mobil yang dimiliki.

4. Mengecek di Aplikasi Asuransi

 Mengecek di Aplikasi Asuransi

Cara paling simpel untuk cek asuransi mobil adalah melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh perusahaan asuransi terkait. Sebagian besar perusahaan asuransi kini menyediakan aplikasi mobile yang memudahkan kamu untuk melakukan pengecekan asuransi mobil secara online.

Biasanya, kamu hanya perlu download dan install aplikasi asuransi yang sesuai dengan perusahaan asuransi mobil kamu, lalu kamu bisa registrasi dengan menggunakan menggunakan detail pribadi dan informasi polis asuransi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Tips Penting untuk Mengecek Mobil Memiliki Asuransi atau Tidak

Tips Penting untuk Mengecek Mobil Memiliki Asuransi atau Tidak

Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial terhadap kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil kamu. Tanpa asuransi, kamu mungkin harus menanggung biaya perbaikan atau penggantian kendaraan secara pribadi. 

Mengecek mobil sudah memiliki asuransi atau belum penting untuk dilakukan, terutama jika kamu ingin membeli mobil bekas. Sebelum membeli mobil bekas, pastikan bahwa mobil tersebut memiliki asuransi. Hal ini dapat menunjukkan bahwa pemilik sebelumnya serius dalam menjaga kondisi mobil tersebut. 

Cara paling mudah adalah dengan menanyakan langsung kepada pemilik sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips penting yang harus kamu perhatikan.

1. Cek Jenis Asuransi

Tips pertama adalah kamu harus mengetahui jenis asuransi yang digunakan mobil tersebut. Umumnya, ada dua jenis asuransi mobil yang tersedia yaitu all risk dan TLO (Total Loss Only):

  • All Risk: Memberikan perlindungan jika terjadi sesuatu pada mobil kamu, termasuk kerusakan ringan, kerusakan berat, atau bahkan kehilangan.
  • TLO: Memberikan jaminan terhadap risiko pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan mobil mencapai setidaknya 75 persen dari nilai kendaraan.

2. Cek Rider Asuransi

Setelah mengetahui jenis asuransi yang digunakan, periksa juga apakah ada tambahan perlindungan atau penambahan opsi (rider) yang sebelumnya diajukan kepada perusahaan asuransi. Hal Ini tentu dapat meningkatkan manfaat kamu sebagai pemilik kendaraan.

3. Cek Identitas di Premi Asuransi

Penting untuk memperhatikan dengan cermat keselarasan antara polis asuransi, STNK, dan KTP pemilik mobil sebelumnya. Pastikan tidak ada perbedaan identitas yang dapat menyulitkan kamu saat mengajukan klaim. 

4. Lakukan Perhitungan Terkait Masa Berlaku dan Biaya Polis

Perhitungkan dengan seksama masa berlaku dan premi asuransi yang harus dibayar, karena ini akan menjadi tanggung jawab kamu setelah membeli mobil tersebut. Perhatikan juga informasi mengenai prosedur klaim dan bengkel yang direkomendasikan oleh perusahaan asuransi. 

5. Pastikan Balik Nama

Terakhir, pastikan kamu melakukan balik nama setelah membeli mobil bekas tersebut. Hal ini dilakukan agar proses pembayaran polis asuransi menjadi lebih mudah. Selain itu, klaim asuransi hanya dapat diajukan jika nama yang terdaftar di STNK mobil dan polis asuransi sama.

Baca Juga: Lindungi Mobil Kamu! Simak 8 Tips Memilih Asuransi Mobil Berikut

Itulah 4 cara cek asuransi mobil yang bisa kamu dijadikan panduan. Baik mobil baru atau bekas, penting untuk mengasuransikannya kamu karena kendaraan memerlukan perlindungan terhadap berbagai risiko tak terduga.

Dengan adanya asuransi mobil, kamu akan mendapatkan keamanan dan perlindungan finansial dalam menghadapi berbagai risiko tersebut. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar asuransi mobil, Igloo siap membantu dan melayani untuk memenuhi kebutuhan asuransi kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu