asuransi comprehensive

Apa itu Asuransi Comprehensive atau All Risk?

Table of Contents

Asuransi kendaraan adalah salah satu jenis produk asuransi yang harus kamu miliki untuk melindungi diri dari kerugian finansial yang bisa muncul dari kendaraan kamu. Asuransi kendaraan juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu comprehensive atau all risk dan TLO atau Total Loss Only.

Diantara kedua jenis asuransi kendaraan tersebut, jenis asuransi kendaraan comprehensive atau all risk adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia terutama untuk kendaraan baru. Apa itu asuransi comprehensive atau all risk? Simak informasi selengkapnya berikut ini dari Blog Igloo.

Apa itu asuransi comprehensive atau all risk?

Apa itu asuransi comprehensive atau all risk?

Asuransi comprehensive adalah salah satu jenis asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih. Asuransi comprehensive adalah asuransi kendaraan yang akan memberikan perlindungan atau ganti rugi finansial untuk segala jenis kerugian yang kamu terima, baik itu kerugian finansial akibat kerusakan kecil, besar sampai dengan kehilangan kendaraan.

Apakah asuransi comprehensive atau all risk penting?

Setelah mengetahui bahwa asuransi comprehensive adalah asuransi kendaraan yang akan memberikan ganti rugi atas segala kerugian finansial terhadap kerusakan kendaraan kamu, mungkin dari kamu masih ada yang bertanya, apakah asuransi comprehensive penting.

Berdasarkan data dari BPS, pertumbuhan kendaraan setiap tahunnya terus meningkat. Seiring dengan meningkatnya angka pertumbuhan kendaraan tersebut, angka kecelakaan juga ikut meningkat.

Risiko kecelakaan akan selalu ada dan bisa terjadi kapan saja. Mungkin kamu sudah menjaga diri dengan berkendara secara tertib dan berhati-hati, tetapi bisa jadi ada orang lain yang tidak, lalu pada akhirnya akan merugikan kamu.

Berdasarkan hal tersebut, maka sangat penting bagi kamu untuk memiliki asuransi kendaraan yang terbaik dan dapat melindungi kamu.

Baca Juga: Mobil LCGC: Jenis, Kelebihan, dan Daftar Harga di 2023

Keunggulan asuransi comprehensive atau all risk

Keunggulan asuransi comprehensive atau all risk

Setelah mengetahui apa itu asuransi comprehensive atau all risk dan juga kenapa asuransi ini penting, informasi berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah keunggulan dari jenis asuransi ini.

Keunggulan dari asuransi comprehensive adalah asuransi kendaraan ini akan memberikan perlindungan terhadap segala jenis kerugian finansial akibat perusakan kendaraan kamu, mulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat sampai dengan kehilangan.

Berbeda dengan jenis asuransi kendaraan lainnya yaitu TLO atau Total Loss Only dimana pihak perusahaan asuransi hanya akan memberikan perlindungan finansial apabila kendaraan hilang atau mengalami kerusakan dengan total harga di atas 75%.

Dengan keunggulannya, asuransi comprehensive ini sering menjadi pilihan bagi kendaraan baru atau kendaraan dengan usia pakai di bawah 5 tahun.

Kekurangan asuransi comprehensive atau all risk

Setelah mengetahui keunggulannya, tentunya kamu juga harus mengetahui kekurangan dari asuransi comprehensive atau all risk ini. Kekurangan asuransi comprehensive adalah dari segi harga.

Harga asuransi comprehensive atau all risk ini lebih mahal dari jenis asuransi kendaraan TLO atau Total Loss Only.

Namun kekurangan ini akan sebanding dengan manfaat perlindungan lebih lengkap yang nantinya akan kamu terima.

Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah daftar harga premi atau iuran setiap bulannya yang kamu keluarkan untuk mendapatkan perlindungan dari asuransi comprehensive atau all risk tahun 2022 berdasarkan aturan OJK.

  • Wilayah 1 adalah wilayah Sumatera dan beberapa kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah 2 adalah wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.
  • Wilayah 3 adalah wilayah selain wilayah 1 dan wilayah 2.

Sebagai ilustrasi untuk biaya asuransi mobil all risk, apabila kamu memiliki kendaraan dengan harga Rp350.000.000 dan berada di wilayah DKI Jakarta, lalu sesuai dengan keputusan OJK serta kesepakatan dengan perusahaan asuransi biaya asuransi mobil kamu adalah 2,08%.

Berdasarkan hal tersebut, maka biaya asuransi mobil all risk kamu adalah Rp7.280.000 selama 1 tahun atau Rp606.667 setiap bulannya.

Baca Juga: SIM Mobil: Syarat dan Cara Membuatnya

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Sebagai informasi tambahan, Igloo juga akan memberikan kamu beberapa tips untuk memilih dan mendapatkan asuransi kendaran terbaik. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

1. Pilih sesuai kebutuhan

Tips yang pertama adalah pilihlah asuransi kendaraan sesuai dengan kebutuhan kamu. Caranya adalah dengan memperhatikan kondisi kendaraan kamu dan bagaimana kendaraan tersebut digunakan sehari-hari. Kedua hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk kebutuhan asuransi seperti apa yang cocok untuk kamu.

2. Pelajari manfaatnya terlebih dahulu

Tips yang kedua adalah dengan mempelajari manfaatnya terlebih dahulu. Seperti yang kamu ketahui, manfaat dari asuransi comprehensive adalah dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh bagi kendaraan kamu. Hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebagai manfaat dari asuransi comprehensive atau all risk.

3. Cari perbandingan

Tips yang selanjutnya adalah dengan  mencari perbandingan dari beberapa perusahaan asuransi. Setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Karena hal tersebut sangat penting bagi kamu untuk mencari perbandingan dan menentukan perusahaan asuransi terbaik apa yang akan kamu pilih nantinya.

4. Pilih sesuai dengan kemampuan finansial kamu

Sebelum memutuskan untuk memilih atau menggunakan produk asuransi kendaraan yang seperti apa, sangat penting bagi kamu untuk memperhitungkan pengeluaran setiap bulannya yang harus dibayarkan atau premi setiap bulannya kepada pihak asuransi. Hal tersebut bertujuan agar nantinya premi asuransi tersebut tidak akan memberatkan kondisi finansial kamu.

5. Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya

Selain produk asuransinya, sangat penting juga bagi kamu untuk memperhatikan tingkat kinerja dan kepercayaan banyak orang terhadap suatu perusahaan asuransi. Pastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut sudah mendapatkan izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan terlebih dahulu. Dengan adanya izin tersebut dapat menkamukan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang terpercaya.

6. Perhatikan kinerja bengkel rekanan

Setiap produk asuransi kendaraan biasanya telah memiliki rekanan bengkel yang terpercaya yang dapat kamu kunjungi apabila terjadi kerusakan pada kendaraan kamu. Pastikan bahwa bengkel yang menjadi rekanan tersebut adalah bengkel yang terpercaya dengan kinerja yang sudah bagus. 

Itulah beberapa informasi tentang asuransi comprehensive yang perlu kamu ketahui. Asuransi comprehensive adalah salah satu jenis asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih.

Jenis asuransi ini akan memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap segala kerugian finansial akibat kerusakan kendaraan kamu.

Semoga informasi dari Igloo tentang asuransi comprehensive tersebut dapat membantu kamu mendapatkan asuransi terbaik.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu