biaya cat mobil

Rincian Biaya Cat Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

Table of Contents

Ketika pertama kali membeli mobil, kamu tentu akan diberikan berbagai macam pilihan warna. Nah, bagaimana jika tidak ada warna yang pas untuk kamu? Solusinya adalah dengan mengecat mobil dengan warna yang kamu inginkan.

Warna merupakan salah satu elemen yang berkaitan dengan estetika dari sebuah kendaraan. Warna kendaraan dapat mempengaruhi penampilan keseluruhan mobil dan memberikan kesan tertentu. Tentu saja, pemilihan warna yang tepat dapat mencerminkan kepribadian dari pemiliknya.

Jika warna mobil tidak sesuai dengan preferensi pribadi, pasti kamu ingin segera mengganti warnanya, bukan? Untuk melakukannya, ada dua opsi yang bisa kamu pilih, yaitu ke bengkel umum atau langsung ke bengkel resmi.

Masing-masing opsi tentu menawarkan kualitas dan biaya yang berbeda. Oleh karena itu, kali ini Igloo akan memberikan rincian biaya cat mobil yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

Jenis-Jenis Cat Dasar Mobil

Jenis-Jenis Cat Dasar Mobil

Setelah mobil didempul dan amplas, mobil akan dicat dengan cat primer atau cat dasar terlebih dahulu. Jenis cat ini berfungsi untuk mencegah karat dan menambah daya lekat antara bahan metal dan lapisan cat di tahap berikutnya. 

1. Wash Primer

Wash Primer adalah jenis primer atau lapisan dasar yang digunakan dalam proses pengecatan mobil. Cat dasar ini mengandung nitrocellulose dan alkyd resin. Fungsinya adalah untuk mempersiapkan permukaan logam sebelum diaplikasikan lapisan cat utama. Biayanya tergolong murah dan cepat kering. Namun, kurang bagus untuk pencegahan karat dan korosi.

2. Urethane Primer

Dibandingkan dengan wash primer, urethane primer dirancang khusus untuk memberikan perlindungan, daya rekat yang kuat, dan tahan lama pada permukaan mobil sebelum dilakukan pengecatan.

Cat dasar ini mengandung polyisocyanate sebagai hardener. Jenis cat dasar ini dapat memberikan sifat tahan goresan, tahan korosi, serta daya rekat yang tinggi pada permukaan logam atau fiberglass. Namun, perlu dicatat bahwa urethane primer memakan waktu lebih lama untuk mengering dan biayanya cukup mahal.

3. Epoxy Primer

Epoxy Primer adalah jenis primer atau lapisan dasar yang menggunakan teknologi berbasis epoxy. Jenis primer ini dapat memberikan perlindungan maksimal untuk bahan logam dari karat, dan juga anti air. Untuk hasil yang maksimal, biasanya cat primer jenis ini disemprotkan 1 sampai 2 kali.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil Bekas

Jenis-Jenis Cat Surfacer Mobil

Jenis-Jenis Cat Surfacer Mobil

Setelah cat primer diaplikasikan, selanjutnya adalah menggunakan cat surfacer yang berperan sebagai lapisan kedua. Cat ini berfungsi untuk meratakan daya lekat di antara lapisan dasar (undercoat) dengan pengecatan terakhir (top coat).

1. Urethane Surfacer

Pertama adalah urethane surface yang menggunakan polyisocyanate sebagai hardener. Cat surfacer ini memberikan tingkat ketahanan yang sangat baik, tetapi namun proses pengeringannya harus dibantu dengan temperatur 60 derajat celcius dan memakan waktu yang cukup lama.

2. Thermosetting Amino Alkyd Surfacer

Cat surfacer jenis ini mengandung melamine dan alkyd resin. Sama seperti urethane surface, jenis cat ini sama-sama dapat memberikan lapisan yang bagus pada bodi mobil dengan  proses pengeringan yang lama, serta dengan bantuan temperatur 90 hingga 120 derajat celcius.

3. Lacquer Surfacer

Terakhir adalah lacquer surfacer yang bersifat cepat kering dan mudah diaplikasikan untuk jenis body mobil apapun. Namun, hanya saja jenis cat surfacer ini tidak memiliki tingkat ketahanan yang baik.

Top Coat (Clear Coat)

Tahap terakhir dalam pengecatan mobil adalah top coat atau clear coat. Pada tahap ini, mobil akan diberi toap coat atau lapisan penutup yang bertujuan untuk memberikan perlindungan tambahan, meningkatkan kilau, dan memberikan tampilan akhir yang estetik pada mobil.

Umumnya, top coat terbuat dari bahan pelindung seperti resin atau polimer. Bahan tersebut akan memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan fisik, paparan sinar UV, goresan, korosi, serta bahan kimia dan elemen lingkungan lainnya. 

Biaya Cat Mobil

Biaya Cat Mobil

Setelah mengetahui jenis cat mobil, mari kita lihat kisaran biaya cat mobil di bawah ini. Perlu dicatat, biaya cat mobil akan bervariasi tergantung dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, dan bengkel yang dipilih. 

Full Body 

  • Bengkel Resmi: Biaya cat mobil di bengkel resmi dapat berbeda tergantung dari merk mobil yang kamu miliki. Jika kamu memiliki mobil ford, maka kamu harus pergi ke bengkel resmi ford. Biasanya total biaya cat full body di bengkel resmi berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp20.000.000.
  • Bengkel Umum: Biaya cat mobil di bengkel umum biasanya lebih murah dibandingkan dengan bengkel resmi. Hanya saja, kamu harus memilih bengkel umum yang terpercaya agar hasil pengecatan ulang body mobil tetap maksimal. Di bengkel umum, pengecatan tergantung dari jenis cat yang dipilih, mulai dari Rp.5.000.000 hingga Rp.10.000.000.

Per Panel

  • Bengkel Resmi: Jika ada salah satu bagian dari body mobil yang ingin kamu cat ulang, biasanya bengkel resmi akan dikenakan sekitar antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000 tergantung dari jenis mobil dan bagian yang akan dicat ulang.
  • Bengkel Umum: Untuk bengkel umum, biaya pengecatan bagian mobil tertentu tergolong lebih murah, yaitu berada di kisaran harga Rp300.000 hingga Rp1.000.000 tergantung dari jenis cat yang kamu pilih.

Baca Juga: Berapakah Jangka Waktu Asuransi TLO? Simak Penjelasannya Berikut

Walaupun warna mobil memiliki nilai penting dalam segi estetika, jangan lupakan faktor lain seperti keamanan, performa, efisiensi bahan bakar, dan maintenance sebagai hal yang juga harus diperhatikan sebagai pemilik mobil. 

Agar cat mobil kamu lebih aman, pastikan untuk menggunakan  asuransi mobil terbaik dari Igloo yang akan memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi mobil, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Mobil” melalui Igloo di https://igloo.co.id/id/asuransi-mobil
  2. Pilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total Saja (TLO).
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Mobil, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu