mesin mobil listrik

8 Komponen Penting dalam Mesin Mobil Listrik

Table of Contents

Mobil listrik memiliki komponen mesin yang berbeda dengan mobil konvensional. Walaupun terkesan lebih modern, ternyata komponen mesin mobil listrik tidak rumit seperti mobil konvensional, lho.

Selain itu, mobil listrik biasanya memerlukan perawatan yang lebih sedikit karena memiliki lebih sedikit komponen bergerak dan tidak ada perubahan oli mesin yang rutin.

Sementara itu, mobil konvensional memerlukan perawatan yang lebih sering, termasuk penggantian oli mesin, sistem pendingin, dan komponen lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini Igloo akan menjabarkan 8 komponen penting yang terdapat dalam mobil listrik.

Komponen-Komponen pada Mesin Mobil Listrik

1. Traction Battery Pack

Traction Battery Pack

Traction Battery Pack adalah komponen kunci dalam mesin mobil listrik yang menyimpan energi listrik dalam bentuk baterai untuk memberikan tenaga yang diperlukan untuk menggerakkan mobil. Biasanya, sistem penyimpanan daya listriknya berupa searah atau Direct Current (DC).

Traction Battery Pack memiliki kapasitas yang diukur dalam kilowatt-hour (kWh) yang menentukan berapa banyak energi yang dapat disimpan. Baterai dalam Traction Battery Pack umumnya terbuat dari lithium-ion. Jenis sel yang digunakan akan mempengaruhi kapasitas, energi yang dapat disimpan, dan kinerja keseluruhan baterai.

2. Auxiliary Battery

Auxiliary Battery

Auxiliary Battery (baterai tambahan) adalah baterai kecil yang ada dalam kendaraan dan memiliki fungsi yang berbeda dari Traction Battery Pack dalam kendaraan listrik. Auxiliary battery digunakan untuk menyediakan daya listrik kepada aksesoris mobil seperti lampu, radio, sistem audio, sistem navigasi, dan komponen elektronik lainnya di dalam kendaraan.

3. DC Converter

Dalam konteks mobil listrik, DC Converter adalah sebuah komponen yang bertugas untuk mengonversi listrik dari baterai traksi yang sifatnya tegangan tinggi menjadi menjadi arus listrik tegangan rendah. 

DC Converter dapat membantu menjaga tegangan yang stabil dan sesuai dengan kebutuhan sistem elektronik di dalam kendaraan. Hal ini penting untuk menjaga kinerja yang konsisten dan mencegah kerusakan pada perangkat elektronik.

Selain itu, DC Converter juga digunakan dalam sistem pengisian daya cepat (fast charging) untuk mengubah arus listrik AC dari stasiun pengisian daya menjadi arus listrik DC yang diperlukan untuk mengisi ulang Traction Battery Pack dengan cepat.

4. Sistem Termal

Komponen mesin mobil listrik yang satu ini berperan dalam mengatur suhu kendaraan. Karena mobil listrik menggunakan motor listrik dan baterai yang menghasilkan panas selama digunakan, sistem termal berfungsi sebagai pendingin mesin mobil listrik.

Baterai pada mobil listrik dapat menghasilkan panas selama pengisian daya dan penggunaan kendaraan. Sistem termal berfungsi untuk mengeluarkan panas berlebih dari baterai dan menjaga suhu operasional yang aman. 

Motor listrik juga dapat menghasilkan panas selama operasi. Sistem termal berperan untuk menjaga suhu motor dalam batas yang aman dan mencegah overheating.

Baca Juga: Rincian Biaya Cat Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

5. Controller

Controller

Fungsi controller dalam mobil listrik adalah untuk mengatur aliran listrik yang dihasilkan oleh baterai traksi, serta mengendalikan kecepatan torsi keluaran dan traksi. 

Karena banyak motor listrik beroperasi menggunakan arus listrik bolak-balik, kontroler juga dapat mengubah arus listrik searah (DC) dari baterai menjadi arus listrik bolak-balik (AC) yang diperlukan oleh motor listrik.

6. Power Inverter

Komponen mesin mobil listrik power inverter bertugas untuk mengubah arus listrik searah (DC) dari baterai mobil listrik menjadi arus listrik bolak-balik (AC), yang diperlukan untuk mengoperasikan motor traksi.

7. Motor Traksi

Mobil listrik akan berakselerasi, bergerak maju, dan mundur berkat adanya motor traksi. Komponen mesin mobil listrik ini  mengubah energi listrik menjadi gerakan mekanis yang 

memungkinkan mobil berjalan. Biasanya, ada lebih dari satu motor traksi dalam mobil listrik.

Jika kamu sering main mobil Tamiya, mungkin kamu mungkin tidak asing dengan komponen ini.

8. Charger

Charger Mobil Listrik

Charger mobil listrik adalah perangkat yang digunakan untuk mengisi daya baterai kendaraan listrik dari sumber daya listrik eksternal, seperti stasiun pengisian daya, colokan rumah, atau jaringan listrik PLN.

Fungsi utama charger adalah mengubah arus listrik searah (DC) dari sumber daya eksternal menjadi arus listrik searah (AC) atau sebaliknya, tergantung pada jenis charger, untuk mengisi ulang baterai kendaraan.

Baca Juga: 6 Jenis dan Harga Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Itulah 8 komponen mesin mobil listrik yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin membelinya, jangan lupa untuk memiliki asuransi mobil terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi mobil, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Mobil” melalui Igloo di https://igloo.co.id/id/asuransi-mobil
  2. Pilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total Saja (TLO).
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Mobil, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu