biaya tune up mobil

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

Table of Contents

Agar performa mobil kamu terjaga, kamu harus melakukan berbagai macam perawatan secara rutin, yang dilakukan setiap beberapa bulan sekali. Salah satu perawatan yang tidak boleh dilewatkan adalah tune up. Kira-kira, berapa biaya tune up mobil di bengkel resmi dan umum?

Tune up mobil akan membantu memastikan bahwa semua komponen mesin berfungsi dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan performa mesin secara keseluruhan, membuat mobil kamu berjalan lebih lancar dan nyaman.

Berbeda dari servis mobil, tune up adalah proses pengecekan yang berfokus pada kinerja mesin agar performanya kembali seperti semula. Sementara itu, servis mobil akan mengecek semua komponen secara menyeluruh agar mobil dapat berfungsi dengan baik dan aman..

Lantas, berapakah biaya tune up mobil? Apa saja manfaat tune up mobil? Berikut ini, Igloo akan memberikan jawabannya.

Manfaat Tune Up Mobil

Tune up mobil menawarkan sejumlah manfaat bagi mobil. Beberapa diantaranya adalah dapat meningkatkan performa mobil, meningkatkan efisiensi bahan bakar, memperpanjang umur mesin, dan mengurangi emisi polutan. 

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui manfaatnya secara rinci:

1. Meningkatkan Performa

biaya tune up mobil

Seperti yang kita ketahui, mesin mobil adalah bagian yang kompleks dan beroperasi dalam kondisi yang sangat berat. Pemakaian mesin yang berulang-ulang dan terus menerus akan menyebabkan komponen-komponen mesin mengalami keausan seiring waktu.

Oleh karena itu, tune up akan memastikan bahwa semua komponen mesin pada mobil berfungsi dengan baik. Melakukan tune up sesuai jadwal, dapat membantu mempertahankan kesehatan mesin mobil kamu dan memperpanjang masa pakainya.

2. Membersihkan Filter Udara

Filter udara memiliki fungsu untuk menyaring debu, kotoran, partikel kecil, dan serbuk halus dari udara yang masuk ke dalam mesin. Jika filter udara kotor atau tersumbat, partikel-partikel tersebut dapat melewati filter dan masuk ke dalam sistem pembakaran. Hal ini dapat tentu mengurangi umur mesin.

Membersihkan filter udara merupakan salah satu dari rangkaian tune up mobil. Pada akhirnya, saringan udara akan bersih dan bebas dari partikel kotor, serta memungkinkan mesin untuk melakukan pembakaran bahan bakar dengan lebih efisien. 

3. Memperpanjang Umur Mobil

biaya tune up mobil
A woman driving the car smiles happily and opens the window.

Tune up dapat membantu mencegah keausan berlebihan pada komponen mesin dan menjaga performa mobil. Walaupun mobil kamu tergolong mobil jadul, melakukan tune up mobil secara teratur dapat memperpanjang umur mesin mobil, lho.

4. Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut

Tune up dapat mendeteksi masalah kecil sebelum mereka berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Dengan mengatasi masalah sejak dini, kamu dapat menghindari kerusakan mesin yang mahal dan perbaikan besar.

5. Keselamatan

Setiap pengendara tidak menginginkan kejadian yang tidak terduga saat berkendara seperti mesin yang mogok atau performa rem yang buruk dapat menyebabkan kecelakaan. Untuk mencegahnya, kamu harus melakukan tune up secara tepat waktu untuk membantu menjaga mobil dalam kondisi yang aman untuk dikemudikan.

Biaya Tune Up Mobil

Setelah mengetahui manfaat dari tune up mobil, berikut ini Igloo akan menjabarkan perkiraan biaya tune up mobil yang diambil dari berbagai sumber:

1. Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi

Biaya tune up mobil di bengkel resmi biasanya akan memakan waktu yang lebih dan biaya yang lebih mahal. Namun, pengerjaannya dilakukan oleh mekanik yang mengetahui mekanisme mesin mobil tersebut, sehingga komponen yang diperiksa oleh mekanik saat tune up akan jauh lebih detail.

Di bengkel resmi, mobil kamu juga akan dimonitor jadwalnya dan dapat direkam aktivitas perbaikannya di dalam sistem yang terintegrasi. Catatan ini sangat berguna ketika kamu ingin menjual mobil dengan melampirkan catatan perbaikan dan tune up yang dapat kamu dapatkan di bengkel resmi manapun. 

Untuk biaya tune up mobil di bengkel resmi, setidaknya kamu bisa menyiapkan uang sekitar Rp1.000.000 lebih. Biaya tersebut juga tergantung dari jenis mobil, dan tune up apa saja yang perlu dilakukan.

2. Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum

Jika kamu memutuskan untuk melakukan tune up di bengkel umum, biaya yang dikeluarkan tentu akan jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan bengkel umum hanya mengambil keuntungan dari penggantian sparepart dan memasang biaya jasa mekanik yang rendah. 

Untuk melakukan tune up di bengkel umum, kamu bisa menyiapkan uang sekitar Rp300.000 hingga Rp1.000.000 untuk sekali melakukan tune up. Namun, pastikan untuk memilih bengkel umum yang terpecaya.

Itu dia 5 manfaat dan estimasi biaya tune up mobil yang perlu kamu ketahui. Pastikan untuk melakukan tune up setiap 30.000-50.000 km atau setiap 12-24 bulan. Selain itu, jika mobil sudah mencapai 120 kilometer pertamanya, disarankan untuk melakukan tune up.

Untuk memberikan perlindungan lebih pada mobil kamu, jangan lupa untuk memiliki asuransi mobil terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu