Tren Desain Interior Mobil yang Populer di Masa Depan

Table of Contents

Interior mobil merupakan komponen penting pada sebuah mobil yang harus kamu perhatikan. Desainnya bermacam-macam dan selalu berkembang seiring dengan kemajuan teknologi di dunia otomotif desain. Bahkan para pakarnya sampai berlomba untuk menghasilkan ciptaan interior mobil yang lebih nyaman dan cocok untuk gaya futuristik.

Interior mobil yang baik akan membuat kendaraan nyaman ketika kamu kendarai. Nah di masa depan kira-kira tren desain interior mobil yang populer seperti apa sih? Sebelum Igloo memberikan jawabannya, pertama kita pahami dulu bagian-bagian interior pada mobil.

Bagian-Bagian Interior Mobil Sebelum Adanya Inovasi

Interior mobil merupakan kumpulan komponen yang penting bagi mobil. Sehingga sebelum ada perkembangan teknologi seperti sekarang, komponennya tentu terbatas dan perawatan interior mobil harus kamu lakukan secara manual di salon mobil.

Baca Juga Artikel Lainnya : Salon Mobil vs Auto Detailing, Apa Bedanya?

Nah berikut ini beberapa interior mobil yang paling penting sebelum adanya inovasi: 

  1. AC

AC mobil merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil yang harus dipastikan berfungsi. Dan pada umumnya untuk mengfungsikan komponen ini kamu harus menyalakan secara manual. Baik mengatur sudut penyebaran dinginnya ataupun seberapa kencang blower yang kamu inginkan. 

  1. Kemudi

Kemudi juga bagian dari interior mobil terdiri dari power steering, panel indikator mobil, speedometer, dan komponen lainnya. Pada bagian ini kamu akan menemukan berbagai indikator informasi yang berkaitan kondisi mobil saat kamu kendarai meskipun tidak secanggih teknologi sekarang.

  1. Karpet dan jok mobil

Sebelum adanya inovasi teknologi, karpet dan jok mobil akan selalu sama dan tidak berganti warna. Kecuali jika kamu melakukan modifikasi dan mengubah warna karpet dan jok mobil secara manual di jasa interior mobil.

  1. Head Unit

Head unit merupakan komponen krusial di dalam mobil yang berfungsi untuk menerima sinyal audio. Sehingga dengan adanya head unit kamu dapat memutar radio, DVD, CD, dan fitur lain yang disediakan pada head unit. Untuk menggunakannya kamu harus mengaktivasikannya secara manual dan pilihannya pun terbatas.

Nah berbagai komponen di atas terus mengalami perkembangan di era teknologi sekarang ini. Lalu seperti apa desain interior mobil yang populer di masa depan?

Inilah Tren Desain Interior Mobil yang Populer

Tren desain interior mobil terus mengalami perkembangan, ada banyak tren desain interior mobil yang populer dan menarik untuk disimak. Nah Igloo telah merangkum beberapa tren yang akan kamu temui di masa depan.

  1. Interior menjadi lebih fleksibel

Di masa depan mobil akan berkembang lebih fleksibel, baik secara interior maupun fungsionalnya. Artinya interior pada mobil akan lebih disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Entah itu untuk bersantai, bekerja dan tentunya nyaman juga jika digunakan untuk beristirahat.

Contohnya jok mobil di masa depan bisa diputar hingga 180 derajat, sehingga penumpang dapat berdiskusi atau berkomunikasi dengan nyaman. Kemudian jok mobil dapat dilipat sehingga tercipta ruangan tambahan baik untuk bagasi maupun tempat duduk tambahan.

  1. Interior menjadi ergonomis

Pakar interior mobil telah melihat pasar, dimana desain yang mereka ciptakan harus melihat aspek ergonomis. Tujuannya agar tempat duduk lebih nyaman dan aman untuk penggunanya.

Contoh, jok mobil dibuat dengan kemampuan menyesuaikan postur tubuh pengguna atau posisi pedal dan kemudi mobil yang dibuat lebih ergonomis sehingga nyaman untuk perjalanan jauh.

  1. Interior menjadi lebih canggih

Penggunaan teknologi pada interior mobil di masa depan akan memunculkan banyak fitur baru yang membuat pengguna tidak bosan berada di mobil. Berbagai fitur canggih di masa depan yang akan berkembang diantaranya seperti fitur touchscreen, sistem keamanan canggih dan sistem infotainment yang lebih menghibur.

Contoh mobil masa depan akan dilengkapi dengan fitur touchscreen sehingga dapat mengatur atau mengontrol fitur lain dengan lebih mudah. Artinya sistem infotainment, sistem pemanas dan sistem navigasi bisa kamu kendalikan dengan mudah karena berbasis touchscreen. Untuk sistem keamanan juga akan berkembang untuk memudahkan driver, contohnya dengan sistem bantuan mengemudi atau sistem peringatan bahaya sehingga kecelakaan dapat terhindarkan.

  1. Interior menjadi ramah lingkungan

Agar bisa bersaing dan mendapat dukungan di pasar global, desainer interior mobil yang membuat desain juga memperhatikan aspek bahan yang digunakan pada interior. Di masa depan bahan yang digunakan untuk interior akan dipilihkan yang ramah lingkungan. Misalnya penggunaan bahan daur ulang atau reusable dan berbagai bahan alami lain yang tidak menambah pencemaran lingkungan.

Kemudian interior akan menggunakan teknologi hemat energi, contohnya memakai pencahayaan yang berbasis LED dan pemakaian sistem ventilasi yang lebih efektif dan efisien.

  1. Interior menjadi lebih personal

Untuk meningkatkan rasa kepemilikan dan lebih personal, interior mobil nantinya dapat disesuaikan dengan mudah. Terutama berdasarkan selera dan kebutuhan pengguna. Contoh pengemudi dapat mengubah dan memilih warna interior sesuai mood, bahan pelapis jok yang mudah diganti dan berbagai fitur tambahan lainnya.

Bahkan desainer interior mobil juga menawarkan penggunaan teknologi augmented reality untuk membuat interior lebih terasa personal.

Tidak sampai disini saja, desain interior mobil keren ini akan terus berkembang dan kamu sebagai pengguna akan terus mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal. Nah dengan teknologi mobil yang semakin canggih, kamu wajib melindungi mobil dengan Asuransi Mobil yang lengkap dari Igloo. Hal ini tentu saja untuk meminimalisir kerugian ketika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan terjadi pada mobil.

Igloo menawarkan asuransi dengan berbagai manfaat perlindungan saat di jalan raya, sehingga berkendara akan lebih nyaman dan aman.

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Mobil Igloo kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu