Ketahui Arti Kode Pada No Rangka Mobil

Table of Contents

Nomor rangka mobil adalah kode unik yang diberikan pada setiap kendaraan bermotor. Setiap kendaraan memiliki kombiinasi nomor dan huruf yang berbeda-beda. Kode ini diperlukan untuk keperluan-keperluan administratif dan juga pihak berwenang untuk mengidentifikasi kendaraan tertentu.

No rangka mobil juga digunakan untuk oleh pembeli kendaraan bekas yang ingin memverifikasi informasi tentang kendaraan sebelum pembelian. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mobil yang kamu miliki tidak dimodifikasi atau bukan dari penjualan ilegal.

Jika no rangka mobil tidak jelas, kemungkinan besar mobil yang kamu miliki tersebut tidak memiliki dokumentasi sejarah yang jelas. Nantinya akan membuat kamu sulit untuk mengetahui riwayat kendaraan, seperti apakah kendaraan pernah terlibat dalam kecelakaan atau tidak. 

Untuk lebih jelasnya, kali ini Igloo akan membahas mengenai no rangka mobil yang bisa kamu jadikan panduan.

Arti Kode pada No Rangka Mobil

Seperti yang sudah disebutkan di awal, nomor rangka mobil terdiri dari kode unik yang terdiri dari nomor dan kode-kode. Nomor rangka mobil biasanya terdiri dari 17 karakter alfanumerik. Setiap karakter memiliki artinya sendiri.

Seperti contoh, sebuah kendaraan memiliki nomor rangka mobil MKFKZE81SCJ115045:

3 Digit Pertama

Digit ke-1 dan ke-2 yaitu “MK” merujuk pada negara di mana kendaraan tersebut dirakit. Untuk Indonesia diberi kode MF – MK. Berikut adalah daftar lengkap kode dari setiap negara:

  • JA-J0: Jepang
  • LA-L0: China
  • MA-ME: India
  • MF-MK: Indonesia
  • ML-MR: Thailand
  • PL-PR: Malaysia
  • RL-RR: Vietnam
  • SA-SM: Inggris
  • WA-W0: Jerman
  • 1A-10: Amerika Serikat
  • 4A-40: Amerika Serikat
  • 5A-50: Amerika Serikat
  • 6A-6W: Australia

Digit ke 4-8

Selanjutnya, digit ke 4-8 mengacu pada Vehicle Descriptor Section yang berisi informasi tentang karakteristik kendaraan tertentu, seperti produsen, jenis kendaraan, model, hingga mesin. Biasanya, 4 digit tersebut memiliki arti:

  • Karakter ke-4: Produsen kendaraan. Setiap produsen memiliki kode unik dalam VIN
  • Karakter ke-5: Seri kendaraan. Ini menunjukkan tipe atau seri kendaraan tertentu dari produsen
  • Karakter ke-6: Tipe bodi kendaraan. Ini mengidentifikasi jenis bodi kendaraan, seperti sedan, SUV, truk, atau lainnya
  • Karakter ke-7: Kelas kendaraan. Ini mungkin mengidentifikasi berat atau kelas kendaraan, terutama untuk truk atau SUV
  • Karakter ke-8: Jenis mesin. Ini mengidentifikasi jenis mesin yang digunakan dalam kendaraan

Digit ke-9

Digit ke-9 adalah Check Digit. Check Digit digunakan untuk membantu mengidentifikasi kesalahan entri atau manipulasi nomor VIN, yang dapat menghasilkan informasi yang salah tentang kendaraan. Kode ini memiliki proses perhitungan yang mengikuti algoritma matematika yang telah ditentukan. 

Digit ke 10 Hingga 17

Digit ke 10 hingga 17 mengacu pada kode tahun dan urutan nomor produksi. Digit ke 10 merupakan kode tahun produksi kendaraan, sedangkan digit ke 11 hingga 17 adalah nomor urut produksi (nomor seri produksi) kendaraan.

Cara Cek Nomor Rangka Mobil

Cara cek no rangka mobil bisa dilakukan secara offline atau manual dan juga bisa dilakukan secara online. Berikut adalah cara-caranya:

1. Di Bodi Kendaraan

Kamu dapat melihat langsung no rangka mobil pada bodi kendaraan. Letaknya berbeda-beda, tergantung dari asal negara mobil tersebut:

– Mobil produk keluaran Jepang: Biasanya nomor rangka kendaraan terletak pada pada bagian sasis bagian tengah, belakang, atau juga bagian depan.

– Mobil produk keluaran Eropa: Biasanya nomor rangka terletak pada beberapa bagian bodi. Seperti dekat mesin dengan firewall, bawah jok, sela pintu, dekat kaca depan, atau kap mesin.

2. Di Dokumen Kendaraan

no rangka mobil

Kamu juga dapat melihat no rangka mobil dengan melihat dokumen kendaraan. Dokumen-dokumen tersebut antara lain adalah STNK, BPKB, faktur mobil, buku panduan perawatan kendaraan, catatan perbaikan bengkel, dan riwayat kendaraan.

3. Secara Online

no rangka mobil
Search Find View Information Data Graphic Symbol Icon

Adapun cara cek no rangka mobil yang lebih praktis adalah melalui aplikasi  “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta” yang tersedia di Google Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Download dan install aplikasi “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta” melalui Google Play Store

2. Login menggunakan akun Google

3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan juga beberapa data kendaraan seperti nomor polisi kendaraan

4. Klik tombol “Cari” untuk memulai pencarian no rangka mobil

5. Informasi lengkap mengenai kendaraan yang dicari akan muncul, mulai dari nomor rangka kendaraan, nomor polisi, pajak kendaraan, catatan service, dan lain sebagainya

Itu dia informasi terkait no rangka mobil yang perlu kamu ketahui. Pemeriksaan nomor rangka adalah salah satu langkah penting untuk menghindari masalah potensial terkait kepemilikan atau sejarah kendaraan. Jadi, pastikan untuk selalu mengecek nomor rangka mobil untuk memastikan keabsahan informasi tersebut. 

Agar kendaraan kamu semakin terlindungi, jangan lupa untuk memiliki asuransi kendaraan terbaik untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu