asuransi mobil harian

Asuransi Mobil Harian: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Table of Contents

Jika kamu membutuhkan perlindungan singkat untuk mobil kesayangan kamu, memilih asuransi mobil harian bisa menjadi alternatif. Produk asuransi ini dapat memberikan perlindungan pada mobil selama periode singkat atau sementara.

Maka, apa saja kelebihan dan manfaat yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan asuransi mobil harian? 

Jika kamu ingin mendapatkan pemahaman lebih mendalam mengenai pengertian dari asuransi mobil harian, manfaat perlindungan, dan beberapa tips untuk pemilihan yang tepat, simak artikel Blog Igloo berikut ini, ya.

Pengertian Asuransi Mobil Harian

Pengertian Asuransi Mobil Harian

Asuransi mobil harian atau biasa disebut dengan temporary car insurance adalah produk asuransi yang akan memberikan perlindungan singkat pada kendaraan kamu, biasanya dalam kurun waktu 1 jam, harian, mingguan, 1 bulan, 3 bulan, atau bahkan 6 bulan.

Produk ini menawarkan pilihan harga premi yang terjangkau dengan masa aktif yang lebih singkat dan fleksibel. Namun, pelanggan asuransi masih bisa merasakan perlindungan dan keuntungan yang setara dengan asuransi mobil tahunan.

Biasanya, manfaat dari asuransi mobil sementara mencakup kerusakan tak disengaja, pencurian, kerusakan akibat tabrakan, cakupan kecelakaan diri, dan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Namun, sebaiknya kamu tetap mengecek rincian pertanggungan yang diberikan sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Jenis-Jenis Asuransi Mobil Harian

Secara prinsip, asuransi mobil harian memiliki jenis yang mirip dengan produk asuransi mobil secara umum. Berikut adalah beberapa jenis asuransi mobil harian yang umumnya ditawarkan oleh perusahaan asuransi:

  • Asuransi kendaraan bukan pemilik atau non owner car insurances
  • Asuransi mobil sewa atau rental car insurance
  • Asuransi mobil pay per mile
  • Asuransi mobil untuk kegunaan permisif atau permissive use

Manfaat Proteksi yang Diberikan Asuransi Mobil Harian

Manfaat Proteksi yang Diberikan Asuransi Mobil Harian

Lantas, manfaat proteksi apa saja yang akan kamu dapatkan dari asuransi mobil harian?

1. Memberikan Pertanggungan saat Sewa Mobil

Sejumlah penyedia sewa mobil telah menyediakan asuransi internal untuk melindungi kendaraan mereka, baik dengan atau tanpa manfaat langsung bagi penyewa. Oleh karena itu, jika kamu berencana menyewa mobil dan tidak ingin membeli asuransi langsung dari perusahaan penyewaan, memiliki polis asuransi mobil harian bisa menjadi pilihan.

2. Memberikan perlindungan saat Kamu Meminjam Mobil dari Orang Lain

Banyak orang yang saat ini memilih untuk meminjam mobil dari orang lain ketika melakukan perjalanan di luar kota atau wilayah tertentu. Meskipun pemilik mobil mungkin sudah memiliki asuransi mobil, sebagai peminjam, kamu tidak selalu tercakup dalam polis asuransi tersebut. 

Oleh karena itu, penting untuk memiliki asuransi mobil harian jika kamu berencana meminjam mobil dari seseorang yang tidak tinggal satu rumah.

3. Beri Perlindungan Asuransi untuk Perjalanan Liburan

Agar dapat mengurangi biaya liburan, menyewa kendaraan selama perjalanan adalah  pilihan yang bijak. Untuk menjamin kelancaran liburan kamu, pastikan mobil sewaan dilengkapi dengan asuransi mobil harian.

4. Menyertakan Perlindungan Pihak Lain dalam Polis Asuransi

Jenis polis asuransi ini juga memberikan kemudahan untuk menambahkan orang lain yang akan secara rutin menggunakan mobil kamu, seperti teman, atau anggota keluarga. 

Biaya premi tambahan hanya akan dikenakan pada kamu ketika mereka didaftarkan dalam polis asuransi tersebut. Selain itu, setelah masa penggunaan mereka berakhir, kamu dapat dengan mudah menghapus mereka dari daftar polis asuransi.

5. Beri Jaminan Perlindungan Selengkap Asuransi Kendaraan Jangka Panjang

Manfaat berikutnya adalah jaminan proteksi yang diberikan, yang tidak kalah lengkap dengan asuransi kendaraan jangka panjang. Bahkan, kekurangan pertanggungan yang mungkin terdapat dalam asuransi mobil konvensional dapat ditutupi oleh asuransi mobil harian ini. 

Dengan demikian, saat diperlukan, asuransi harian dapat menjadi solusi untuk melengkapi proteksi yang mungkin kurang dari asuransi mobil konvensional yang sudah dimiliki.

Baca Juga: Asuransi Mobil Rental: Pengertian, Jenis, dan Tips Memilihnya

Tips Memilih Asuransi Mobil Harian yang Tepat

Tips Memilih Asuransi Mobil Harian yang Tepat

Sebelum memilih asuransi mobil, baik itu yang bersifat harian maupun tahunan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Evaluasi Kebutuhan

Yang pertama adalah dengan memperhatikan kebutuhan kamu secara spesifik. Apakah kamu hanya memerlukan perlindungan asuransi mobil untuk satu hari atau beberapa hari? Sebelum membuat keputusan, pastikan untuk menentukan durasi kebutuhan kamu dengan jelas.

2. Pilihlah Perusahaan Asuransi yang dapat Dipercaya

Pilihlah penyedia asuransi yang sudah terbukti dan memiliki reputasi yang baik. Perusahaan besar dan terkenal biasanya memiliki rekam jejak yang positif dan cenderung memberikan layanan yang baik. 

Luangkan waktu untuk mencari ulasan dan rekomendasi mengenai penyedia asuransi tertentu, karena hal ini dapat memberikan kamu wawasan tentang pengalaman pelanggan lain dengan perusahaan tersebut.

3. Periksa Lingkup Perlindungan Asuransi

Pastikan kamu memahami dengan baik cakupan asuransi yang disediakan, termasuk perlindungan terhadap kerusakan, tanggung jawab hukum, perlindungan terhadap pencurian, dan lain sebagainya. Pilihlah cakupan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Lakukan Perbandingan Harga

Lakukan perbandingan harga dari beberapa penyedia asuransi mobil harian. Perbandingan harga memungkinkan kamu untuk mengevaluasi nilai yang didapatkan dari setiap penyedia. Bukan hanya soal mencari yang termurah, tetapi juga yang memberikan perlindungan dan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan kamu.

5. Pahami Syarat dan Ketentuan Polis Asuransi

Bacalah dengan teliti dan pahami syarat serta ketentuan dari polis terkait. Pastikan kamu memiliki pemahaman yang baik mengenai cakupan dan pengecualian dalam polis asuransi. Selain itu, pastikan kamu juga mengetahui denda dan biaya tambahan yang mungkin dikenakan jika kamu melanggar syarat-syarat polis asuransi.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli asuransi, disarankan untuk membaca secara menyeluruh seluruh dokumen polis. Jika ada bagian yang kurang jelas atau tidak dipahami, jangan ragu untuk meminta penjelasan lebih lanjut.

6. Ajukan Pertanyaan Tentang Proses Klaim dan Pembayaran

Pahami dengan baik prosedur serta kebijakan pembayaran klaim asuransi. Perusahaan asuransi yang kamu pilih memiliki rekam jejak yang baik dalam menangani klaim.

7. Pertimbangkan Layanan Tambahan

Beberapa asuransi mobil harian mungkin menyediakan opsi layanan tambahan, seperti mobil pengganti atau bantuan jalan. Pertimbangkan apakah kamu memerlukan layanan tambahan ini sebelum membuat keputusan.

Itulah informasi terkait asuransi mobil harian yang perlu kamu ketahui. Asuransi mobil harian memang jarang ditemukan di Indonesia. Selain itu, tidak ada ketentuan premi yang diatur oleh OJK karena regulasi hanya mencakup premi asuransi kendaraan tahunan. 

Jadi, untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk ini, disarankan untuk langsung bertanya Igloo yang akan memberikan panduan dan informasi tambahan yang kamu butuhkan.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu