cara melepas aki mobil

7 Cara Melepas Aki Mobil dengan Tepat

Table of Contents

Jika mobil kamu memerlukan pergantian aki, mengetahui cara melepas aki mobil yang baik dan benar memungkinkan kamu untuk melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Namun, perlu dicatat bahwa, melepas aki mobil adalah tugas yang memerlukan perhatian khusus dan harus dilakukan dengan hati-hati. 

Jika kamu melakukan kesalahan saat melepas aki, tentu saja hal ini bisa berdampak pada sistem listrik mobil atau bahkan membahayakan keselamatan kamu, lho. Jadi, jika kamu memutuskan untuk melepas aki mobil sendiri, kamu tidak boleh sembarangan melepasnya.

Jadi, bagaimana cara melepas aki mobil yang baik dan benar? Simak artikel berikut ini.

Cara Melepas Aki Mobil

1. Siapkan Peralatan Penggantian

cara melepas aki mobil
Car repairman wearing a white uniform standing and holding a wrench that is an essential tool for a mechanic

Cara melepas aki mobil yang pertama adalah menyiapkan peralatan untuk melepas aki. Beberapa alat-alat yang harus kamu siapkan antara lain adalah:

  • Tang
  • Obeng
  • Kunci pas (ukuran 10mm atau 12mm)
  • Wadah
  • Mengenakan pakaian pelindung, seperti sarung tangan dan kacamata pelindung (opsional)

2. Lakukan Secara Tenang dan Hati-Hati

Perlu diingat bahwa, proses melepas aki harus dilakukan dengan penuh ketenangan dan hati-hati. Hal ini dikarenakan aki merupakan komponen yang memberikan energi listrik untuk  menggerakkan mobil, beserta komponen-komponen lainnya. Jika tidak hati-hati, besar kemungkinan untuk merusak sistem kelistrikan yang ada di mobil.

3.  Matikan Mobil

cara melepas aki mobil

Cara melepas aki mobil selanjutnya adalah matikan mesin. Agar tidak korslet, kamu wajib mematikan mesin mobil, mematikan semua perangkat listrik, dan pastikan kunci kontak berada pada posisi off. 

4. Lepaskan Kutub Negatif

Cara melepas aki mobil selanjutnya adalah dengan melepas dulu kutub negatifnya. Kutub negatif biasanya ditandai dengan minus (-) dan warnanya hitam. Untuk melakukannya, gunakan kunci pas untuk melepaskan baut kabel negatif dari terminal negatif aki. Pastikan untuk menjauhkan kabel negatif dari aki dan jangan biarkan kabel itu menyentuh kabel positif atau permukaan logam lainnya di mobil.

5. Lepaskan Kutub Positif

Setelah melepas kutub negatif, langkah selanjutnya adalah melepas kutub bagian positifnya. Biasanya kutub positif umumnya ditandai dengan plus (+) dan berwarna merah. Cara melepasnya juga sama seperti kutub negatif, yaitu dengan melepaskan kabel positif dari terminal aki dengan kunci pas yang sesuai.

6. Lepas Bracket Aki

cara melepas aki mobil

Selanjutnya, kamu bisa lepas bracket aki yang terhubungan dengan rangka mobil. Gunakan kunci pas untuk melepas bracket pada bodi aki.

7. Angkat Aki Secara Perlahan dan Tegak Lurus

Cara melepas aki mobil yang terakhir adalah dengan mengangkat aki dari rangka mobil. Pastikan kamu mengangkatnya secara perlahan dan dalam posisi tegak lurus untuk menghindari cairan aki tumpah.

Dapatkan Asuransi Kendaraan Terbaik Hanya di Igloo

Itulah 7 cara melepas aki mobil yang dapat kamu ikuti. Ternyata, melepas aki mobil secara mandiri tidak begitu sulit, bukan? Agar aki mobil selalu dalam kondisi yang prima, jangan lupa untuk selalu memeriksa tingkat cairan dan tegangan, serta membersihkan terminal dan klem aki. 

Perlu dicatat bahwa, kesalahan saat melepas aki dapat menyebabkan kerusakan pada sistem listrik mobil atau bahkan kebakaran. Jadi, jika kamu merasa belum yakin untuk melepas aki sendiri, ada baiknya untuk membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Untuk memberikan perlindungan lebih untuk mobil kesayangan kamu, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu