cara klaim asuransi mobil adira autocillin

Panduan Cara Klaim Asuransi Mobil Adira Autocilin yang Perlu Diketahui

Table of Contents

Asuransi Mobil Adira adalah salah satu asuransi kendaraan terbaik yang ada di Indonesia. Selain jaminannya yang begitu luas, cara klaim Asuransi Mobil Adira yang tergolong mudah, lho!

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun, pengajuan klaim asuransi umumnya melibatkan proses yang memakan waktu. Proses ini dimaksudkan untuk menentukan penyebab kerusakan dan mengatur pencairan ganti rugi yang sesuai untuk menutup biaya perbaikan.

Nah, karena prosesnya memerlukan waktu yang cukup panjang, disarankan untuk mengetahui cara klaim Asuransi Mobil Adira agar pengajuan klaim tidak ditolak. 

Cara Klaim Asuransi Mobil Adira

Cara Klaim Asuransi Mobil Adira

Cara klaim Asuransi Mobil Adira mirip dengan klaim asuransi kendaraan pada umumnya. Agar lebih jelas, simak cara-caranya berikut:

1. Lapor ke Pihak Asuransi

Untuk memperoleh pencairan dana asuransi, laporan mengenai kerusakan atau kecelakaan harus disampaikan kepada pihak asuransi sebagai syarat utama. Maka, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat laporan kejadian kantor pelayanan Adira di daerah setempat

Alternatif lainnya adalah menghubungi melalui nomor telepon (1500 456) dan SMS ke 0812 111 3456 atau mengakses melalui situs resmi Adira Insurance. Penting untuk diingat bahwa setelah mengalami kerusakan atau kehilangan, kamu perlu melaporkannya kepada pihak Adira dalam waktu maksimal 3×24 jam.


2. Mengajukan Klaim Melalui Aplikasi 

Adira juga menyediakan aplikasi Autocilin di yang dapat diunduh di smartphone untuk melaporkan kondisi kendaraan. Tentunya, aplikasi bawaan ini akan memudahkan kamu untuk mengajukan klaim.

3. Mengisi Formulir Klaim

Cara klaim Asuransi Mobil Adira selanjutnya adalah mengisi formulir klaim yang dapat di-download melalui situs ataupun aplikasi. Ketika mengisinya, kamu harus menjelaskan kronologi terjadinya kerusakan atau kehilangan.
Kamu perlu memberikan penjelasan mengenai penyebab kecelakaan dan bagian kendaraan yang rusak. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kecelakaan tidak disebabkan oleh kelalaian sendiri. 

Sebagai informasi, kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian pribadi tidak akan di-cover oleh pihak asuransi. Selain itu, beberapa dokumen tambahan juga perlu dilampirkan saat mengajukan klaim sebagai bukti yang diperlukan.

4. Mengikuti Proses Survey

Partisipasi dalam survei bersama pihak berwajib mungkin diperlukan sebagai bukti tambahan. Setelah penyelidikan selesai, kamu akan menerima surat yang dapat digunakan untuk mengajukan klaim polis. Survei terhadap objek pertanggungan ini bertujuan untuk menentukan penyebab dengan jelas dan memperkirakan total kerugian yang akan dibayarkan.

5. Tunggu Klaim Cair

Setelah mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, pihak Adira akan melakukan analisis terhadap berkas dan formulir yang telah diajukan. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu pemberitahuan persetujuan dari pihak Adira. Jika klaim sudah disetujui, dana akan dikirimkan untuk menutup biaya perbaikan kendaraan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Asuransi Mobil All Risk Sekitar 4 Juta

Berkas yang Wajib Dibawa untuk Klaim Asuransi Adira

Berkas yang Wajib Dibawa untuk Klaim Asuransi Adira

Saat melakukan klaim, kamu akan diminta mengisi formulir dan mengunggah beberapa dokumen penting yang mencakup:

1. Formulir Laporan Klaim

Selain memberikan kronologi kejadian dan kondisi mobil, kamu juga diharuskan menandatangani formulir sebagai tanda persetujuan. Formulir tersebut dapat diakses melalui situs resmi Adira atau dengan mengunjungi kantor pelayanan secara langsung.

2. Kelengkapan Surat Kendaraan

Berkas penting berikutnya mencakup SIM dan KTP pemilik kendaraan. Pastikan membawa salinan dan dokumen asli untuk keperluan pencocokan data. Jangan lupa untuk melampirkan salinan dari kartu polis dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

3. Dokumen Pendukung Sesuai Produk Asuransi

Asuransi memiliki persyaratan khusus dalam pengajuan klaim. Jika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan, surat keterangan dari pihak kepolisian menjadi dokumen yang diperlukan. Sementara itu, jika kendaraan rusak karena pencurian, pastikan melampirkan surat keterangan hilang, blokir STNK, dan dokumen subrogasi.

Baca Juga: Asuransi Mobil Adira: Jenis Pilihan, Premi, dan Keunggulannya

Bagaimana Prosedur untuk Pengajuan Klaim Asuransi Adira?

Mengapa proses pencairan dana asuransi cenderung lama? Jika kamu penasaran dengan prosedurnya, simak penjelasan berikut:

1. Laporan ke Pihak Adira

Setelah mobil mengalami kerusakan akibat berbagai faktor, kamu diwajibkan membuat laporan. Proses ini dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor terdekat, mengakses situs resmi, mengirim SMS, atau melakukan kontak melalui telepon.

Adira akan menerima laporan dan memberikan petunjuk langkah-langkah yang perlu kamu lakukan. Disarankan untuk tidak melaporkan melebihi batas yang telah ditentukan guna mempercepat dan menyederhanakan proses.

2. Pengajuan Dokumen Pendukung

Setelah melapo, kamu harus mengisi formulir khusus dan kemudian menyerahkannya kepada pihak asuransi untuk diproses. Sebagai pendukung pengajuan klaim, disarankan melampirkan dokumen-dokumen seperti KTP, STNK, kartu polis, dan sebagainya.

3. Survey

Agar dapat menentukan penyebab pasti dan melakukan estimasi biaya perawatan, kendaraan yang mengalami kerusakan mungkin perlu menjalani survei terlebih dahulu. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua produk asuransi mensyaratkan survei.

4. Persetujuan klaim

Pihak Adira akan melakukan analisis setelah kamu mengirimkan dokumen-dokumen penting dan bukti yang diperlukan. Jika semuanya memenuhi persyaratan, maka proses persetujuan akan dilakukan. Kemudian, surat perintah kerja (SPK) akan diterbitkan, memungkinkan pengemudi untuk melakukan perbaikan kendaraan di gerai atau bengkel yang ditentukan.

Itulah 5 cara klaim Asuransi Mobil Adira beserta berkas-berkas yang perlu kamu bawa. Seperti yang sudah disebutkan di awal, proses klaim dapat menjadi suatu proses yang cukup memakan waktu, oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi semua persyaratan agar pengajuan klaim berjalan lancar dan dana dapat dicairkan dengan cepat, ya!

Jika ada pertanyaan mengenai asuransi mobil, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan Igloo yang akan memberikan informasi yang paling akurat terkait produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu