harga baterai mobil listrik

6 Jenis dan Harga Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Table of Contents

Harga baterai mobil listrik sangatlah bervariasi. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya seperti jenis, kapasitas baterai, teknologi, serta teknologi yang digunakannya. Tentunya, harga yang dibanderol tidaklah murah.

Banyak orang yang mengira bahwa harga baterai mobil listrik hanya senilai ratusan ribu. Faktanya, harga baterai ini bisa mencapai ratusan juta rupiah atau lebih dari separuh harga mobil itu sendiri, lho.

Nah, jika kamu baru saja beli mobil listrik dan ada rencana untuk menggantinya, kali ini Igloo akan membahas soal harga baterai mobil listrik. Mulai dari jenis, kapasitas, hingga harganya.

Jenis Baterai Mobil Listrik

Sebelum mengetahui harga dari baterai mobil listrik, berikut adalah beberapa jenis baterai mobil listrik yang umum digunakan:

1. Lithium-ion (Li-ion)

Lithium-ion (Li-ion)

Baterai ion litium (Li-ion) adalah jenis baterai yang paling umum digunakan dalam mobil listrik saat ini. Mereka memiliki efisiensi energi tinggi dengan performa pada suhu tinggi yang bagus, memungkinkan mobil listrik untuk menempuh jarak yang signifikan dengan sekali pengisian baterai.

2. Nickel-metal hydride (NiMH)

Sebelum teknologi baterai ion litium (Li-ion) menjadi dominan, baterai Nickel-metal Hydride (NiMH) adalah jenis baterai yang digunakan dalam beberapa mobil listrik dan kendaraan hibrida.

3. Lead-acid

Baterai SLA (lead-acid) umumnya digunakan dalam kendaraan konvensional yang menggunakan mesin pembakaran internal. Namun, dalam kendaraan listrik modern, baterai SLA umumnya tidak digunakan karena keterbatasan kapasitas energi.

4. Ultracapacitor

Baterai ultrakapasitor (ultracapacitor), juga dikenal sebagai superkapasitor, adalah jenis perangkat penyimpanan energi yang berbeda dari baterai kimia seperti baterai ion litium. Mereka menyimpan energi dalam bentuk medan listrik antara elektroda, bukan dalam reaksi kimia seperti pada baterai tradisional.

Baterai ultrakapasitor biasanya digunakan dalam kendaraan listrik sebagai komponen penyimpanan energi tambahan atau sebagai bagian dari sistem regeneratif, di mana energi yang dihasilkan selama pengereman dapat disimpan dalam baterai ultrakapasitor untuk digunakan kembali saat mobil berjalan.

5. Solid-state

Solid-state

Baterai solid-state adalah jenis baterai yang tengah dikembangkan sebagai alternatif untuk baterai ion litium. Berbeda dengan baterai ion litium yang menggunakan elektrolit cair, baterai solid-state menggunakan elektrolit padat. Baterai solid-state memiliki kapasitas antara dua dan 10 kali lipat lebih besar dari pada ion litium.

6. Nickel-cadmium

Baterai nickel cadmium (NiCd) dulunya digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk mobil listrik. Meskipun NiCd memiliki beberapa keuntungan, seperti seperti kepadatan penyimpanan yang signifikan dan masa pakai yang lama. Namun, baterai ini memiliki bobot yang cukup berat serta sangat rentan terhadap penurunan kinerja.

Cadmium sendiri adalah bahan beracun dan berbahaya bagi lingkungan. Dalam kasus baterai NiCd yang tidak dikelola dengan baik, kadmium dapat mencemari tanah dan air, dan membahayakan manusia serta ekosistem. Oleh karena itu, penggunaan baterai ini sudah dilarang.

Baca Juga: Berapakah Jangka Waktu Asuransi TLO? Simak Penjelasannya Berikut

Daftar Harga Baterai Mobil listrik dari Berbagai Merk

Daftar Harga Baterai Mobil listrik dari Berbagai Merk

Seperti yang sudah disebut di awal, harga baterai mobil listrik tidaklah murah seperti mengganti baterai smartphone ataupun laptop yang harganya hanya mencapai ratusan ribu. Harga untuk satu unit dari baterai mobil listrik bisa mencapai 60% dari harga mobil listrik itu sendiri, lho.

Namun, jika baterai mobil listrik mengalami kerusakan, kamu masih bisa menggantinya secara parsial karena yang diganti hanyalah sel-sel yang rusak saja, sehingga tidak semua baterai diganti sepenuhnya.

Yang membuat harganya selangit yaitu adanya material seperti Nickel Manganese Cobalt (NMC), Nickel Cobalt Aluminum (NCA) dan Iro Phosphate (LFP). Ketiga material tersebut sangatlah mahal. 

Seperti contoh adalah harga baterai untuk mobil Wuling Air ev yang diproduksi lokal di pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Walaupun diproduksi secara lokal, Mobil mungil ini dibanderol seharga Rp243.000.000 untuk varian Sandard Range, dan Rp299.000.000 untuk tipe Long Range.

Walaupun hingga saat ini Wuling belum meberi tahu harga baterai mobil listrik mereka secara resmi, tetapi perkiraan nilainya masih di atas Rp100.000.000.

Sebagai referensi, berikut adalah daftar harga mobil listrik di Indonesia lainnya:

  • Hyundai Ioniq Electric: Rp682.000.000
  • Hyundai Kona Electric: Rp742.000.000 
  • Hyundai Ioniq 5: Rp718.000.000: Rp 829.000.000 
  • Nissan Leaf: Rp728.000.000 
  • Lexus UX30e: Rp1.431.000.000 
  • Tesla Model 3 Standard Plus:Rp1.500.000.000 
  • Tesla Model Y Long Rang:  Rp2.000.000.000

Baca Juga: Rincian Biaya Cat Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

Itu dia informasi terkaitharga baterai mobil listrik yang perlu kamu ketahui. Bagaimana? Apakah kamu kaget melihat harganya yang selangit? 

Nah, untuk menghindari pengeluaran yang tidak diinginkan terhadap mobil listrik kamu, jangan lupa untuk memilikiasuransi mobil terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi mobil, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Mobil” melalui Igloo di https://igloo.co.id/id/asuransi-mobil
  2. Pilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total Saja (TLO).
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Mobil, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu