manfaat mobil listrik

Ramah Lingkungan! Intip 10 Manfaat Mobil Listrik Berikut!

Table of Contents

Saat ini, kehadiran mobil listrik sudah terlihat mulai menyaingi mobil konvensional yang telah lama mendominasi pasar otomotif di Indonesia. Hal ini dikarenakan mobil listrik menawarkan beberapa manfaat yang mencakup aspek lingkungan, ekonomi, dan kinerja.

Bahkan, pemerintah telah memberikan dukungan aktif untuk pengembangan dan adopsi mobil listrik.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, polusi udara, dan ketergantungan pada bahan bakar fosil. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat dari mobil listrik, simak artikel berikut ini, ya!

Manfaat Memiliki Mobil Listrik

1. Ramah Lingkungan

Ramah Lingkungan

Manfaat pertama yang ditawarkan mobil listrik adalah ramah lingkungan. Mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang saat digunakan, karena mereka tidak menggunakan bahan bakar fosil atau BBM. 

Ketika digunakan, mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang yang langsung berdampak pada polusi udara. Hal ini tentu membantu menjaga kualitas udara yang lebih baik dan mengurangi dampak negatif terhadap kesehatan manusia.

2. Efisiensi Energi

Dibandingkan mobil konvensional yang menggunakan mesin pembakaran internal, mobil listrik cenderung lebih efisien dalam menggunakan energi. Mobil listrik mengubah energi listrik langsung menjadi gerakan roda.

Sementara itu, mobil berbahan bakar menggunakan energi kimia dalam bahan bakar untuk menghasilkan gerakan melalui mesin pembakaran internal. Hasilnya, proses konversi energi langsung dalam mobil listrik lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit limbah panas.

3. Biaya Operasional Lebih Rendah

Manfaat mobil listrik selanjutnya adalah biaya operasional yang lebih rendah dibandingan dengan kendaraan konvensional. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan biaya pengisian daya lebih murah dibandingkan mengisi bahan bakar. Bahkan, ada beberapa mobil listrik juga telah menyediakan alat charging untuk pengisian daya mobil di rumah.

Dilansir dari berbagai sumber, untuk menempuh 120 kilometer, mobil listrik hanya memakan biaya Rp75.000, sedangkan mobil berbahan bakar bensin bisa memakan biaya 2x lipat. Kabar baiknya lagi, pembelian mobil listrik dibebaskan dari PPnBM, lho.

4. Kinerja Akselerasi yang Cepat

Salah satu karakteristik unik mobil listrik adalah mereka dapat menghasilkan torsi instan dan responsif segera setelah pengemudi menginjak pedal gas. Motor listrik menghasilkan torsi penuh segera setelah diberi daya. Ini berarti mobil listrik dapat merespons akselerasi lebih cepat dan lebih kuat bahkan dari kecepatan rendah.

5. Minim Suara dan Getaran

Beberapa mobil konvensional terkenal dengan suaranya yang cukup bising dan menghasilkan getaran ketika dikemudikan. Sementara itu, umumnya lebih tenang dan menghasilkan lebih sedikit getaran daripada mobil konvensional.

Manfaat ini membuat mobil listrik lebih cocok untuk lingkungan perkotaan di mana penurunan polusi suara adalah hal yang penting. Selain itu, keheningan mobil listrik juga meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang, serta mengurangi gangguan ke lingkungan sekitar.

Baca Juga: Komponen Mesin Mobil Listrik, Apa Saja?

6. Bebas Ganjil Genap

Bebas Ganjil Genap

Mobil listrik pada umumnya mendapatkan perlakuan khusus dalam kebijakan ganjil genap, terutama jika kamu tinggal di Jakarta. Berdasarkan Pergub DKI Jakarta No. 88 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap, mobil listrik mendapatkan kebebasan untuk melintasi kawasan ganjil-genap.

7. Kurangnya Ketergantungan pada Bahan Bakar Impor

Bagi negara, manfaat yang ditawarkan oleh mobil listrik adalah mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar. Mobil listrik menggunakan energi listrik sebagai sumber daya mereka.

Mengurangi impor bahan bakar tentu saja dapat membantu menjaga stabilitas ekonomi negara dengan mengurangi dampak fluktuasi harga bahan bakar internasional. Jadi, negara-negara yang mengandalkan impor bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhan energi mereka dapat mengurangi ketergantungan mereka pada pasokan impor dengan beralih ke mobil listrik.

8. Teknologi Inovatif

Mobil listrik memiliki teknologi yang mungkin tidak dimiliki mobil konvensional. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Menggunakan baterai: Mobil listrik menggunakan baterai sebagai sumber energi dan dapat diisi ulang.
  • Regenerasi Energi: Banyak mobil listrik dilengkapi dengan sistem regenerasi energi, yang mengubah energi kinetik saat pengereman menjadi energi yang disimpan kembali dalam baterai. Ini membantu mengisi daya baterai saat mengurangi kecepatan atau berhenti.
  • Sistem Pengelolaan Energi: Mobil listrik memiliki sistem pengelolaan energi yang kompleks yang mengatur penggunaan daya baterai dan efisiensi kendaraan. Ini termasuk pengelolaan suhu baterai dan alokasi daya berdasarkan kondisi pengemudi dan jalan.
  • Desain Aerodinamis dan Ringan: Banyak mobil listrik didesain dengan aerodinamika yang lebih baik dan menggunakan bahan-bahan ringan untuk meningkatkan efisiensi.

9. Pajak Lebih Murah

Pajak yang lebih murah adalah salah satu manfaat yang ditawarkan dari mobil listrik. Hal ini dikarenakan mobil listrik atau kendaraan bermotor berbasis energi terbarukan bebas biaya BBNKB dan PKB hanya perlu dibayarkan 10% oleh pemilik mobil.

Peraturan tersebut tercatat dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022, tentang Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan pemerintah Daerah.

10. Pengisian Bahan Bakar Dimana Saja

Pengisian Bahan Bakar Dimana Saja

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan dari mobil listrik adalah dapat di-charge di mana saja. Mobil listrik dapat diisi daya di berbagai tempat, meskipun ketersediaan stasiun pengisian baterai saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengisi daya mobil listrik di rumah menggunakan stasiun pengisian baterai yang terpasang di garasi atau tempat parkir. Ini adalah metode yang paling nyaman dan praktis, karena kamu dapat mengisi daya mobil setiap malam dan memiliki baterai penuh saat memulai hari.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Plat Mobil Listrik

Itu dia 10 manfaat yang ditawarkan dari mobil listrik. Secara umum, mobil listrik dianggap sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada mobil berbahan bakar minyak. Oleh sebab itulah mobil listrik kini mulai menjadi pilihan para masyarakat.

Jika kamu memutuskan untuk membeli mobil listrik, jangan lupa untuk memiliki asuransi mobil terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi mobil, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Mobil” melalui Igloo di https://igloo.co.id/id/asuransi-mobil
  2. Pilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total Saja (TLO).
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Mobil, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu