kelebihan dan kekurangan motor listrik

12 Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik yang Perlu Kamu Ketahui

Table of Contents

Bukan rahasia lagi kalau motor listrik memberikan sejumlah manfaat, terutama terkait dengan efisiensi, lingkungan, dan kinerja. Namun, walaupun motor listrik menawarkan banyak kelebihannya, ada sejumlah kekurangan yang dimilikinya. 

Motor listrik memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan motor konvensional dengan bahan bakar BBM. Perbedaan yang paling mendasar adalah motor listrik memanfaatkan elektrik motor untuk melaju, sedangkan motor konvensional menggunakan mesin pembakaran.

Tentu saja hal ini akan berdampak bagi penggunanya, terutama jika kamu sebelumnya menggunakan motor konvensional. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin membeli motor listrik, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum membelinya.

Sebagai panduan, artikel berikut akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor listrik agar kamu semakin yakin untuk membelinya.

Kelebihan Motor Listrik

Kelebihan Motor Listrik

Di Indonesia, pemerintah sudah mendorong masyarakat untuk beralih dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik. Hal ini bisa dilihat dari beberapa kebijakan yang telah diimplementasikan seperti program subsidi motor listrik, bebas ganjil-genap, dan pajak yang lebih murah. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kelebihan dari motor listrik:

  1.  Efisiensi Tinggi: Motor listrik memiliki efisiensi yang jauh lebih tinggi dibandingkan motor yang masih menggunakan BBM. Sebagian besar motor listrik memiliki efisiensi konversi energi dari sumber listrik menjadi energi mekanik yang jauh lebih tinggi daripada mesin pembakaran internal.
  2.  Tidak Menyebabkan Polusi Udara: Berbeda dengan mesin bensin yang mengeluarkan asap ketika beroperasi, motor listrik tidak menghasilkan emisi langsung saat digunakan karena tidak ada pembakaran bahan bakar. Hal ini merupakan membantu mengurangi polusi udara dan dampak negatif terhadap kualitas udara serta lingkungan.
  3. Biaya Operasional Lebih Rendah: Motor listrik memiliki biaya perawatan yang lebih rendah karena memiliki sedikit komponen bergerak dan lebih sedikit kebutuhan perawatan berkala. Selain itu, biaya pengisian motor listrik atau penggantian baterai hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp10.000.
  4. Akselerasinya Instan: Walaupun konsumsi energinya sedikit, motor listrik dapat memberikan torsi instan pada putaran awal. Hal ini tentu dapat membuat performa motor listrik dapat bersaing dengan motor konvensional.
  5. Tidak Berisik: Mesin pembakaran internal pada motor konvensional menghasilkan bunyi dari proses pembakaran bahan bakar di dalam silinder mesin, serta dari komponen mekanis yang bergerak, seperti klep dan piston. 

Namun, motor listrik tidak akan mengeluarkan suara bising karena prinsip kerjanya hanya mengubah energi listrik menjadi energi mekanik melalui medan magnet, dan proses ini cenderung jauh lebih halus dan tenang.

Baca Juga: 3 Jenis Motor Listrik yang Tersedia di Indonesia

Kekurangan Motor Listrik

Kekurangan Motor Listrik

Terlepas dari kelebihannya, penting untuk diingat bahwa ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

  1. Jangkauan Terbatas: Salah satu kekurangan utama motor listrik adalah jangkauan yang terbatas dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar konvensional. 
  2. Biaya Awal dan Baterai Mahal: Motor listrik umumnya memiliki biaya awal yang lebih tinggi daripada kendaraan berbahan bakar konvensional. Salah satu komponen utama yang mahal adalah baterai.
  3. Infrastruktur Pengisian yang Terbatas: Meskipun infrastruktur pengisian baterai terus berkembang, terutama di daerah perkotaan, akses ke stasiun pengisian baterai mungkin masih terbatas di beberapa wilayah. Hal ini bisa menjadi masalah bagi pemilik motor listrik, terutama jika mereka tinggal di daerah yang kurang terjangkau oleh infrastruktur pengisian. Namun, jangan khawatir, saat ini pemerintah sedang berupaya untuk membangun lebih banyak SPKLU untuk memudahkan pemilik kendaraan listrik dalam mengisi ulang daya baterai kendaraannya.
  4. Waktu Pengisian yang Lebih Lama: Proses pengisian baterai kendaraan listrik biasanya memakan waktu lebih lama daripada mengisi bahan bakar pada kendaraan berbahan bakar konvensional. Biasanya, waktu pengisian motor listrik bisa memakan waktu sekitar 4 jam.
  5. Ketersediaan Model dan Pilihan Terbatas: Meskipun industri kendaraan listrik berkembang, pilihan model dan varian kendaraan listrik masih terbatas dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar konvensional. Hal ini dikarenakan kehadiran motor listrik di Indonesia masih tergolong baru. 
  6. Spare Part yang Sulit Dicari: Kekurangan selanjutnya adalah kamu akan kesulitan mencari spare part dari motor listrik. Kamu harus memesan dari toko spesifik untuk mengganti spare part motor listrik.
  7. Bengkel Jarang Ditemukan: Karena masih sedikitnya masyarakat yang menggunakan sepeda motor listrik, saat ini bengkel yang secara khusus melayani perawatan dan perbaikan motor listrik masih jarang ditemukan jika dibandingkan dengan bengkel umum yang melayani motor konvensional.

Baca Juga: Subsidi Motor Listrik: Syarat, Daftar Kendaraan, dan Cara Membelinya

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari motor yang perlu kamu ketahui. Secara umum, motor listrik dianggap sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada mobil berbahan bakar minyak. Oleh sebab itulah motor listrik kini mulai menjadi pilihan para masyarakat.

Jika kamu memutuskan untuk membeli motor listrik, jangan lupa untuk memiliki asuransi motor terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Untuk melakukan pembelian asuransi motor, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Motor” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-motor
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Motor Listrik, Asuransi Motor, dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaim, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Motor, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu